Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Melati di Dalam Pot

Advertisement

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Melati di Dalam PotTanamanhiasan.com kembali akan membagikan postingan menarik untuk anda pecinta tanaman hias. Kali ini akan dibahas mengenai Cara menanam tanaman hias bunga melati di dalam pot. Tanaman hias bunga melati atau dalam nama latinnya disebut Jasminum sambac sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pelengkap dalam upacara-upacara adat, ataupun dimanfaatkan sebagai pengharum baik untuk makanan, pakaian atau ruangan. Bau bunga melati yang segar, membuat kita akan merasakan ketenangan fikiran sehingga dapat juga dijadikan obat terapi.

Bunga melati bisa dengan mudah anda peroleh atau dapatkan di pasar-pasar tradisional. Namun, jika ingin lebih mudah tidak ada salahnya jika anda yang menanamnya sendiri di dalam pot di rumah anda untuk dijadikan penghias ruangan dan juga mampu memberikan aroma segar pada rumah anda. Nah, jika anda masih bingung bagaimana cara menanam tanaman hias bunga melati di dalam pot, simak saja langkahnya dibawah ini.

cara-menanam-tanaman-hias-bunga-melati-di-dalam-pot

Advertisement

Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Melati di Dalam Pot

  1. Langkah pertama adalah, menyiapkan pecahan batu merah atau pecahan genting. Batu merah atau pecahan genting ini, nantinya sebagai wadah untuk mengikat air di dasar pot. Campuran umum; pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian dan 1/3 bagian pupuk kandang. Campuran untuk jenis kering; pasir ½ bagian, dan ½ bagian pupuk kandang. Campuran untuk jenis lembab; adalah ½ tanah dan ½ pupuk kandang.
  2. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian potnya, kemudian masukan bibit melati, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stress saat berpindah dan beradaptasi dengan tempat atau media baru. Usahakan tambahkan lagi media tanam, tekan media perlahan lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. Pot jangan disi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah ketika melakukan penyiraman. Setelah tanaman dipotkan, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakan pada tempat yang diinginkan, tapi diusahan simpan dulu ditempat yang lembab tapi ada sinar matahari selama beberapa hari untuk mempercepat pertumbuhan.
  3. Pada tanaman melati, pemangkasan bentuk dilakukan untuk keperluan melati pot atau taman. Bunga melati dipangkas bagian cabang dan ranting-rantingnya secara cermat akan terbentuk tanaman yang mempunyai kanopi yang serasi terhadap ukuran pot dan wadahnya dengan jumlah bunga banyak.
Tanaman hias bunga melati yang masih produktif, dapat dilakukan pemangkasan pucuk setelah panen bunga selesai. Hal tersebut dimaksudkan untuk merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru lebih cepat sehingga waktu berbunganya lebih awal.
Demikian postingan mengenai Cara Menanam Tanaman Hias Bunga Melati di Dalam Pot, semoga tulisan ini beranfaat untuk anda. Terimakasih telah berkunjung.