Manfaat Tanaman Hias Bunga Lavender

Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Bunga Lavender  – Tanaman hias yang satu ini pastinya sudah sering anda lihat meskipun jenis tanaman ini jarang ditemukan di daerah-daerah di Indonesia, karena tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari daerah yang memiliki iklim subtropis.

Lavender atau lavendel dikenal dengan sebutan nama latin Lavandula afficinalis syn.L. angustigolia (lamiaceae), tanaman ini merupakan tanaman yang masuk kedalam sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Tanaman ini berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Peracis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, sehingga tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

Tanaman hias bunga Lavender bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 600-1.350m dpl, dan dapat tumbuh dengan baik di medan yang berbatu. Semakin tinggi tempat tumbuh dari tanaman ini, maka akan semakin baik pula kualitas minyak bunga lavender yang dihasilkan. Pembudidayaan bunga ini biasanya menggunakan bijinya, biji-biji yang tua dan sehat biasanya disemaikan.

Baca Juga  Aneka Macam Jenis Tanaman Keladi Hias

Mengapa Tanaman Lavender Banyak Di Manfaatkan?

manfaat-tanaman-hias-bunga-lavender

Advertisement

Loading...

Bunga Lavender banyak juga yang menjadikannya sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan ruangan. Bunga ini memiliki ciri khas yaitu aroma yang sangat harum. Aroma lavender dikenal sebagai aroma yang lembut dan menenangkan, sehingga dijadikan sebagai wangi aroma therapy yang dapat membuat seseorang yang menghirupnya akan merasa tenang.

Adapun komposisi yang dikandung dalam minyak lavender adalah linalool asetat. Linalo asetat ini disinyalir mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Karena khasiat yang dikandungnya tersebutlah yang membuat bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan.

Bunga lavender ini juga terkenal mempunyai wangi yang sangat harum dan segar, sehingga banyak digunakan menjadi bahan pada pembuatan minyak wangi oleh banyak industri minyak wangi. Tanaman hias Lavender mempunyai warna bunga ungu dan bentuknya yang kecil-kecil ini ternyata sangat unik. Bunga lavender bisa anda gosokan langsung ke kulit, karena aromanya yang wangi, anda pun dapat terhindar dari gigitan nyamuk. Tunas atau akar dari tanaman bunga ini mengandung ekstrak minyak yang harum dan memiliki banyak fungsi. Ekstrak atau minyak Lavender juga digunakan dalam pembuatan sabun, shampoo dan lotion tubuh. Wangi atau aroma bunga ini mampu menenangkan perasaan kita, sehingga kita merasa santai. Oleh sebab itu ekstrak bunga ini juga digunakan untuk minyak aromaterapi. Selain itu, Bunga Lavender juga mengandung antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Jadi, selain berguna dalam perawatan kulit dan tubuh, bunga ini juga digunakan sebagai pembersih dan pengharum lantai. Untuk mengetahui Manfaat Tanaman Hias Bunga Lavender , berikut diantara berbagai macam manfaat yang dimilikinya.

Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas untuk Indoor dan Outdoor

Manfaat Tanaman Hias Bunga Lavender 

1. Meremajakan kulit
2. Memperkuat rambut
3. Mengatasi selulit
4. Mengatasi insomnia dan meringankan kecemasan
5. Mengurangi sakit kepala
6. Mengatasi gangguan pernafasan
7. Menyejukkan dan menenangkan
8. Menghilangkan ketombe

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat tanaman hias bunga lavender, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di tanamanhiasan.com

 

error: