Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Advertisement

Secara umum tanaman hias memiliki fungsi sebagai tanaman untuk mempercantik atau memperindah suatu tempat, tempat yang dimaksud seperti rumah, pekaragan, taman, hotel, kantor, mall, sekolah dan tempat lainnya. Karena fungsinya untuk mempercantik dan memperindah tidak jarang tanaman hias ini diekspos sedemikian rupa agar terlihat lebih cantik dan lebih indah.

manfaat-tanaman-hias-bagi-kesehatan-dan-lingkungan

Advertisement

Apa tanaman hias itu?

Secara bahasa tanaman berarti tumbuhan dan hias artinya usaha atau upaya untuk memperindah atau mempercantik. Macam tanaman yang masuk kedalam tanaman hias sangatlah banyak seperti tanaman rambat, perdu, terna, berbunga dan pastinya tanaman yang terlihat cantik dapat dikelompokkan masuk kedalam tanaman hias. Kemudian apa manfaat tanaman hias?

Ketika orang menyukai suatu tanaman apalagi sampai rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli sebuah tanaman hias, itu pasti memiliki arti dan manfaat bagi dirinya. Dalam artikel ini kami mencoba memaparkan beberapa manfaat tanaman hias bagi lingkungan, kesehatan, dan manfaat bagi yang lainnya.

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Melati di Dalam Pot

Manfaat tanaman hias bagi lingkungan

Sesuai dengan arti dari tanaman hias yang telah dipaparkan di atas bahwa fungsi dan manfaat tanaman hias adalah untuk memperindah dan mempercantik. Maka sudah tentu manfaat tanaman hias bagi lingkungan adalah untuk memperindah dan mempercantik suatu tempat sehingga nyaman untuk ditempati. Siapapun yang berada di lingkungan itu akan merasakan ketenangan karena aura yang dikeluarkan oleh tanaman hias mampu memberikan kesejukan dan ketenangan.

Manfaat tanaman hias bagi kesehatan

Manfaat tanaman hias bagi kesehatan tentunya Anda pasti sedikit banyak tahu bahwa tanaman adalah sumber oksigen yang diperlukan oleh tubuh.  Jika dibahas lebih mendalam mengenai manfaat zat hijau daun dapat berfungsi sebagai terapi pandangan/menjernihkan mata. Mencegah sesak nafas dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan.

Manfaat lainnya

  • Mengatasi stress, tanaman hias fungsi dasarnya yaitu untuk mempercantik dan memperindahm kecantikan dan keindahan dapat membuat orang merasa senang, maka hal itu dapat mengobati siapun yang sedang mengalami stress. Itulah manfaat tanaman hias untuk mengatasi stress.
  • Mengatasi migrain, penyakit migrain atau biasa disebut sakit kepala sebelah disebabkan oleh tingginya kadar karbondioksida. Karbindioksida dapat dinetralisir dengan tanaman hias yang ada di ruangan. Sehingga mampu mengatasi migrain yang disebabkan oleh tingginya kadar karbondiosida.
  • Mengurangi debu dalam ruangan, jika tanaman hias diletakkan di dalam ruangan, tanaman hias dapat berfungsi sebagai pengurang debu-debu yang ada di ruangan. Hal itu dikarenakan tanaman hias menciptakan kelembaban, dimana kelembabab itu dapat menyerap debu dan mengurangi jumlah debu.
Baca Juga  Syarat untuk Memilih Tanaman Hias Indoor

Itulah sedikit pemaparan fungsi dan kegunaan tanaman hias, so.. apakah Anda berminat untuk memelihara dan mengoleksi tanaman hias di rumah Anda? Jika hal tersebut memiliki keguanaan kenapa tidak?. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang mencari informasi mengenai manfaat tanaman hias.