7 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Advertisement

Tanaman Aquascape Tanpa CO2 – Apakah anda saat ini tertarik akan tanaman aquascape, akan tatapi takut gagal dikarenakan perawatannya yang cukup ribet? Anda tak perlu khawatir, karena tak semua tanaman aquascape membutuhkan perawatan yang ribet ini. Dan satu hal lagi, beberapa tanaman aquascape tak membutuhkan CO2 untuk bisa tumbuh subur.

Ya, memang tak dimungkinkan ada tanaman aquascape yang tak membutuhkan gas CO2 untuk bisa tumbuh subur. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak selalu benar, karena saat ini sudah ditemukan yang namanya tanaman aquasccape tanpa CO2 bisa tumbuh dengan baik.

Gas CO2 sendiri merupakan salah satu yang paling dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Dengan CO2 ini akan membantu tumbuhan mengirimkan sari makanan dari daun ke akar tanaman. Namun berbeda dengan beberapa tanaman aquascape berikut ini, yang pertumbuhannya cukup baik meski tanpa memasukkan CO2. Lantas, apa saja jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini? Berikut ulasannya untuk anda.

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Christmas Moss

Tanaman aquascape tanpa CO2 yang pertama adalah Christmas Moss. Jenis tanaman satu ini adalah yang paling banyak dicari dan diminati oleh sebagian besar orang. Tanaman satu ini memiliki ciri seperti lumut, tumbuh padat dan pertumbuhannya menyirip serta tidak teratur. Menariknya lagi, tanaman aquascape satu ini mampu tumbuh baik meskipun minim cahaya. Namun, jika anda menginginkan tanaman ini tumbuh lebih baik maka berilah cahaya yang lebih tinggi.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Daun Aglaonema

Peacook Moss

Jika dilihat sekilas tanaman aquascape yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik yakni seperti ekor burung merak yang melebar. Selain itu, tanaman satu ini bisa dengan cepat tumbuh menyebar dan membentuk cabang. Meskipun tanpa CO2 yang cukup, tanaman aquascape satu ini tetap saja mampu tumbuh dengan baik, lebat, hijau mempesona.

Singapore Moss

Selanjutnya ada Singapore Moss yang juga menjadi salah satu tanaman aquascape mampu bertahan hidup tanpa CO2. Tanaman aquascape satu ini memliki ciri daun dengan helai panjang dan longgar, serta cabangnya tegak dan mirip sekali seperti pohon pada umunya. Uniknya, Singapore Moss dapat tumbuh dengan baik di keadaan minim cahaya dan dapat hidup tanpa CO2.

Java Moss

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh jenis tanaman aquascape satu ini adalah memiliki tampilan yang sangat cantik dan indah serta tidak membutuhkan perawatan yang ekstra untuk bisa seperti ini. Keunikan yang dimiliki oleh java Moss ini adalah mampu tumbuh diberbagai kualitas cahaya, tumbuh diberbagai jenis air, dan tumbuh meski tanpa CO2.

Baca Juga  Serba-Serbi Tanaman Hias Minimalis

Java Fern

Bagi anda yang terbilang masih pemula dalam hal tanaman aquascape ini, Java Fern bisa jadi pilihan terbaik untuk anda, karena tanaman satu ini cukup mudah dalam segi perawatannya. Selain itu, tampilan yang ditawarkan oleh tanaman satu ini cukup indah yang tidak kalah dengan tanaman aquascape lainnya.

Anubias

Satu lagi tanaman aquascape tanpa CO2 yang bisa menjadi pilihan terbaik anda yaitu Anubias. Tanaman satu ini sangat populer sebagai tanaman yang tahan banting dan tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Selain bisa hidup tanpa CO2, tanaman Anubias akan tumbuh lebih maksimal dengan CO2.

Lilaeopsis

Dan tanaman aquascape terakhir yang bisa tumbuh baik dan subur tanpa CO2 adalah Lilaeopsis. Tanaman satu ini biasanya tumbuh dibagian dasar aquascape dan biasanya difungsikan untuk menutupi media tanam aquascape. Tampilannya yang memberikan keindahan dan tidak perlu perawatan ekstra untuk membuatnya tumbuh baik, maka jenis tanaman satu ini sangat cocok jadi pilihan anda.

Demikian tadi jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang bisa menjadi pilihan hiasan aquascape anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Advertisement
error: