Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Geranium

Advertisement

Cara merawat tanaman hias bunga geranium – Anda pastinya sudah tidak asing dengan tanaman hias yang satu ini, pasalnya bunga ini banyak ditampilkan di berabagai macam iklan komersial yang ditayangkan di televisi. Tanaman hias bunga ini banyak dijadikan bahan utama produk lotion untuk mengusir nyamuk ataupun sebagai obat.

Karena keampuhannya sebagai tanaman hias pengusir nyamuk, maka sangat cocok apabila tanaman hias bunga geranium ini anda letakkan di dalam rumah dijadikan sebagai tanaman hias indoor, akan tetapi anda masukkan terlebih dahulu ke dalam pot sebelum meletakkannya di dalam ruangan. Nah, agar tanaman hias ini tetap dapat dengan maksimal anda peroleh manfaatnya, maka anda harus mengetahui betul cara merawatnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini, tanamanhiasan.com akan berbagi kepada anda cara merawat tanaman hias bunga geranium yang tepat dan maksimal.

Cara merawat bunga geranium di dalam ruangan

cara-merawat-tanaman-hias-bunga-geranium
Pada dasarnya, bunga geranium bukan jenis tanaman hias yang rewel dan membutuhkan perlakuan ekstra. Namun, ada beberapa hal yang tentunya harus anda lakukan untuk menjaga geranium agar dapat bertahan hidup. Beberapa hal di bawah ini akan dapat membantu anda dalam hal perawatan si geranium.

Advertisement

Lakukan penyiraman
Tanaman hias geranium memang bukanlah tanaman yang harus diberikan penyiraman secara rutin, akan tetapi anda harus tetap memperhatikan pemberian air pada tanaman ini agar tidak kering da mengakibatkannya menjadi layu. Untuk mengetahui apakah media tanam tanaman ini masih baik, Coba praktekan langkah berikut ini. Masukan satu jari anda ke dalam tanah yang menjadi media tanam bunga geranium. Kemudian cek apakah tanah tersebut terasa lembab atau tidak. Jika tidak, itu tandanya anda harus memberikan si geranium air. Ketika menyiram, jangan membuat tanah media tanam geranium terlalu gembur, bisa-bisa akar-akar geranium dapat membusuk.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Jarak dengan Mudah

Berikan pupuk kompos
Untuk mebuat tanaman hias bunga geranium tetap subur, maka anda harus memberikan pupuk kompos secara berkala karena pupuk kompos mengandung unsur hara yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Unsur hara yang dibutuhkan si geranium pun dapat terpenuhi jika kompos diberikan secara teratur.

Bersihkan dari tanaman pengganggu
Anda harus selalu memperhatikan apakah pada pot tempat anda menanam bunga geranium tidak ada tanaman pengganggu yang juga tumbuh di media tanam geranium yang anda rawat. Hal ini juga penting untuk anda perhatikan karena tanaman penganggu dapat menghambat pertumbuhan geranium. Ini dikarenakan unsur hara yang dibutuhkan geranium akan diserap oleh tanaman pengganggu seperti gulma tersebut.

Singkirkan bagian tanaman yang layu atau mati
Menghilangkan bagian tanaman geranium yang layu atau yang sudah mati dapat membuat geranium tumbuh lebih sehat. Bagian tanaman yang layu ataupun sudah mati dapat menjadi sumber penyakit bagi geranium, seperti contohnya tempat tumbuhnya jamur.

Ketika menanam geranium, atau menanam tanaman hias apapun sebenarnya satu hal yang penting adalah ketelatenan. Beberapa cara merawat bunga geranium di atas dapat berhasil jika anda telaten dalam melakukannya.

Demikian informasi singkat mengenai cara merawat tanaman hias bunga geranium, termiakasih telah berkunjung. Semoga setelah anda membaca artikel ini anda langsung mempraktikkannya pada tanaman hias bunga geranium yang ada di rumah anda.