Manfaat Daun Pandan

Luar Biasa! Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pandan – Di Indonesia sendiri daun pandan memang sangat populer dan sering sekali dibuat bahan untuk campuran masakan dan kue. Aromanya yang khas membuat olahan makanan menjadi lebih lezat dan membangkitkan selera. Tapi tahukah Anda sebenarnya ada manfaat tersembunyi daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan? Ya, daun pandan memang memiliki kandungan penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh, mulai dari mencegah berbagai penyakit sebagai obat alami beberapa penyakit, hingga untuk kecantikan.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pandan ini juga sangat mudah, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menjadikannya ramuan. Atau juga hanya sekedar memanfaatkan air rebusannya saja. Tetapi, untuk informasi lebih jelasnya mengenai manfaat daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan, silahkan simak informasinya dibawah ini.

Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengatasi Rematik

Manfaat daun pandan pertama adalah sebagai cara untuk mengatasi rematik. Daun pandan memang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit pada penderita rematik. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda tinggal menyiapkan 3 lembar daun pandan lalu mengirisnya tipis-tipis. Setelah itu, seduh irisan daun pandan tersebut dengan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Diamkan hingga irisan daun pandan layu dan dingin. Selanjutnya balurkan saja ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat rematik.

Baca Juga  Segudang Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan

Menurunkan Demam

Mungkin sebagian dari Anda masih belum tahu ternyata daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk obat penurun panas. Ya, kandungan yang ada didalamnya memang sangat mampu menurunkan panas tubuh secara perlahan. Cara mendapatkan manfaat daun pandan untuk penurun panas ini adalah sengan menyeduh secukupnya daun pandan dengan air panas. Kemudian minumlah air seduhan tersebut.

Mencegah Kanker

Tak hanya penyakit ringan saja yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun panda ini. Penyakit berat sekelas kanker pun juga bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi teh daun pandan ini. Ya, teh daun pandan memang bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan racun-racun penyebab kanker. Selain itu, teh daun pandan ini juga mampu menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama tumbuhnya penyakit kanker.

Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Seperti yang sudah kami singgung diatas, daun pandan juga bermanfaat untuk kecantikan. Daun pandan sendiri dipercaya mampu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Untuk mendapatkan khasiatnya, kita tinggal menumbuk daun pandan secukupnya kemudian mengoleskannya dikepala. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan treatment ini secara rutin di pagi hari untuk mencegah kerontokan rambut yang semakin parah.

Baca Juga  Segudang Manfaat Daun Sirih untuk Mata

Mengobati Panu

Panu memang selalu sukses membuat siapa saja tidak pede saat berada di muka umum. Ya, penampilan akan menjadi tak menarik lagi saat ada warna kulit yang tidak merata muncul dbeberapa bagian tubuh. Selain itu, panu juga sering menimbulkan rasa gatal sehingga membuat penderitanya kurang nyaman.

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan daun pandan ini. Caranya, haluskan beberapa helai daun pandan kemudian peras airnya. Setelah itu, campurkan air perasan daun pandan tersebut dengan sedikit garam. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 1 kali sehari, selama 3 hari berturut-turut.

Mengatasi Insomnia

Anda yang sering sekali mengalami susah tidur atau yang sering disebut dengan Insomnia, bisa memanfaatkan daun pandan ini untuk mengatasinya. Didalam daun pandan ini sendiri terdapat kandungan alkaloid yang bermanfaat sebagai pemberi efek tenang pada tubuh. Untuk itu, dengan rutin mengkonsumsi daun pandan yang dibuat teh, maka akan membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang dan tidur lebih lelap.

Demikian tadi informasi manfaat daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.