Syarat untuk Memilih Tanaman Hias Indoor

Advertisement

Dalam hal mengoleksi atau menanam tanaman hias indoor memang agak susah-susah gampang untuk memilih dan merawatnya. Karena dengan memilih tanaman hias yang tepat untuk anda jadikan tanaman hias indoor, maka anda akan mendapatkan kepuasan sendiri saat melihat tanaman hias tersebut dikarenakan keindahan daun dan bunganya.
syarat-memilih-tanaman-hias-indoor
Dalam hal perawatan, umumnya jenis tanaman hias indoor memang terbilang lebih mahal dalam hal perawatannya dibandingkan dengan tanaman hias taman atau tanaman hias outdoor. Ada banyak sekali jenis tanaman hias, mulai dari tanaman hias daun dan tanaman hias bunga yang dapat anda jadikan tanaman hias indoor. Oleh karenanya, anda harus mengetahui jenis bunga mana yang dapat anda jadikan tanaman hias indoor. Hal ini penting anda ketahui karena ada jenis tanaman hias yang memang tidak cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor. Pada postingan ini akan diberikan kepada anda ulasan mengenai syarat suatu tanaman hias bisa dijadikan tanaman hias indoor.

Syarat Memilih Tanaman Hias Indoor

Ada beberapa syarat khusus untuk menentukan jenis tanaman hias mana yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor. Berikut persyaratanya:

1). Berdasarkan jenis serta fungsi tanaman hias sebagai tanaman hias indoor.
Tanaman hias ada 2 jenis yaitu tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Tanaman hias bunga dijadikan tanaman hias dikarenakan kecantikan dan keindahan bunga yang dimilikinya, seperti bunga anggrek, adenium dan mawar. Sedangkan tanaman hias daun dijadikan tanaman hias dikarenakan kecantikan dan keelokan daun yang dimilikinya, misalnya anthurium, aglaonema, dan sanseviera. Jenis tanaman hias yang paling banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor adalah tanaman hias daun. Namun tidak sedikit pula tanaman hias bunga dijadikan tanaman hias indoor meskipun jumlahnya terbatas.

Baca Juga  Cara Bercocok Tanam Hidroponik dengan Media Air
Advertisement

Fungsi tanaman hias indoor ada berbagai macam. Tanaman jenis ini biasanya diletakkan di dalam ruangan untuk lebih mempercantik dan menyejukkan ruangan di dalam rumah hunian. Tanaman hias yang hendak dijadikan tanaman hias indoor haruslah memenuhi kriteria seperti berdaun unik, tebal seperti lilin, berwarna indah. Beberapa contoh tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor dari jenis tanaman hias berbunga adalah bunga anthurium, bunga begonia, spathiphylum, atau anggrek. Dari jenis tanaman hias daun, manfaatkan andiantum, aglaonema, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, dracaena dll.

2). Didasarkan daya tahan tanaman.
Setiap tanaman hias memiliki daya tahan yang berbeda-beda terhadap lingkungannya. Seperti kebutuhan akan Intensitas cahaya, kelembapan, sirkulasi udara serta temperatur. Kebanyakan tanaman hias yang dijadikan tanaman hias dalam ruangan adalah tanaman hias yang tahan dengan intensitas cahaya matahari yang rendah dikarenakan di dalam ruangan tanaman tidak akan mendapatkan asupan sinar matahari. Tanaman hias indoor juga harus tahan terhadap udara yang kering dengan sirkulasi rendah juga temperatur yang sedang di dalam ruangan. Meskipun tanaman hias ini diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini tidak akan tahan selamanya dalam ruangan tertutup tanaman tetap harus dikeuarkan untuk mendapatkan asupan sinar matahari setidaknya 2 minggu sekali di pagi hari. Hal ini bertujuan untuk membuat tanaman tetap segar  sehingga bagian tanaman tetap tumbuh dengan baik karena fotosintesis tanaman harus membutuhkan sinar matahari.

Baca Juga  Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias dalam Pot

3). Didasarkan pada sistem perawatan tanaman. 

Perbedaan ketahanan terhadap semua jenis tanaman hias terhadap lingkungannya menyebabkan tanaman hias rata-rata mempunyai cara perawatan yang berbeda. Setiap tanaman hias ini membutuhkan perawatan yang rutin agar tanaman tetap dapat tumbuh sehat dan cantik.  Anda dianjurkan untuk mengoleksi atau menanam tanaman hias yang perawatannya tidak rumit. Dalam artian aktivitas perawatan tanaman hias itu mudah dilakukan serta pengerjaan yang cepat dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Adapaun beberapa tanaman hias indoor yang mudah dirawat adalah : sanseviera, dracaena, atau philodendron. Untuk tanaman hias yang membutuhkan perawatan intensif : aglaonema, anthurium, calladium, dan anggrek

Demikianlah sedikit informasi mengenai syarat memilih tanaman hias indoor, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai tanaman hias.