Segudang Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Advertisement

Manfaat Daun Sirih untuk Mata – Mata adalah salah sau organ vital pada tubuh yang memiliki peranan sangat penting untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Dengan adanya mata, maka kita bisa bebas melakukan aktifitas apapun tanpa harus ada kendala. Dengan mata juga kita bisa menikmati indahnya ciptaan tuhan. Karena fungsi yang sangat penting inilah, kita harus lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan mata.

Kadangkalanya manusia tak selamanya diciptakan sempurna. Ada segilintir dari mereka dianugrahi dengan bagian tubuh yang kurang sempurna, salah satunya papa mata. Ada sebagian dari mereka yang memiliki kecacatan pada matanya, seperti buta, mata yang tidak sempurna, atau bahkan kelopa mata yang menutup seluruh bagian mata. Meskipun demikian, ada pula masalah pada mata yang di derita karena suatu hal dan bukan dari lahir, seperti mata minus, katarak, atau bahkan kebutuhan permanen. Nah, untuk bisa menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai masalah adalah dengan memanfaatkan salah satu bahan alami yakni daun sirih. Lantas, apa saja manfaat daun sirih untuk mata ini?

Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Seperti yang sudah kami bagikan diatas, daun sirih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Berikut cara pemanfaatan daun sirih hiaju untuk mengobati penyakit mata :

Baca Juga  7 Tanaman Obat untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Advertisement
  • Langkah pertama siapkan saja daun sirih hijau sebanyak 6 lembar saja, lalu cuci bersih dengan air biasa.
  • Setelah itu, rebuslah dengan 2 gelas air bersih dengan api sedang hingga mendidih. Jangan lupa menambahkan garam juga.
  • Setelah mendidih, selanjutnya anda angkat dan biarkan saja sampai dingin.
  • Selanjutnya setelah dingin, anda saring rebusan daun sirih menggunakan saringan dengan filter halus. Ini supaya hasil saringannya lebih bersih.
  • Dan terakhir untuk pengaplikasiannya adalah dengan meneteskan air rebusan tadi pada mata lalu kedip-kedipkan layaknya memakai obat tetes yang biasanya dibeli dari apotik. Sangat disarankan anda melakukan pengobatan ini setiap pagi dan malam hari agar manfaatnya bisa lebih optimal.

Selain cara diatas masih ada lagi cara lain untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirih untuk mata yang bisa anda terapkan. Simak langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama siapkan saja daun sirih yang masih segar sebanyak 4-5 lembar, lalu cuci hingga bersih.
  • Kemudian rendamlah daun sirih tersebut bersama setengah gelas air panas yang sudah didihkan terlebih dahulu.
  • Tunggulah rendaman daun sirih sampai agak dingin, kemudian remas – remaslah hingga rendaman daun sirih hancur.
  • Selanjutnya, saringlah air rendaman daun sirih tersebut dengan saringan halus. Gunakan saja saringan air daun sirih sebagai obat tetes mata. Lakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari secara teratur dengan dosis 2-3 tetes dalam setiap pemakian.
Baca Juga  Segudang Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Jika cara diatas adalah pemanfaatan daun sirih hijau untuk kesehatan mata, kali ini berbeda yakni menfaat daun sirih merah untuk kesehatan mata. Daun sirih merah dipercaya ampuh mengatasi iritasi dan sakit pada mata. Untuk langkah-langkah pemanfaatannyam silahkan simak dibawah ini :

  • Langkah pertama siapkan daun sirih merah yang masih segar dan muda sebanyak 4-5 lembar, kemudian cuci hingga bersih dengan air mengalir.
  • Selanjutnya rebuslah daun sirih bersama 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja.
  • Selanjutnya untuk bisa mendapatkan manfaat dari air rebusan daun sirih merah, silahkan anda gunakan kain lembut lalu celupkan pada air rebusan. Usapkan saja secara perlahan pada mata yang sakit.
  • Lakukan pengobatan ini secara teratur sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Dengan menerapkan beberapa cara diatas, nantinya mata yang mengalami masalah akan bisa segera teratasi. Yang terpenting disini adalah melakukan pengobatan diatas secara teratur dan konsisten.

Demikian tadi informasi manfaat daun sirih untuk mata yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.