Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Bulan

Advertisement

Tanaman hias anggrek bulan memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis. Tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman hias yang cukup banyak diganderungi para pecinta tanaman hias ataupun setiap orang yang ingin mempercantik rumah huniannya. Bunga ini banyak diminati karena keindahan dan pesonanya dihasilkan oleh bunganya yang senantiasa mekar dalam waktu yang relatif lebih lama.

cara-merawat-tanaman-hias-aggrek-bulan

Anggrek bulan

Untuk tetap mempertahankan kecantikan dan keelokan bunga yang dihasilkan anda harus pandai-pandai untuk merawat tanaman hias bunga yang satu ini. Cara merawatnya pun tidak boleh sembarangan sehingga tidak merusak bunganya dan tetap menjadikan bunga ini tumbuh sehat. Mungkin melalui cara merawat tanaman hias anggrek bulan berikut, bisa menjadi referensi untuk anda merawat tanaman hias anggrek bulan anda.

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Bulan

  1. Hal yang harus anda perhatikan yang pertama adalah dengan memperhatikan letak tanaman ini anda letakkan, apakah terkena sinar matahari secara langsung atau tidak. Jenis tanaman hias ini untuk tumbuh dengan baik baiknya anda letakkan pada daerah yang teduh sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  2. Anda juga harus memperhatikan warna daun dari tanaman hias anggrek bulan.  Jika warna daun yang diilikinya berwarna hijau segar, itu berarti sinar matahari cukup. Jika wana daun hijau pucat kekuningan, berarti intensitas sinar matahari yang diterimanya kurang. Akan tetapi, jika daun berwarana kecoklatan, ini berarti anggrek bulan terlalu banyak menerima sinar matahari.
  3. Proses penyiraman bisa anda lakukan sebanyak 1 kali sehari. sebaiknya anda menggunakan air bersih yang kemudian dimasukkan kedalam wadah semprot dan anda semprotkan ke tanaman anggrek bulan.
  4. Pemberian pupuk bisa anda lakukan setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk yang mempunyai kandungan kalsium, phospor dan kalium. Pupuk dilarutkan dlam air, kemudian disiramkan pada tanaman. Pemberian pupuk daun juga perlu diberikan, dengan cara disemprotkan.
  5. Untuk menghindari tanaman ini terkena hama dan jamur, sebaiknya anda melakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida dan fungisida setiap 2 minggu sekali.
  6. Ketika anda melihat media tanamnya ditumbuhi lumut, ada baiknya anda melakukan penggantian media tanam, karena media tanam yang telah ditumbuhi lumut bisa menghambat pertumbuhan anggrek bulan.
Advertisement

Bagaimana, cukup mudah bukan cara merawat tanaman hias anggrek bulan? semoga postingan kali ini menambah wawasan dan informasi bagi anda untuk merawat tanaman hias anda agar tetap menghasilkan bunga yang cantik dan menawan.

error: