Manfaat Kayu Gaharu untuk Kesehatan Tubuh

Advertisement

Manfaat Kayu Gaharu – Gaharu merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki batang berwarna agak kehitaman. Batang dari kayu gaharu ini sendiri memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh batang kayu tanaman lainnya, yakni memiliki aroma harum yang sangat khas. Karena aroma harum ini batang kayu gaharu sering dijadikan sebagai bahan dasar parfum yang memiliki nilai jual tinggi. Tanaman gaharu tumbuh dengan sangat baik di daerah Asia, Khususnya Indonesia.

Dari dulu gaharu memang dimanfaatkan batangnya untuk bahan wewangian saja, seperti batang yang dicincang dan digunakan sebagai bahan dasar dupa. Selain itu, kayu gaharu juga sering diolah menjadi aneka aksesoris yang biasanya dipercaya memiliki kekutan magis untuk menangkal jin dan sihir. Namun, dibalik itu semua ternyata manfaat kayu gaharu tak sebatas itu saja.Dimana kayu gaharu tersebut bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat kayu gaharu untuk kesehatan tubuh ini?

Manfaat Kayu Gaharu

Manfaat kayu Gaharu untuk Kesehatan Tubuh

Mengatasi sakit perut

Manfaat kayu gaharu yang bisa anda dapatkan yang pertama adalah sebagai obat untuk menyembuhkan sakit perut. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya adalah dengan membuat teh dengan bahan dasar batang kayu gaharu yang sudah dicincang dan dikeringkan terlebih dahulu. Minuman tersebut dipercaya akan mampu mengatasi berbagai penyakit perut akiba masuk angin, diare dan juga sembelit.

Baca Juga  10 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal

Penyakit ginjal juga bisa diatasi dengan memanfaatkan obat herbal berbahan dasar kayu gaharu ini. Buatlah teh dari seduhan batang kayu gaharu dan minumlah ramuan tersebut secara teratur setiap hari. Tak penyakit ginjal yang masih dini, yang sudah kronis pun bisa diobati dengan teh kayu gaharu ini, seperti gagal ginjal dan batu ginjal.

Mencegah penuaan dini

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, kayu gaharu juga bisa bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya bisa mencegah penuaan dini. Limbah penyulingan kayu gaharu akan dapat menghasilkan minyak astiri. Minyak inilah yang memiliki peranan penting dalam mencegah penuaan dini, sekaligus juga melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Seseorang yang menderita penyakit kanker, memiliki kemungkinan untuk sembuh yang tidak banyak. Sebagai obatnya, anda bisa memanfaatkan batang kayu gaharu untuk mencegah penyakit kanker, khususnya kanker usus. Tak hanya itu, penelitian telah membuktikan bahwasannya batang kayu gaharu ini memiliki kandungan yang mampu membubuh sel kanker.

Baca Juga  Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Tubuh

Mencegah tumor

Selain kanker, penykit tumor sekalipun bisa disembuhkan dengan memanfaatkan kayu gaharu ini. Didalam batang kayu gaharu mengandung flavonoid yang memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan tingkat sel. Untuk itu, gunakan manfaat kayu gaharu ini untuk mencegah penyakit tumor sebelum terlambat.

Merilekskan pikiran

Karena bau yang ditimbulkan dari batang kayu gaharu ini, sehingga mampu memberikan rasa rileks kepada siapapun yang menghirupnya. Bau harum tersebut bakal membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan suasana hati pun lebih bahagia. Seduhlah batang kayu gaharu ini dan hiruplah aroma harum menenangkan yang dihasilkannya.

Mengobati Asma

Memang sangat banyak sekali manfaat kayu gaharu ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita tubuh. Penyakit Asma juga bisa mencegah sekaligus mengobati penyakit pernapasan, terutama panyakit asma. Hal yang demikian ini dikarenakan batang kayu gaharu memiliki sifat anti asmatik yang bakal memperlancar melegakan kembali pernapasan penderita asma.

Demikian tadi segudang manfaat kayu gaharu untuk kesehatan tubuh yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Advertisement
error: