Tanaman Hias Bunga Lotus, Manfaat dan Cara Merawatnya

Advertisement

Setelah sebelumnya diulas mengenai tanaman hias air tawar untuk dijadikan tanaman hias aquarium, kali ini akan dibahas khusus mengenai salah satu jenis tanaman hias air yang cukup populer, banyak orang menganggap bunga ini sama atau serupa dengan bunga teratai air. Namun, kenyataannya tanaman hias air ini dan tanaman teratai air memiliki perbedaan. Tanaman yang dimaksud adalah tanaman lotus.

Jika anda memperhatikan secara seksama pada kedua tanaman hias air tersebut, anda akan mendapatkan perbedaan yang nampak jelas diantara kedua tanaman ini. Tangkai pada tanaman bunga lotus  menjuntai dengan ukuran yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga teratai. Selain itu tangkai dari Bunga Lotus lebih kuat dibandingkan tangkai pada bunga teratai. Bagian daun pun begitu, jika diperhatikan dengan baik anda akan melihat daun pada bunga teratai tahan air (waterproof), sedangkan bunga lotus tidak tahan air.

Tanaman lotus atau yang dikenal juga dengan bunga seroja merupakan salah satu jenis tanaman hias air yang keindahannya berasal dari keindahan daun dan bunganya. Selain itu bunga lotus (Nelumbo nucifera) kerap digunakan sebagai simbol dalam agama Hindu maupun Budha.Tanaman ini aslinya berasal dari India, sehingga tidak mengherankan apabila dijadikan sebagai llambang negara India. Tanaman hias ini juga dinamai Indian lotus, sacred lotus, dan bean of India. Nama Latin dari Bunga Seroja adalah Nelumbo nucifera Gaertn., yang mempunyai beberapa nama sinonim diantaranya adalah; Nelumbium nuciferum Gaertn., Nelumbo caspicaFisch., Nelumbo komarovii Grossh., Nelumbo speciosa Willd., dan Nymphaea nelumbo L.

tanaman-hias-air-bunga-lotus
Bunga Lotus

Keunikan dari tanaman ini adalah bunganya yang terbuka di pagi hari dan menutup pada malam hari. Lotus dijadikan sebagai simbol matahari, kelahiran kembali dan penciptaan di Mesir kuno karena perilaku yang tidak biasa ini yang menandai awal dan akhir hari. Beberapa daun dari bunga lotus atau seroja ini terendam, sementara daun yang lain mengapung di permukaan air. Daun dari tanaman hias air ini dilengkapi dengan kantong udara (dalam jaringan) yang mnjaganya tetap terapung.

Baca Juga  10 Manfaat Tanaman Hias Lidah Buaya untuk Kesehatan

Tanaman ini tergolong mempunyai beraneka ragam jenis yang berbeda-beda dari bentuk daun dan bunganya. Akan tetapi yang paling sering kita jumpai dan paling umum ditanam yakni bunga lotus pink dan bunga lotus putih. Bagian dari  bunga lotus pada umumnya terdiri dari selapis kelopak bunga, namun ada juga  jenis lotus dengan kelopak bunga jamak. Seperti tanaman bunga lainnya, bunga lotus juga memiliki putik bunga serta benang sari untuk penyerbukan untuk menghasilkan buah lotus, bahkan baik biji dan batang lotus dapat konsumsi.

Advertisement

Manfaat Lotus

Selain indah dipandang, ternyata tanaman hias air tawar ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Tanaman hias bunga lotus diyakini memiliki manfaat sebagai bahan antioksidan, sebagai agen Hepatoprotection, Obat anti diabetes, sebagai agen Immunomodulation hingga membantu mencegah obesitas. Tanaman bunga seroja atau lotus sering kali dimanfaatkan sebagai tanaman hias penghias kolam. Rimpangnya dapat dimakan, bijinya dapat diolah menjadi tepung untuk bahan makanan.

Cara Merawat Bunga Lotus

Tanaman bunga lotus adalah tanaman air yang menyukai atau pas dengan media tanam yang berlumpur da tergenang air. Tanaman jenis ini juga menyukai sinar matahari, sehingga untuk penempatannya harus betul-betul diperhatikan agar tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik Sediakan pula pot atau media yang berlumpur.

Untuk media tanamannya gunakan campuran dari pasir, tanah dan pupuk kompos yang sudah jadi dengan perbandingan komposisi antara ketiga campuran tersebut adalah 1:1:1. Untuk menanam bunga Seroja kita bisa menanam dari biji atau mengambil rimpang dari tanaman hias bunga lotus tersebut.

Hal yang harus dilakukan selanjutnya setelah menanam tanaman hias bunga lotus adalah melakukan tindakan perawatan. Perawatan bisa anda lakukan dengan memperhatikan pemberian pupuk secara rutin dan berkala, pemupukan dapat anda lakukan melalui daun dengan cara disemprotkan ataupun melalui penambahan pupuk cair pada media tanamnya.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Keladi Hias Red Star

Bentuk perawatan lain selain pemupukan adalah dengan melakukan pemangkasan batang dan daun. Pemangkasan dilakukan dengan cara menyingkirkan daun-daun dari tanaman lotus yang sudah mulai layu dan mati. Dengan pemangkasan tersebut, daun tanaman hias air tawar iniakan membuatnya tetap terlihat cantik bahkan jika ia belum berbunga.

Agar pertumbuhan tanaman ini optimal, hal urgen lainnya yang harus anda perhatikan adalah dengan memperhatikan kondisi akar pada media tanam. Jika sudah cukup penuh maka perlu dilakukan repotting atau penggantian media dan pot. Akar-akar yang sudah terlihat tua dan sudah mati baiknya dibuang atau dihilangkan dan sisakan akar yang masih sehat dan muda. Melalui proses repotting anda akan mendapatkan rimpang yang bisa anda jadikan bibit untuk kemudian ditanam di pot lain atau tempat lain.

Karena tanaman ini ditanam pada media yang memerlukan atau mengandung air, hindarkan media tersebut dari sarang jentik nyamuk, usahakan simpan ikan-ikan kecil di media tersebut. salah satu jenis Ikan yang bisa anda pelihara bersama tanaman hias bunga Seroja adalah ikan Cupang, ikan Molly atau bisa juga ikan pedang. Cara lain bisa memberikan larutan abate secara periodik pada media tanaman lotus.

Demikian ulasan dari tanamanhiasan.com mengenai tanaman hias bunga lotus / seroja, semoga menambah wawasan dan menambahkan sedikit informasi kepada anda. Untuk info lain yang juga kami sarankan untuk anda baca adalah macam jenis tanaman hias gantung dan aneka tanaman hias kaktus.