Segudang Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Jinten Hitam – Jinten hitam sejak dulu memang dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bahkan, jinten hitam ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang diderita tubuh. Jinten hitam sendiri memiliki nama lain habbatussasuda.

Bagi umat muslim penggunaan Habbatussauda atau jinten hitam ini memang sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk sembuhkan berbagai penyakit dan untuk menyehatkan tubuh. Sekarang ini sudah lebih dari 2000 tahun masyarakat Timur Tengah khususnya sudah mempercayai untuk hal pengobatan. Selain itu, dalam ilmu medis jinten hitam juga sudah terbukti memiliki khasiat yang sangat luar biasanya untuk tubuh. Namun, jika memang anda ingin mengetahui lebih detailnya menganai manfaat jinten hitam untuk kesehatan, berikut ini kami punya rangkumannya untuk anda.

Manfaat Jinten Hitam

Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Jinten hitam untuk menetralisir racun

Didalam jinten hitam terdapat kandungan yang bernama Saponin. Kandungan inilah yang memiliki kemampuan untuk menetralisir racun yang biasanya menyerang organ vital tubuh, seperti hati dan paru – paru. Selain itu, gangguan lain seperti gangguan pernapasan dan gejala diare akibat racun, juga bisa dinetralisir dengan memanfaatkan jinten hitam ini.

Jinten hitam untuk sembuhkan penyakit diabetes

Jinten hitam juga dipercaya untuk dapat sembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes ini. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengkonsumsi setidaknya 2 gram jinten hitam secara rutin setiap hari. Ini akan membantu mengurangi kadar glukosa yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, konsumsi jinten hitam juga akan bantu penurunan resistensi insulin, mengurangi hemoglobin glikolisasi, dan juga peningkatan fungsi sel-beta.

Baca Juga  10 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Jinten hitam untuk tingkatkan konsentrasi otak

Tak hanya bisa sembuhkan penyakit, jinten hitam ini juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan konsentrasi otak manusia. Didalam jinten hitam ini terdapat nutrisi baik, seperti Asam Linoleat (Omega 6) dan Asam Linolenat (Omega 3). Kandungan inilah yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah menuju otak.

Jinten hitam untuk melawan kaner usus besar

Salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh semua orang adalah kanker usus besar. Meskipun terbilang jarang orang yang menderitanya, tapi tetap saja kanker tersebut dapat mengintai siapa saja. Nah, untuk itu dengan jinten hitam ini anda bisa mengurangi resiko dan menekan tumbuhnya sel kanker usus besar ini. Jinten hitam yang sudah di ekstrak dan diambil minyaknya memiliki kemampuan menghambat tumbuhnya kanker usus besar didalam tubuh. Hebatnya lagi, konsumsi ekstrak jinten hitam ini untuk lawan kanker usus besar, tidak akn menimbulkan efek samping.

Baca Juga  Manfaat Kayu Gaharu untuk Kesehatan Tubuh

Jinten hitam untuk sumber nutrisi sehat tubuh

Setiap harinya tubuh akan membutuhkan Asam amino dan tubuh tidak akan mampu mencukupi kebutuhan tersebut dengan sempurna. Untuk itu, manfaatkan saja jinten hitam ini sudah terbukti memiliki kandungan Asam Amino essensial setidaknya ada 9 jenis. Ini tentunya akan sangat baik untuk penuhi kebutuhan tubuh.

Jinten hitam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Memang banyak manfaat yang bisa didapat dari ekstrak jinten hitam ini untuk tubuh. Jinten hitam yang sudah di ekstrak akan sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit yang seringkali menyerang sistem imunitas tubuh sehingga tubuh bisa jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Tak hanya itu, jinten hitam ini juga memiliki peran untuk bisa melawan virus penyebab kanker. Hebatnya lagi, Direktur Institut Imunologi pada Universitas Munich, menyatakan bahwa pernyataan ini benar adanya.

Demikian tadi informasi seputar manfaat jinten hitam untuk kesehatan tubuh yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Advertisement
error: