10 Manfaat Tanaman Hias Lidah Buaya untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Lidah Buaya – Lidah buaya sejak dulu dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat. Meskipun biasa ditanam dalam pot sebagai tanaman hias, namun lidah buaya kerapkali digunakan untuk bahan perawatan kecantikan, dari mulai menyuburkan rambut hingga menghilangkan jerawat.

Lidah buaya mengandung berbagai macam senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri.

Lidah buaya layak disebut sebagai tanaman herbal karena mengandung sekitar 75 jenis zat yang bermanfaat dan kurang lebih sekitar 200 senyawa lain yang sangat berkhasiat.

manfaat-tanaman-hias-lidah-buaya-untuk-kesehatan

Manfaat Tanaman Hias Lidah Buaya untuk Kesehatan

 
1.Mengatasi Diabetes
Bagi anda penderita diabetes, lidah buaya bisa dijadikan sebagai salah satu opsional untuk menurunkan level gula darah anda. Caranya cukup mudah, anda tinggal merebus lidah buaya yang sudah dihilangkan durinya dengan air 3 gelas dan menyisakan air reusan sampai setengahnya. Air hasil rebusan tersebut diminum 3x sehari sebanyak satu gelas.

2. Sumber vitamin dan mineral
Tubuh kita setiapharinya membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang seimbang agar bisa tetap sehat. Lidah buaya bisa menjadi salah satu alternatif untuk memnuhi kebutuhan vitamin dan mineral tersebut. Anda bisa menyajikan lidah buaya berupa jus karena lidah buaya banyak mengandung vitamin dan mineral. Adapun vitamin yang dan mineral yang dikandung diantaranya: Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

3. Mengobati Luka
Lidah buaya memiliki berbagai macam fungsi untuk mengobati luka. Diataranya mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari (sunburn), mengurangi warna lebam karena memar, meredakan rasa perih karena lecet, dan mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias Bunga untuk Mempercantik Taman

4. Mengobati Wasir
Jika anda mengalami wasir, anda dapat memanfaatkan tanaman hias ini sebagai penawarnya. Caranya siapkan setengah batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Kemudian parut lidah buaya dan tambahkan madu serta setengah cangkir air matang pada hasil parutan tersebut. Aduk campuran tersebut sampai rata lalu saring. Hasil saringan diminum 3x sehari.

Advertisement

5. Kesehatan Kardiovaskular
Kesehatan kardiovaskular erat kaitannya dengan masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa hasil penelitian membuktikan ketika dokter menyuntikkan ekstrak lidah buaya kedalam tubuh, maka difusi sel darah merah serta transportasi oksigen secara drastis meningkat kemampuannnya. Lidah buaya mempunyai nutrisi yang bisa mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.

6. Melancarkan pencernaan
Jika anda ingin mempunyai pencernaan yang sehat dan lancar, lidah buaya bisa anda manfaatkan untuk memperoleh hasil tersebut. Hal ini dikarenakan lidah buaya sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat.

7. Sumber asam amino
Tubuh kita memerlukan setidaknya 20 asam amino yang berbeda untuk membentuk protein. Namun, tubuh kita tidak bisa menghasilkan 8 asam amino yang dibutuhkan tersebut secara sendiri. Oleh karenanya, memanfaatkan kandungan 7 asam amino esensial dan 19 asam amino total yang dikandung lidah buaya bisa memnuhi kebutuhan asam amino tubuh kita.

8. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Lidah buaya mengandung senyawa gelatin seperti halnya yang ada pada rumput laut.. Gelatin tersebut berfungsi untuk meyerap berbagai macam racun yang berada pada usus dan mengeluarkan racun tersebut bersama kotoran. Maka lidah buaya ini sangat cocok anda jadikan sebagai detoksifikasi untuk tubuh anda.

Baca Juga  Macam-Macam Media Tanam Bunga Anggrek

9. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Lidah buaya seperti yang kita ketahui mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Jadi,  dengan mengkonsumsi tanaman hias lidah buaya setiap hari mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga melindungi Anda dari segala jenis stres oksidatif.

10. Alkalisasi
Alkalisasi adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

KomponenJumlah
Kadar air95 %
Karbohidrat (g)0.30
Kalori (kal)1.73-2.30
Lemak (g)0.05-0.09
Protein (g)0.01-0.06
Vitamin A ( IU)2.00-4.60
Vitamin C (mg)0.50-4.20
Thiamin (mg)0.003-0.004
Riboflavin (mg)0.001-0.002
Niasin (mg)0.038-0.040
Kalsium (mg)9.920-19.920
Zat Besi (mg)0.060-0.320

Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

Karena manfaat dari tanaman hias lidah buaya banyak sekali, tanamanhiasan.com menyarankan agar anda mulai untuk menanam tanaman lidah buaya di dalam pot pada halaman rumah anda untuk dapat merasakan manfaat tanaman hias lidah buaya.