Segudang Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Advertisement

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil – Sebagai masyarakat Indonesia pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis kacang – kacangan yang satu ini yakni Edamame. Edamame memiliki warna hijau muda dan tampak segar dan memiliki rasa cukup khas. Rasanya yang enal tersebut sangat cocok untuk dijadikan camilan sehari – hari diwaktu santai. Biasanya masyarakat akan terlebih dahulu mengolahnya sebelum akhirnya dikonsumsi sebagai cemilan enak sekaligus menyehatkan. Pengolahannya pun sangat mudah, yakni anda tinggal memisahkan biji dari kulitnya kemudian merebusnya dengan menambahkan sedikit garam sebagai penyedap rasa. Tiriskan lalu diamkan sampai agak dingin, kemudian anda bisa langsung mengkonsumsinya. Selain di rebus, kadang kalanya ada yang mengolahnya dengan cara dikukus.

Tak hanya memiliki rasa yang cukup unik saja, Edamame ternyata juga memiliki banyak sekali kandungan dan bermanfaat untuk tubuh terutama untuk ibu hamil. Kandungan yang ada didalamnya sudah terbukti mampu memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Lantas, apa saja manfaat edamame untuk ibu hamil tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwasannya jenis kacang – kacangan satu ini memang memiliki banyak sekali kandungan yang sangat dibutuhkan tubuh, khususnya ibu hamil. Beberapa kandungan yang baik tersebut, antara lain Asam Folat, Vitamin A, Protein, Vitamin B, dan juga Kalsium. Tak hanya itu saja, dengan rutin mengkonsumsinya kita juga bisa mendapatkan yang namanya Zat Besi dan Seng, dimana zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga  Segudang Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Nah, pada ibu hamil Asam Folat adalah salah satu zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa mencegah cacat tabung saraf. Lebih buruknya lagi cacat tabung saraf tersebut biasanya akan menyebabkan pertumbuhan otak bayi tidak normal. Anda tentunya tak menginginkan hal tersebut terjadi pada bayi anda, bukan? Untuk itu, konsumsi Edamame ini sebagai langkah pencegahan hal tersebut.

Selain itu, zat protein juga sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil. Ini karena Asam Amino yang menyusun protein akan sangat berguna untuk pertubuhan dan perkembangan sel – sel tubuh ibu dan bayi. Dalam edamame terdapat kandungan ini, jadi anda bisa mengkonsumsi edamame tersebut untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Didalam Edamame juga terdapat antioksidan isoflavon dan saponin yang memiliki manfaat mampu melindungi ibu dan janin dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan kandungan. Selain itu, kandungan didalam edamame tersebut juga membantu mengurangi resiko ibu hamil terkena osteoporosis yang biasanya disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi kalsium.

Baca Juga  10 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain beberapa manfaat yang sangat luar biasa dari edamame untuk ibu hamil diatas, pengkonsumsian yang kurang tepat malah akan menjadi petaka bagi ibu hamil. Pengkonsumsian yang kurang tepat tersebu adalah terlalu banyak mengkonsumsinya. Ketika ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi edamame maka yang akan terjadi adalah berkurangnya daya penyerapan kalsium, seng, zat besi, dan mahnesium, dimana kandungan tersebut sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Hal tersebut disebabkan karena didalam edamame juga terdapat kandungan Asam Fitat yang berperan sebagai zat yang melawan merkuri yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Tak hanya itu saja, mengkonsumsi edamame dengan jumlah besar juga akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil, yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan hormon progesteron estrogen yang berperan sebagai penjaga kesehatan kandungan.

Advertisement

Jadi, kesimpulannya adalah konsumsilah edamame tersebut dengan jumlah yang pas, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit. Dengan bergitu manfaat edamame untuk ibu hamil bisa dengan sukses didapatkan.

error: