Cara Menanam Sawi di Polybag Paling Mudah dan Hemat

Advertisement

Cara Menanam Saei di Polybag – Untuk cara menanam sawi di polybag ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, bahkan yang untuk anda yang masih pemula sekalipun. Hal ini dikarenakan metode untuk penanaman sawi ini tidaklah rumit. Meski begitu, tentu ada beberapa faktor pendukung yang harus anda terapkan guna menajadikan hasil budidaya sawi yang lebih berkuaitas. Salah satu faktor terpenting dalam menanam sawi agar berkualitas baik adalah bibit tanaman yang digunakan. Disini bibit memang sangat penting untuk hasilkan tanaman sawi yang berkualitas baik.

Bibit sawi yang berpredikat unggul, tentu berpeluang lebih besar hasilkan sawi yang bagus, dibanding dengan memilih bibit sembarangan. Dengan pemilihan bibit unggul ini juga, anda bisa berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, jika memang penanaman sawi ini dilakukan dalam skala besar dan sebagai sarana bisnis.

Namun, tak bisa dipungkiri masih banyak orang yang masih belum tahu betul bagaimana cara menanam sawi di polybag yang baik dan benar. Untuk itu, akan kami bahas dibawah ini beberapa langkah mudahnya untuk anda.

Cara Menanam Sawi di Polybag

Cara Menanam Sawi di Polybag Paling Mudah dan Hemat

Pemilihan bibit

Seperti yang sudah disinggung diatas, langkah pertama untuk bisa menghasilkan tanaman sawi yang berkualitas baik, dibutuhkan pemilihan bibit yang baik pula. Bibit sawi yang bisa dibilang memiliki kualitas baik dan merupakan bibit unggul adalah memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Bibit memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk bulat sempurna.
  • Bibit memiliki warna kulit kecoklatan dan mendakati warna hitam.
  • Pada kulitnya, bibit sawi yang baik ini mengkilap dan agak licin.
Baca Juga  Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag yang Mudah

Usahakan dalam pemilihan bibit sawi memiliki kriteria yang sudah kami sebutkan diatas. Dengan begitu, maka peluang untuk mendapatkan hasil sawi yang berkualitas bagus akan lebih besar.

Advertisement

Penyemaian bibit

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan dalam cara menanam sawi dalam polybag ini yaitu dengan melakukan penyemaian bibit. Bibit yang sudah anda pilih tadi bisa langsung anda semai pada media semai yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk media semainya ini, anda bisa menggunakan polybag dengan ukuran diameter sekitar 15cm yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. Ini bertujuan agar bibit bisa tumbuh lebih cepat dan sempurna.

Setelah bibti disemai pada media semai, silahkan anda lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari. Namun yang perlu diingat, jangan menyiram bibit dengan kapasitas yang terlalu banyak (terlalu becek), karena hal tersebut akan membuat bibit menjadi busuk.

Pemindahan bibit

Selanjutnya adalah melakukan pemindahan bibit ke media tanamnya. Untuk bibit yang siap dipindahkan, ketika bibit sudah berumur 3-4 minggu setelah penyemaian. Sebelum melakukan pemindahan, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu media tanamnya yakni polybag yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Jagung yang Biak dan benar

Cabutlah bibit dari tempat penyemaian dengan hati-hati lalu masukkan pada polybag yang sudah dipersiapkan dan diberi lubang kecil sebelumnya. Untuk pencabutan diusahakan dilakukan dengan sangat hati-hati supaya akar bibit tidak terputus.

Setelah selesai ditanam, lakukanlah penyiraman secara rutin pagi dan sore hari. Jangan lupa juga memberikan pupuk organik selama 1 minggu sekali supaya bibit bisa tumbuh lebih subur.

Pemanenan sawi

Ini adalah suatu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh beberapa petani sawi yakni pemanenan. Untuk pemanenan sawi sendiri, bisa dilakukan ketika sawi menginjak umur sekitar 2 bulan. Untuk cara pemanenannya, ada 3 metode, diantaranya langsung mencabut sawi beserta akar-akarnya, hanya memotong batang sawi bagian atasnya saja, dan hanya memetik daunya saja. Untuk pemanenan dengan memetik daunnya saja ini, biasanya akan membuat sawi tumbuh lama, sehingga yang demikian ini tidak memerlukan proses penanaman ulang.

Demikian tadi cara menanam sawi di polybag paling mudah dan hemat yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat.