Manfaat dan Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Rosella

Advertisement

Manfaat dan Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Rosella – Rosella merupakan salah satu tanaman hias yang hanya mengalami satu kali masa produksi dalam satu musim tumbuh. Tanaman hias yang dikenal dengan nama ilmiah Hibiscus sabdariffa Linn ini dapat tumbuh dengan subur di daerah yang memiliki iklim subtropis dan tropis dan tersebar di seluruh dunia. Tanaman hias Rosella memiliki setidaknya 100 varietas yang tersebar diseluruh dunia, namun  hanya dua varietas yang banyak dibudidayakan, yakni Altissima Webster dan Sabdariffa.

Varietas Altissima Webster ditanam untuk diambil seratnya, karena kualitas serat yang dikandungnya memang tinggi, namun bunganya tidak dapat dimanfaatkan atau tidak dapat dikonsumsi. Berbeda dengan varietas Sabdariffa yang ditanam untuk diambil kelopak bunganya yang berwarna kuning pucat atau merah. Bunga tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis olahan, seperti bahan minuman, saus sup, sari buah, asinan, salad, jeli, pudding, selai dan sebagainya. Bahkan, rosella sejak lama dikenal sebagai salah satu jenis herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Untuk itu silahkan anda simak ulasan kami kali ini mengenai manfaat dan cara budidaya tanaman hias bunga rosella, berikut ini.

Manfaat Tanaman Hias Rosella

Tanaman Rosella juga digolongkan sebagai tanaman herbal, ini dikarenakan bunga rosella memiliki berbagai macam khasiat menyembuhkan penyakit, diantara khasiat tersebut adalah:

  1. Menurut sejumlah penelitian, ekstrak kelopak bunga rosella dapat menurunkan efek hipotensif pada penderita darah tinggi karena mengandung 9,6 mg anthocyanin. Caranya dengan memberikan ekstrak daun rosella tersebut kepada penderita darah tinggi setiap hari selama kurang lebih 4 minggu. Terapi yang sama juga dapat menurunkan 11,2% tekanan darah sistolik dan 10,7% tekanan darah diastolik jika dikonsumi oleh penderita darah tinggi selama 2 minggu.
  2. Daun rosella yang dibuat jus dan dikonsumsi sebanyak 16 – 24 gram/liter/hari dapat menurunkan asam urat, natrium, fosfat, kreatinin, kalsium, tartrat dan sitrat.
  3. Senyawa fenolik yang terdapat pada kelopak bunga rosella, merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, bahkan antioksidan yang terdapat pada bunga rosella 4 kali lebih kuat dibandingkan dengan antioksidan pada daun kumis kucing. Selain fenolik, senyawa antioksidan lain yang terkandung pada rosella adalah senyawa gossipetin dan antosianin yang dapat mencegah penuaan dini, menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan mengatasi gejala diabetes.
  4. Bunga rosella mengandung zat yang dapat mengatasi kerusakan DNA sel sehingga dapat mencegah penyakit leukemia dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
  5. Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk mengurangi berat badan, dapat memanfaatkan kandungan Vitamin C yang terdapat pada bunga rosella, karena sangat efektif untuk membantu tubuh dalam melepaskan lemak serta kolesterol.
Baca Juga  Syarat untuk Memilih Tanaman Hias Indoor

Melihat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman hias bunga rosella, maka akan sangat disayangkan jika masih sedikit dari masyarakat yang membudidayakan bunga yang satu ini. Selain dijadikan tanaman hias untuk mempercantik dan memperindah rumah, kita juga dapat memperoleh manfaat yang banyak dari bunga ini untuk kesehatan. Untuk itu bagi anda yang ingin membudidayakan bunga rosella, maka berikut kami berikan cara budidaya tanaman hias bunga rosella:

Advertisement

cara-budidaya-tanaman-hias-bunga-rosella

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Rosella

  1. Buatlah lahan tanam dengan melakukan penggemburan tanah, pemberian pupuk dan pengapuran agar derajat keasaman tanah seimbang, serta membersihkan lahan dari gulma.
  2. Selain lahan tanam, siapkan pula bibit yang bisa diperoleh dari tanaman induk yang telah dewasa atau dapat dibeli di toko-toko pertanian.
  3. Jika keduanya sudah siap, lakukan penanaman dengan memasukkan 2 – 3 benih rosella pada setiap lubang tanam, atau jika benih sudah berbentuk kecambah, masukkajn 1 – 2 bibit untuk setiap lubang tanam.
  4. Agar proses pertumbuhan dapat berlangsung lebih cepat, lakukan pemupukan awal begitu selesai proses tanam.
  5. Tanaman rosella akan tumbuh dengan subur jika disiram secara rutin, diberi pupuk, dan dijauhkan dari berbagai jenis hama. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk urea pada saat tanaman berumur 3 – 8 minggu. Disaat umur tanaman 1 – 2 bulan lakukan pemupukan lanjutan dengan memberikan urea dan NPK dengan perbandingan 4 : 3 sebanyak 10 – 25 gram untuk setiap pohon.
  6. Penanggulangan hama yang umumnya terdiri atas belalang, ulat daun dan kutu dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida organik yang dibuat dari sambiloto (Andrographidis Paniculata) serta daun mimba (Azadirachta Indica), yakni dengan menumbuk kedua bahan tersebut hingga halus kemudian dicampur dengan air sebanyak 5 liter untuk setiap 100 gramnya.
  7. Bunga Rosella mulai dapat dipanen saat bijinya telah tua. Tanda kalau biji sudah tua bisa dilihat dari kulit pembungkus biji majemuk yang membelah atau sedikit terbuka dan berwarna coklat. Untuk memanen, lakukan pemetikan dengan menggunakan pisau atau gunting untuk mencegah rusaknya batang. Pemanenan dapat dilakukan sebanyak 3 – 4 kali dengan berselang sekitar 1 – 2 minggu.
Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Daun Aglaonema

Demikian ulasan mengenai Manfaat dan Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Rosella, terimakasih telah berkunjung. Semoga ulasan kami diatas bermanfaat untuk anda.