7 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Advertisement

Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Tulang – Tulang merupakan salah satu komponen tubuh yang merupakan struktur pembentuk tubuh dan berfungsi untuk melindungi organ tubuh sebagai penahan otot serta menyimpan mineral seperti kalsium dan fosfor. Untuk itu sangat penting bagi kita menjaga kesehatan dari tulang kita.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar tulang kita tetap terjaga kesehatannya. Caranya dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium serta vitamin D yang diketahui dapat menjaga dan meningkantkan kesehatan tulang. Kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga struktur gigi dan tulang, sedangkan vitamin D berfungsi untuk mempermudah penyerapan kalsium dan membantu perumbuhan tulang.

Selain dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D, anda juga dapat mengambil manfaat dari beberapa jenis tanaman obat untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa diantara tanaman obat tersebut telah kami rangkum dalam postingan ini, apa saja tanaman tersebut? Silahkan baca dibawah ini.

Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Tulang

1. Daun jelatang

daun-jelatang

 

Daun jelatang  adalah sumber yang baik dari kalsium dan magnesium, serta silika dan boron-lain mineral penting untuk kesehatan tulang. daun jelatang kaya akan vitamin C dan D, yang keduanya meningkatkan penyerapan kalsium, dan vitamin K untuk membuat tulang kuat.

2. Alfalfa

alfalfa

 

Alfalfa (Medicago sativa) adalah spesies tanaman yang dimanfaatkan sebagai makanan ternak (pakan) untuk sapi perah, kuda, sapi potong, domba, dan kambing. Alfalfa dapat mengembangkan akar yang menembus 20 sampai 30 kaki ke dalam bumi.

Baca Juga  10 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Daun alfalfa sendiri menyediakan sumber yang sangat baik dari bioavailable mineral tulang: kalsium, magnesium, boron, silika, dan seng. Alfalfa daun merupakan sumber Vitamin D dan K, serta phytoestrogen.

3. Red Clover

red-clover

 

Seperti alfalfa, semanggi merah juga merupakan sumber yang baik dari mineral dan fitoestrogen yang sangat berharga untuk wanita yang bersangkutan tentang keropos tulang. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Februari 2004 dari American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa wanita yang menggunakan isoflavon semanggi merah memiliki tulang belakang yang secara signifikan lebih lambat dibandingkan dengan wanita pada kelompok plasebo.

4. Jerami oat

jerami-oat

 

Jerami oat merupakan mineral rumput kaya sering ditemukan dalam formulasi herbal untuk menyembuhkan patah tulang. Hal ini juga digunakan untuk menenangkan kecemasan, dan meningkatkan kesuburan.

5. Ekor kuda ( horsetail plant )

Advertisement

tanaman-ekor-kuda

 

Ekor kuda adalah sumber tanaman terkaya silika, mineral yang diperlukan untuk kuku yang kuat, rambut, dan tulang yang sering kurang dalam diet modern. Ekor kuda telah digunakan untuk masalah tulang dan kekuatan untuk generasi. Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa wanita dengan osteoporosis meningkat kepadatan tulang mereka setelah mengambil ekstrak ekor kuda selama satu tahun.

Karena ekor kuda mengandung sejumlah besar nikotin, tidak dianjurkan untuk anak-anak atau wanita hamil. Sumber silika lainnya termasuk almond, rami dan biji bunga matahari, biji-bijian, pisang, dan asparagus.

Baca Juga  Cara Memanfaatkan Tanaman Obat Kumis Kucing untuk Kesehatan

6. Jahe

jahe

 

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling kuno dalam masakan di seluruh dunia. Hal ini telah menjadi terkenal karena berbagai manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan nafsu makan, mencegah berbagai jenis kanker, memperbaiki kondisi pernapasan, membantu pencernaan, menghilangkan gejala arthritis, meredakan sakit pinggang, mengurangi kelebihan gas , meningkatkan aktivitas seksual, dan meredakan nyeri yang terkait dengan gangguan menstruasi, mual, dan flu.

7. Teh hijau

teh-hijau

 

Teh hijau secara luas diakui sebagai sumber yang sangat baik dari antioksidan kuat yang disebut catechin, menurut Harvard Health Publications. Sejumlah studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kulit, paru-paru, payudara, usus besar, esofagus dan kandung kemih. Teh hijau telah terbukti memperkuat tulang dan meningkatkan massa tulang, menurut penelitian yang dipublikasikan di “Nutrition Research” pada bulan Juli 2009.

Demikianlah informasi mengenai tanaman obat untuk menjaga kesehatan tulang. Semoga postingan ini memberikan infroamsi untuk anda agar lebih bisa menjaga kesehatan. Terimakasih telah berkunjung.

Gallery for 7 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Tulang