6 Manfaat Tanaman Hias Anthurium untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Tanaman Hias Anthurium untuk Kesehatan – Setelah membahas beberapa manfaat tanaman hias, seperti manfaat tanaman hias puring dan tanaman hias lidah buaya. Kali ini tanamanhiasan.com akan membahas mengenaimanfaat tanaman hias anthurium atau yang biasa disebut dengan kuping gajah.

Tanaman ini memiliki nama latin Anthurium andreanum Linden dan berasal dari Amerika tengah dan selatan. Cara budidaya dan mengembangbiakkan tanaman hias yang satu ini cukup mudah, yang paling penting selalu tersedia pasokan air untuk tumbuhnya. Tidak heran jika tanaman ini banyak terlihat ditanam dipekarangan rumah.

Adapun Klasifikasi tanaman Kuping Gajah yaitu sebagai berikut (sumber : Plantamor, 2014) :

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Sub Kelas : Arecidae
  • Ordo : Arales
  • Famili : Araceae
  • Genus : Anthurium
  • Spesies : Anthurium andreanum var. album Linden .

Mungkin belum banyak yang mengetahui jika ternyata tanaman cantik ini, mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja Manfaat Tanaman Hias Anthurium? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya bagi manusia :

manfaat-tanaman-hias-anthurium
 

6 Manfaat Tanaman Hias Anthurium untuk Kesehatan

 
1. Untuk relaksasi
Anthurium memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau, sehingga tanaman hias ini akan sangat menenangkan ketika dipandang. Karena warna dan aroma dari tanaman ini membuat anda akan merasakan efek relaksasi pada tubuh sehingga menjadikan tubuh kita akan terasa ringan dan rileks.

Advertisement

2. Sebagai obat bengkak pada tenggorokan
Bengkak pada bagian tenggorokan merupakan keadaan dimana tenggorokan mengalami peradangan yang diakibatkan oleh kuman atau bakteri. Pada saat anda mengalami bengkak pada tenggorokan tentunya anda akan sangat kesusahan dan sedikit kesakitan apabila menelan makanan. Bengkak pada tenggorokan juga bisa menimbulkan badan mengalami meriang. Bengkak pada tenggorokan ini ternyata bisa diobati menggunakan ramuan dari tanaman Anthurium jenis Andreanum. Anthurium jenis ini memiliki kandungan yang akan mengatasi kuman atau bakteri penyebab bengkak pada tenggorokan. Cukup dengan merebus daun Anthurium Andreanum sampai benar benar mendidih lalu air rebusan tersebut diminum. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

Baca Juga  Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Puring

3. Mengobati bengkak pada mulut
Selain dapat mengobati bengkak pada tenggorokan, tanaman Anthurium jenis andreanum juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi pembengkakan pada mulut. Ramuan ini akan mengatasi pembengkakan yang terjadi secara maksimal. Ambilah daun Athurium andreanum secukupnya kemudian rebus dengan air sampai benar-benar mendidih. Angkat saring dan biarkan dingin. Berkumurlah dengan air tersebut kemudian diminum. Lakukan secara rutin dan teratur.

4. Dapat mengobati diabetes
Salah satu bagian dari tanaman hias ini yang cukup bermanfaat adalah bagian akarnya. Akar dari anthurium mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mengobati diabetes. Akar dari anthurium dpat mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu anda penderita diabetes.

5. Dapat mengobati gangguan pada ginjal
Selain bermanfaat untuk mengobati diabetes, akar dari anthurium ternyata masih memiliki manfaat lainnya. Manfaat lainnya dari akar anthurium yaitu dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati gangguan pada ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat penting, sehingga apabila ginjal mengalami gangguan, sudah pasti kesehatan pencernaan anda akan terganggu. Gangguan pada ginjal dapat berupa tidak optimalnya kerja ginjal, munculnya batu ginjal, bahkan sampai menyebabkan terjadinya gagal ginjal, yang pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan.

6. Penghilang stres
Anthurium adalah salah satu tanaman hias yang banyak digemari meskipun harganya mahal. Bentuk serta warnanya memberikan kepuasan tersendiri serta membuat tenang dan relaks. Untuk itu tanaman Anthurium ini bisa menjadi penghilang stres serta membuat tenang.

Demikian informasi mengenai manfaat tanaman hias anthurium untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.