Manfaat Tanaman Hias Pakis untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Pakis untuk Kesehatan – Sebgaian besar dari pecinta tanaman hias tentunya sudah tahu atau tidak asing lagi dengan tanaman hias pakis. Pakis merupakan nama lain dari tumbuhan paku tumbuhan berpembuluh yang memperbanyak diri dengan spora. Tanaman pakis banyak didapati tumbuh di daerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Pada saat musim semi, pakis akan mengeluarkan tunas daun muda yang masih kuncup. Daun pakis muda ini biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran.

Namun, tahukah anda jika tanaman hias pakis ini ternyata mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan loh! Baik itu anda konsumsi dalam bentuk masakan sayur maupun digunakan sebagai obat luar. Sebagai jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dengan mudah, pakis ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita.

Selain itu, pakis juga ternyata bisa digunakan sebagai obat luar.

Salah satunya bisa anda ikuti tips berikut ini dengan menggunakan tanaman pakis
– Ambil beberapa helai daun pakis yang agak tua dan keringkan dengan cara dijemur.
– Malam sebelum tidur, masukkan daun pakis kering tersebut kedalam sarung bantal atau di bawah kain sprei.
Gunakan bantal tersebut untuk tidur dengan bagian bantal yang berisi daun pakis berada di bagian atas dan menempel ke kepala.

manfaat-tanaman-hias-pakis

Manfaat Tanaman Pakis

Berikut ini beberapa manfaat dan efek yang akan anda rasakan ketika bangun pagi:

1.Menghilangkan kutu dan tungau.
Kutu kasur atau kutu busuk merupakan serangga dengan ukuran yang sangat kecil yang senang menggigit kulit bahkan menghisap darah manusia, mereka biasanya terdapat di sela-sela kasur atau bantal. Kutu busuk ini menggigit kulit sewaktu kita tertidur entah siang atau malam.

Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias Bunga untuk Mempercantik Taman

Jika sudah tergigit oleh kutu busuk ini kulit akan bentol dan gatal disertai dengan rasa panas yang sangat tidak nyaman.
Dengan menyelipkan daun pakis kering di sarung bantal dan sprei, kutu busuk akan keluar dari persembunyiannya dan menghindar menjauh dari bantal, sprei dan kasur kita.

Advertisement

2.Menghilangkan pegal dan membuat otot lebih rilex.
Bagi andayang pada siang harinya melakukan aktifitas berat seperti olah raga maupun aktifitas lain yang menyebabkan otot-otot tubuh anda terasa pegal dan letih, tidur dengan bantal atau kain sprei yang diisi daun pakis kering ini akan merasakan efek lebih segar ketika bangun tidur.

Rasa sakit dan pegal yang mungkin teman2 derita pada bagian leher, otot punggung dan otot betis akan hilang dengan lebih cepat tanpa perlu dipijat.

3.Megurangi kelelahan pada kaki.
Daun pakis kering juga bisa diselipkan langsung kedalam sepatu untuk mengurangi kelelahan pada kaki ketika anda melakukan perjalanan jauh atau mendaki gunung.

4.Menyembuhkan sakit kepala dan sakit gigi.
Sakit kepala yang anda derita akan cepat sembuh bahkan hilang sama sekali ketika bangun tidur.

5. Daun pakis kering juga berfungsi sebagai obat luar bagi anda penderita sakit gigi.
Caranya tidurlah dengan posisi pipi pada bagian gigi yang sakit menempel pada bantal. Efek ini akan lebih terasa jika daun pakis kering ditempel langsung ke pipi atau bagian belakang kepala bagian bawah ketika sedang tidur dengan durasi tidur minimal 4 jam.

6. Menyembuhkan Radang Gangren.
Gangren disebabkan karena kematian jaringan tubuh, salahsatu penyebabnya ad salahsatu penyebabnya adalah diabetes. Ambil beberapa daun pakis segar dan tumbuk halus, tempelkan pada luka gangren, lakukan dengan rutin. dalam beberapa hari radang gangren akan mengering.

Baca Juga  Jenis Pupuk untuk Tanaman Hias Bonsai

7. Menyembuhkan kram dan keseleo.
Caranya pakis yang masih segar tanpa harus dikeringkan, remas-remas pakis segar tadi dan langsung dibalurkan pada otot yang mengalami kram atau keseleo. Rasa sakit mungkin akan terasa lebih kuat dan sedikit hangat untuk beberapa waktu setelah dibaluri, tetapi akan segera hilang!

8.Menyembuhkan Rhematik
Untuk upaya penyembuhan rhematik, gunakan daun pakis dengan cara ditumbuk halus dan diperas diambil airnya lalu dicampurkan pada air yang akan digunakan untuk mandi. Atau menggunakan bagian akarnya, keringkan akar pakis dengan cara dijemur lalu rendam dengan sedikit air selama 12 jam, gunakan air tersebut untuk memijat tubuh.

Itulah beberapa manfaat lain pakis untuk kesehatan, semoga dengan postingan kali ini menambah informasi yang bermanfaat untuk anda, silahkan bagikan jika tulisan ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di tanamanhiasan.com