Manfaat Tanaman Hias Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Kembang Sepatu – Tanaman Hias kembang sepatu mungkin sudah tidak terlalu asing bagi anda, tanaman ini banyak dijumpai di pedesaan dengan warna bunga yang cantik dan bervariasi. Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, kenapa tanaman hias yang satu ini dinamakan ‘kembang sepatu’?? Padahal jika dilihat bentuk tanaman ataupun bunganya tidak menyerupai bentuk sepatu. Akan tetapi, ternyata dasar penamaan tanaman hias bunga ini adalah dahulu kembang sepatu sering dijadikan semir untuk sepatu agar sepatu terlihat bersih dan mengkilap.

Selain manfaatnya untuk mengkilapkan sepatu :D, tanaman hias kembang sepatu memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan dan merawat tubuh. Namun, sebelumnya kita ulas sedikit informasi mengenai tanaman hias yang satu ini.

Tanaman kembang sepatu merupakan jenis tumbuhan pardu, tanaman ini memiliki ketinggian berkisar antara 1 – 4 meter dan mempunyai batang yang banyak. Kembang sepatu berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur dan memiliki ujung yang meruncing serta tepinya bergerigi kasar. Nah bagian daunnya ini lah yang kemudian dapat kita olah ataupun diracik untuk dijadikan obat herbal untuk beberapa jenis penyakit, ini dikarenakan sifat antiseptik serta kandungan-kandungan zat yang ada didalamnya.

Beberapa contoh zat yang terkandung dalam daun kembang sepatu adalah Flavonoid, Tanin, Saponin, Kalsium oksalat, Peroksidase, Lemak, Protein, Taraxeryl acetat, Skopoletin, Cleomiscosin A dan Cleomiscosin C. Nah, selanjutnya berikut manfaat tanaman hias kembang sepatu:

manfaat-tanaman-hias-kembang-sepatu

Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Kembang Sepatu untuk Kesehatan

 

Obat Saat Demam Malaria
Untuk mendapatkan manfaat kembang sepatu agar meringankan demam malaria adalah dengan merebus 50 gram daun kembang sepatu dengan ½ liter air bersama dengan ½ lembar daun pepaya dan ditambahkan 10 gram garam inggris. Rebus campuran tersebut hingga mendidih, kemeudian saring dan minum lah airnya selagi masih hangat.

Baca Juga  4 Manfaat Tanaman Hias Zodia yang Jarang Diketahui

Mengatasi Susah Buang Air Besar
Anda mengalami susah air besar?? Kembang sepatu mungkin bisa anda manfaatkan untuk memperlancar BAB, caranya ambil daun kembang sepatu seperlunya kemudian campur dengan air yang sudah matang lalu diperas untuk diambil airnya. Minum air hasil perasan tersebut sampai abis.

Loading...

Mengobati Gondongan
Gondongan yang anda alami bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Caranya cukup dengan menggunakan perpaduan antara daun kembang sepatu dan tumbuhan waru landak secukupnya yang dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sedang gondongan.

Membuat Rambut Hitam Berkilau
Sebelumnya siapkan botol yang telah terisi air kemudian ambil daun kembang sepatu secukupnya ditumbuk sampai halus. Masukan hasil tumbukan tersebut kedalam botol yang telah disiapkan sebelumnya. Kocok sampai tercampur, lalu pisahkan airnya dengan ampasnya untuk ditambahkan perasan jeruk nipis. Pakailah ramuan tersebut secara rutin 2 kali dalam seminggu dengan cara mengoleskannya ke rambut secara merata.

Perawatan Kulit Wajah
Bunga sepatu juga berkontribusi dalam merawat kulit, sama perannya dengan bunga mawar untuk melembabkan kulit. Cara termudahnya yaitu dengan menggosok kelopak bunga sepatu yang telah dibersihkan pada kulit wajah, leher, hingga tangan. Untuk kaki Anda bisa merendam kaki dalam air bunga sepatu.

Baca Juga  Cara Bercocok Tanam Hidroponik dengan Media Air

Obat Keputihan
Tanaman ini juga bermanfaat sekali untuk kesehatan organ kewanitaan. Tanaman hias kembang sepatu bisa menyembuhkan keputihan pada organ kewanitaan, dengan bahan 3 kuntum kembang sepatu yang segar yang kemudian dersihkan dengan air, setelah itu  digiling atau ditumbuk. Masukkan dalam segelas air matang, kemudian tuangkan cuka beras putih secukupnya. Aduk beberapa saat. Saring dan minum airnya tiga kali sehari masing-masing 1 gelas.

Batuk Berdahak dan Berlendir
Untuk mengatasi batuk berdahak ataupun batuk berlendir, anda cukup mengambil 2 kuntum bunga sepatu yang muda dan segar, kemudian di lumatkan dengan cara diremas menggunakan kedua atau satu tangan. Seduh dalam segelas gelas air panas, kemudian tutup gelas tersebut. Saring dan diamkan semalaman. Keesokan harinya masukkan madu secukupnya dan minum ramuan tersebut pagi hari sebelum makan.

Meredakan Demam
Ketika anda mengalami demam, anda tidak perlu khawatir lagi. Para dokter di Belanda menyarankan penderita demam untuk minum air putih yang cukup dan lebih baik minum teh herbal. Anda bisa membuat teh herbal dari kelopak bunga sepatu hingga demam mereda.

Manfaat Lain dari Daun Kembang Sepatu diantaranya ialah :

  • Untuk obat sariawan
  • Meredakan sakit kepala
  • Mengobati luka
  • Mengatasi flu
  • Untuk mencegah kerontokan rambut
  • Menghilangkan jerawat
  • Mencegah uban
  • Obat conjungtivitis
  • Obat bisul
  • Obat saat gondongan

Bgaiamana?? cukup bermanfaat bukan info Manfaat Tanaman Hias Kembang Sepatu kali ini, terimakasih telah berkunjung di tanamanhiasan.com.

error: