Contoh 5+ jenis Tanaman hias dan detail penjelasannya

Diposting pada

TANAMAN HIAS BIASA, GANTUNG, DAN AIR MANA YANG ANDA PILIH ?

Tanaman hias biasa adalah tanaman hias yang tumbuh serta dirawat ditempat biasa, diatas tanah, tdk digantung serta tdk hidup didalam air. Umumnya ditanam didalam pot atau di tanah di pekarangan rumah. Beberapa tipe tanaman hias biasa yang kerap ditanam ialah bonsai serta palem.

Tanaman hias gantung ialah tanaman hias yang ditanam didalam pot, namun ditempatkan di hawa melalui langkah digantung. Beberapa tanaman hias yang ditempatkan melalui langkah digantung ialah bunga anggrek, lobelia, geranium, begonia, serta fuchsia.

Tanaman hias air atau yang biasa dimaksud hidrofit ialah tumbuhan yang dapat sesuaikan diri dengan habitat perairan, baik tenggelam sejumlah atau tenggelam semua bagiannya. Tanaman hias air bisa diperlukan menjadi penghias kolam hingga tampak bertambah indah serta mengagumkan dengan kehadiran tanaman-tanaman hias air. Beberapa tanaman hias air yang disukai banyak orang diantaranya lotus atau seroja, bambu air atau equisetum, teratai, papirus air, semanggi, kiambang, azolla, apu-apu, melati air, calla lily, eceng gondok, selada air, tetepok atau telipuk, tifa, pisang air, yellow water poppy, water canna, pickerel weed, black taro, mosaic plant, serta keladi-keladian.

kamu dapat bikin cantik ruang serta halaman rumah Anda dengan beberapa nama tanaman yang tergabung ke macam-macam tanaman hias itu. Dengan kehadiran mereka, rumah Anda akan merasa lebih fresh, asri, serta indah. Tanaman hias  umumnya  mengacu pada semua tumbuhan yang  sengaja ditanam menjadi komponen taman, kebun rumah, pemercantik ruang, penghias baju, atau menjadi bunga potong (buket serta karangan bunga).

Ada sangat banyak beberapa macam tanaman hias di Indonesia. Berdasar pada macamnya, tanaman hias terdiri jadi 5 jenisnya, yaitu tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, serta tanaman hias batang. Sedang berdasar pada tempatnya, ada tanaman hias biasa, tanaman hias gantung, serta tanaman hias air.

Semua tanaman hias menimbulkan kesan-kesan indah dari sisi tubuhnya, dari mulai bunga, daun, buah, batang, serta bahkan juga pepagannya. Beberapa tanaman hias juga didapati memiliki sisi tumbuhan yang keluarkan aroma fresh untuk mengharumkan ruang, atau juga bisa ditanam untuk percantik ruang dan mengusir nyamuk serta serangga.Tanaman hias dapat ditanam diluar (outdoor) serta didalam (indoor) ruang. Tiap-tiap orang dapat menanam tanaman hias sendiri didalam atau seputar tempat tinggalnya.

BERAGAM JENIS TANAMAN HIAS
Inilah  lima Jenis tanaman hias:

  1. Tanaman hias bunga
  2. Tanaman hias batang
  3. Tanaman hias buah
  4. Tanaman hias akar
  5. Tanaman hias daun

Tanaman hias dengan tempat terdiri jadi 3, yaitu:

  • Tanaman hias gantung
  • Tanaman hias  Biasa
  • Tanaman hias air

Inilah contoh dari ke lima tipe tanaman hias itu berdasar pada grup  :

TANAMAN HIAS BUNGA

NamaPenjelasan
Bunga MawarBunga mawar diberikan nama “Ratu Bunga” karena memiliki keindahan serta kekhasan yang ciri khas. Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar di dukung dengan aromanya yang menarik. Tidak hanya anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diindentikan dengan lambang perasaan cinta pada seorang.

Bunga mawar memilik iwarna-warna yang jelas, dari mulai putih, merah, pink, serta ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan jadi beberapa macam berdasar pada tempat tumbuhnya, dari mulai Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, serta Climbing Rose. Mawar termasuk juga menjadi tanaman hias bunga yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena harga jual dari satu set tanaman, bunga potong, sampai bunga taburnya dapat mencatut angka juta-an rupiah.
Bunga AnggrekBunga Anggrek adalah tanaman hias bunga yang cukuplah popular di Indonesia. Bunga anggrek seringkali dipakai menjadi ungkapan perasaan cinta, lambang kemewahan serta keindahan saat beberapa ratus tahun. Bunga yang masuk ke suku Orchidaceae ini memiliki sangat banyak varietas dengan keindahan yang dibawa semasing variasinya.

Di Indonesia, ada seputar 5.000 – 6.000 type bunga anggrek yang menyengaja dibudidayakan atau tumbuh dengan liar. Kita dapat juga dengan gampang temukan tanaman anggrek yang di jual didalam pot pada beberapa toko tanaman. Anggrek juga biasa dipakai menjadi bunga potong. Pesona dari bunga anggrek sudah membuatnya bunga nasional Singapura serta Thailand.
BUNGA KEMBANG SEPATUkembang sepatu ialah bunga mempunyai kelopak cantik berwarna merah jelas yang tergabung dalam suku Malvaceae. Kembang sepatu ialah tanaman semak yang datang dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, kembang sepatu seringkali ditanam menjadi tanaman hias
BUNGA MELATIBunga Melati dikelompokkan menjadi tumbuhan perdu yang termasuk juga ke beberapa macam tanaman hias bunga. Tanaman merambat yang terbagi dalam seputar 200 spesies ini tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis serta hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, serta Indonesia. Melati populer akan aroma wangi yang ciri khas.

Pembudidayaan bunga melati di Indonesia telah dikerjakan lama. Bahkan juga, ada salah satunya type melati yang jadikan lambang nasional atau “puspa bangsa” yaitu melati putih (Jasminum sambac) yang melambangkan kesucian, kemurahan, serta miliki keterhubungan kuat dengan beberapa kebiasaan di banyak suku di Indonesia.
BUNGA KAMBOJAbunga kamboja dengan nama latin Plumeria. bunga kamboja di Indonesia jadikan tempat tumbuhnya memperoleh asumsi menjadi tempat keramat, seumpama di pemakaman atau beberapa tempat untuk beberapa orang yang masih tetap menjalankan ritual-ritual spesifik.
BUNGA KEMUNINGKemuning (Murraya paniculata) dapat berbunga selama tahun dengan ketinggian pohon sampai 7 mtr.. Kemuning sering ditanam menjadi tanaman hias atau tanaman pagar. Bentuk daunnya yang kecil dengan bunga terminal yang wangi jadikan kemuning semakin digemari banyak penggemar tanaman hias.
BUNGA LILYBunga Lily, atau Lilium adalah bunga musim panas yang dapat mempercantik halaman depan atau belakang rumah Anda dengan menanamnya didalam pot. Bunga lili yang telah diketahui semenjak zaman Yunani Kuno ini bukan sekedar menarik dari sisi kelopaknya, tapi juga mempunyai aroma harum yang semerbak wanginya.
BUNGA BOUGENVILLEBunga Bugenvil, adalah tanaman hias bunga yang begitu popular di semua dunia. Bunga bugenvil dibuat dari pohon kecil yang susah tumbuh tegak. Keindahan sebagai daya pikat dari bugenvil terdapat dari seludang bunganya yang memiliki warna cerah hingga mengundang perhatian beberapa orang yang memandangnya.
BUNGA MATAHARIBungan matahari dengan nama ilmiah Helianthus annuus pemercantik teras rumah karena bunga matahari termasuk juga ke beberapa macam tanaman hias bunga yang popular di Indonesia
BUNGA TULIPApakah Anda menduga jika bunga tulip datang dari Belanda? Walau sebenarnya bukan, bunga tulip adalah bunga hias yang datang dari negara Turki, atau persisnya diketemukan pada saat pemerintahan kekhilafahan Turki Utsmani. Akan tetapi penyebarannya yang cepat jadikan bunga tulip menjadi tanaman hias bunga yang malah sama dengan bunga keunikan negara Eropa, seperti Belanda
Baca Juga  Macam-Macam Tanaman Hias Gantung dengan Bunga Cantik

TANAMAN HIAS DAUN

NamaPenjelasan
AGLAONEMAsri rezeki, atau chinese evergreen meruapakan tanaman hias yang datang dari suku talas-talasan (Araceae). Sri rezeki memiliki habitat asli didalam rimba hujan tropis dengan tingkat intensitas penyinaran rendah serta kelembapan tinggi. Moderen ini, aglaonema sudah di kembangkan jadi tanaman yang begitu menarik dengan macam warna, bentuk, serta ukuran hingga membuatnya termasuk ke beberapa macam tanaman hias daun yang berlainan dari spesies alami.
KELADIKeladi atau Caladium tanaman seperti bintang dibarengi warna merah cerah serta tangkai daun berwarna merah muda belang-belang hitam. Tumbuhan penghias rumah yang satu ini termasuk juga ke tanaman yang suka pada sinar, hingga dapat ditanam serta diletakkan diluar rumah yang terserang cahaya matahari pe
DIEFFENBACHIADieffenbachia amoena yang biasa kita lihat di perkarangan rumah rumah komplek Keindahannya ada di bentuk judul serta warna daunnya yang beragam: hijau dibarengi bercak-bercak hijau serta kuning. Dieffenbachia juga dikenal menjadi daun bahagia atau bunga bahagia.
PALEMPalem atau Arecaceae ialah tanaman hias yang tahan panas matahari yang tergabung dalam anggota suku pinang-pinangan, datang dari Madagaskar serta saat ini dapat didapati dengan gampang di tanah air.
ZAMIAtanaman dollar adalah Zamioculcas adalah tanaman gurun yang bisa memvisualisasikan waktu purbakala. Karena datang dari gurun, zamia memiliki ketahanan pada hawa kering (dapat hidup maksimal pada suhu 30 – 35 celcius). Buat Anda yang ingin membudidayakan tanaman ini dapat dengan memakai tunas akarnya yang ditanam didalam pot. Tanaman hias daun zamia dapat hidup sampai lebih dari lima tahun.
CALATHEACalathea ornata memiliki nama populer prayer plant atau peacock plant. banyak dipakai menjadi tanaman hias rumahan atau tanaman hais indoor. Tanaman yang memiliki nama popular prayer plant atau peacock plant ini kantongi kecantikan pada bagiaan daunnya yang memiliki ukuran lebar dengan bentuk elips serta oval yang peka pada sinar gelap serta pada malam hari akan melipat dengan sendirinya.
SPIDER PLANTChlorophytum comosum kenapa di sebut spider plant karena pada saat batang tanamannya menyentuh tanah, ia akan mengakar alias merambat. Tanaman Spider Plant dikelompokkan ke tanaman hias gantung yang memiliki potensi untuk menyerap racun-racun beresiko yang mencemari hawa di seputar rumah Anda.
Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Tapak Dara

TANAMAN HIAS BUAH

NamaPenjelasan
CABAI PELANGIcabe rainbow buah dari tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan (Bolivian Rainbow). Cabai ini lebih kaprah ditanam menjadi tanaman hias atau dibudidayakan dengan taraf besar untuk memperoleh keuntungan.
BUAH NAGA
Hylocereus undatus Tidak hanya dikonsumsi, buah naga yang ditanam nyatanya dapat juga memberi penampilan yang menarik di mata. Awalannya, tanaman ini dibawa oleh orang Perancis serta Guyana ke Vietnam pada tahun 1870 menjadi tanaman hias serta dipandang oleh orang China serta Vietnam menjadi buah pembawa karunia.
LEMONCitrus × limon buah satu ini aroma yang lebih harum dari pada jeruk lemon lokal, dan kulitnya yang lebih tebal. Untuk rasa-rasanya, lemon impor juga memiliki perasaan yang asam, sama dengan jeruk lemon lokal.

TANAMAN HIAS AKAR

NamaPenjelasan
BonsaiTanaman bonsai yang biasa di sebut
Ampelas (Ficus ampelas)
Anting putri (Wrightia religiosa)
Asam jawa (Tamarindus indica)
Asam londo (Pithecellobium dulce)
Asam sarap (Sabinea sp.)
Azalea (Rhododendron sp.)

adalah salah satunya tanaman hias akar yang menyengaja dikerdilkan diatas pot yang dangkal, dengan arah untuk bikin miniatur dari bentuk aslinya yang besar. Arti dari nama tanaman hias akar yang satu ini, diambil dari seni tradisionil Jepang dalam pemeliharaan tanaman di pot yang dangkal.
BeringinFicus benjamina adalah salah satunya tanaman hias akar yang seringkali tumbuh di pekarangan atau juga bisa didalam pot. Berasal dari Asia serta Australia, tanaman beringin diakui mempunyai banyak manfaat salah satunya yakni dapat menangani beberapa penyakit contohnya demam, rematik, disentri dan lain-lain.

TANAMAN HIAS BATANG

NamaPenjelasan
Bambu Kuning Bambusa vulgaris var. striata dapat juga jadi pilihan untuk menghiasi sisi belakang atau depan rumah anda. Tagi ini dapat begitu pas buat anda yang suka akan estetika unik dengan lengkungan batang yang begitu indah.
KaktusCactaceae Beberapa jenis kaktus Cactaceae seringkali dipakai untuk menghiasi pekarangan atau halaman rumah. perawatan untuk tanaman hias batang yang satu ini dapat tidaklah terlalu ribet, karena kaktus ini mempunyai batang yang cukuplah tebal serta dapat untuk menaruh air dengan waktu yang cukup lumayan lama.

Jadi apa pilihan anda untuk di tanam dirumah anda ? saya rasa kita mulai dengan tanaman hias bunga dahulu , anda setuju ?