Membuat Media Tanam Hidroponik Yang Baik dan Benar

Hai sobat tanamanhiasan, postingan ini akan mengulas mengenai membuat media tanam hidroponik yang baik dan benar. Baru-baru ini dibidang pertanian telah berhasil membuat inovasi baru yaitu tanaman hidroponik. Hasil dari tanaman hidroponik ini sama bagusya dengan tanaman non hidoponik atau tanaman pada lahan pertanian. Bedanya jika tanaman hidroponik ditanam dalam media tanam hidroponik dan tidak menghabiskan banyak tempat atau lahan. Pembahasan mengenai media tanam hidroponik tentu akan selalu menarik bagi kamu yang menekuni dunia pertanian.

Cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini, semakin hari semakin banyak peminatnya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa lambat laun banyaknya tanah yang bisa digunakan untuk lahan tentu akan semakin berkurang bahkan sangat sedikit. Untungnya metode pertanian hidroponik bisa dilakukan oleh siapapun dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang banyak. Nah untuk anda yang ingin mencoba memulai bercocok tanam dengan metode hidroponik ini, maka sebaiknya terlebih dahulu anda tahu tentang media tanam hidroponik dan bagaimana cara membuat media tanam hidroponik yang baik agar tanaman yang dihasilkan juga lebih maksimal. beberapa media hidroponik yang dapat anda pilih diantaranya adalah asam arang, spons, expanded clay atau hidroton, cocopeat (serbuk saput kelapa), rockwool, perlit, dan pasir. Semua ini dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

membuat media tanam hidroponik yang baik dan benar

Media tanam hidroponik yang pertama adalah asam arang. Media ini murah dan mudah didapatkan. Kedua Spons, media ini merupakan media yang awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, paling penting telatif kebal terhadap jamur yang mengandung resiko merusak tanaman. Ketiga Expanded Clay, merupakan media yang didapatkan dari proses pemanasan tanah liat dengan suhu mencapai 1000 derajat celcius atau bahkan lebih. Media ini sangat efisien, praktis dan mudah diaplikasikan sebab memiliki bentuk berupa bulatan-bulatan tanah berukuran kecil seperti halnya kelereng. Keempat cocopeat (serbuk sabut kelapa), merupakan salah satu media tanam yang paling hemat air. Media tanam yang ke lima yaitu Rockwool, merupakan media tanam ramah lingkungan yang terbuat dari bahan dasar batu bara, batu basalt, dan batu kapur. Media yang satu ini mampu menyimpan air dan udara dengan sangat baik. Keenam yaitu perlit, media ini dapat menampung unsur hara atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah yang cukup tinggi. Media tanam yang ke tujuh adalah pasir, pasir dapat menghasilkan sirkulasi udara yang cukup baik.

Baca Juga  Apartemen Dijual Di Jakarta Selatan Harga 500 Juta

Setelah mengetahui macam-macam media tanam hidroponik tentu anda ingin membuatnya. Tapi bagi anda yang terhalang oleh dana maka tidak perlu khawatir, anda cukup tahu bagaimana cara membuat media tanam hidroponik sederhana. Dengan demikian anda tidak akan mengeluarkan dana terlalu banyak.

Cara membuat media tanam hidroponik

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Yang Baik

Langkah awal membuat media tanam hidroponik sederhana. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan bahan bekas seperti:

  • Botol plastik air mineral yang sudah tidak terpakai
  • Gelas plastik bekas air mineral
  • Jerigen plastic bekas minyak goreng
  • Kain untuk sumbu (kain panel)
  • Nutrisi hidroponik
  • Media tanam (pilihlah yang paling mudah didapatkan dan juga murah)
Baca Juga  Apartemen Dijual Di Jakarta Utara DP Ringan Cicilan Murah

Langkah kedua yaitu membuat media tanamnya.

  • Potong botol menjadi dua bagian atas dan bawah
  • Lubangi botol bagian atas didaerah leher botol untuk pemasangan sumbu dan aliran udara
  • Pasang sumbu pada bawah botol
  • Kemudian masukkan bagian atas botol kebagian bawah botol dengan cara dibalik
  • Isi bagian atas botol dengan media tanam yang sudah disediakan
  • Tanam bibit atau taburkan 2 hingga 3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam
  • Siram dengan menggunakan larutan nutrisi hidroponik

Langkah akhir adalah simpan di tempat yang tidak terkena hujan namun masih dapat mendapatkan penyinaran dari sinar matahari.

Anda harus dapat memilih media tanam hidroponik dengan tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman anda, dengan begitu akan membantu tanaman tumbuh lebih baik. selain tentang media sebaiknya anda juga tahu bagaimana cara merawat tanaman hidroponik. Cara sederhana yang telah dipaparkan anda bisa mencobanya, semoga tanaman anda dapat tumbuh subur sesuai dengan usaha anda.

Tags:
error: