Tips Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh dengan Baik

Advertisement

Sebelumnya telah dibahas salah satu cara untuk memperindah dan membuat suasana rumah hunian yang taman atau pekarangannya kecil agar tetap dapat dijadikan hijau dan asri yakni dengan tanaman hias gantung. Tanaman hias gantung pastinya membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan tanaman hias lainnya, untuk itu pada postingan kali ini akan dibagikan tips merawat tanaman hias gantung agar tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki masa hidup yang lebih lama.

tips-merawat-tanaman-hias-gantung

Advertisement

kehadiran tanaman hias gantung memang membuat penampilan rumah hunian menjadi terlihat hijau dan asri, apalagi tanaman hias gantung tersebut didukung dengan pot-pot yang unik dan cantik. Kehadiran tanaman hias gantung memberikan kemudahan dan kesempatan bagi pecinta tanaman hias bunga dan tanaman hias daun untuk tetap dapat mempercantik rumahnya meskipun taman atau pekarangannya sangat kecil atau bahkan untuk rumah yang sama sekali tidak memiliki taman.  Dengan menggantung tanaman hias di area teras, taman dalam ruang, balkon atau serambi mungil akan menciptakan atmosfer baru dan bisa memberikan suasana santai bagi keluarga ketika sedang beristirahat pada ruang terbuka atau memberi kesan lain ketika anda melihat dinding-dinding kosong dihiasi oleh tanaman gantung yang menarik perhatian.

cara-merawat-tanaman-hias-gantung-dengan-benar

Agar tanaman hias gantung anda dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah layu sehingga tanaman hias tersebut tetap dapat menghadirkan udara yang sejuk dan kesan teduh di teras  atau taman rumah anda, pastinya anda harus memperhatikan cara merawatnya. Berikut tanamanhiasan.com memberikan beberapa tips merawat tanaman hias gantung yang mudah.

Loading...
  • Perhatikan asupan sinar matahari. Beberapa macam tanaman hias gantung sangat bergantung pada sinar matahari secara langsung agar tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, contohnya Kaktus dan bunga Lipstik. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang memerlukan sinar matahari langsung dan tidak bisa tumbuh secara maksimal jika ditempatkan pada area yang teduh dan dinaungi tanaman lain. Sebagian besar tanaman hias juga ada yang tidak cocok apabila ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari langsung karena akan menyebabkan tanaman hias tersebut menjadi mudah kering dan layu jika terlalu banyak kena sinar matahari. Oleh karenanya harus secara langsung segera pindahkan tanaman hias tersebut ke tempat teduh atau terlindungi.
  • Pilihlah pot yang sesuai dengan jenis dan bentuk tanaman hias. Pemilihan pot juga harus menjadi perhatian utama untuk menanam dan merawat tanaman hias gantung, adapun pot yang banyak digunakan untuk tanaman hias gantung adalah pot plastik dikarenakan pot  jenis ini lebih ringan dan praktis. Jenis pot lain yang juga dapat anda gunakan adalah pot tanah liat yang bagus buat menjaga kelembaban tanah tempat anda akan menanam tanaman hias. Tetapi pot tanah liat lebih berat, mudah pecah dan berlumut sehingga anda harus rajin membersihkannya agar tetap terlihat bersih dan menarik.
  • Pemilihan tali gantung. Tali gantung untuk tanaman hias bisa anda peroleh  dengan di pasar-pasar tradisional atau toko-toko bunga. Disarankan untuk membeli tali yang kuat benar-benar kuat agar mampu menahan berat dari tanaman hias beserta potnya, hindari menggantung pot dengan tali atau kawat yang dibuat sendiri, disamping kurang bagus dipandang juga pada waktu-waktu tertentu, kedua benda ini tidak kuat lagi menahan beban.
  • Penyiraman yang tepat. Tanaman hias gantung dianggap merepotkan karena dapat meneteskan air dan mengotori lantai setelah disiram. Untuk menghindarinya, pilih pot yang mempunyai piring penadah pada bagian bawahnya, juga siram tanaman hias gantung dengan memakai selang panjang atau semprotan perlahan-lahan, atau turunkan dari gantungan.
  • Pemupukan secara rutin dan teratur. Agar tanaman hias anda tetap tumbuh baik dan subur dan menghasilkan daun dan bunga-bunga dengan warna yang cerah dan cantik, lakukanlah pemberian pupuk secara rutin dan teratur. Pemberian pupuk dilakukan setidaknya setiap dua bulan sekali. Perhatikan pula daun-daun yang sudah layu atau mengering, jika anda mendapati daun yang seperti itu sesegera mungkin dihilangkan agar tanaman hias gantung tersebut tetap terlihat cantik. Pangkaslah tanaman hias jika sudah tak berbentuk seperti terlalu besar dan tidak seimbang serta tak beraturan.
Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Tapak Dara

Ketika hendak melakukan pemasangan atau proses penggantungan tanaman hias gantung di teras rumah anda, usahakan untuk memeriksa paku-paku yang akan digunakan. Gunakanlah paku yang cukup kuat tertancap sehingga tidak mudah lepas saat harus menahan beban dan menjatuhkan pot bunga. Hindari meletakkan tanaman hias gantung pada lokasi yang sering dilewati oleh manusia atau hewan kesayangan anda seperti kucing dan anjing, hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan tanaman hias gantung anda tersenggol atau terkena angin lalu jatuh.

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa anda praktekkan pada tanaman hias gantung rumah anda, semoga dengan postingan ini bisa sedikit membantu dan menambah informasi atau wawasan anda tentang bagaimana cara merawat dengan benar tanaman hias gantung agar tetap dapat tumbuh dengan baik, jangan lupa juga untuk membaca postingan mengenai 6 jenis tanaman hias dalam ruangan dan aneka tanaman hias tahan panas.

Baca Juga  Macam-Macam Tanaman Hias Gantung dengan Bunga Cantik
error: