Cara Menanam Melon dalam Polybag

Advertisement

Cara Menanam Melon dalam Polybag – Melon atau yang memiliki nama latin Cucumis melo L. Ini adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis dengan daging buah berwarna putih kehijauan hingga merah. Buah melon ini biasanya dijadikan sebagai penutup makanan yang senantiasa berada diatas meja. Buah melon dipilih karena memang selain rasanya yang enak dan menyegarkan, juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi tubuh.

Tanaman melon memiliki ciri tumbuh menjalar dengan daun berbentuk menjari, sehingga yang demikian ini cukup mudah untuk dibudidayakan, bahkan bagi anda yang memiliki lahan sempit sekalipun. Buah melon memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, sehingga tak heran banyak orang yang mencoba untuk membudidayakannya sebagai sarana bisnis. Menariknya lagi, tanaman melon bisa tumbuh baik meski ditanam pada polybag, sehingga bisa menjadi alternatif bagi pembudidaya yang hanya memiliki lahan yang cukup sempit. Namun, tentunya ada beberapa cara tersendiri untuk bisa menanam melon dalam polybag ini.

Bagi anda yang tertarik untuk berbudidaya tanaman melon di polybag, namun tidak tahu cara untuk memulainya, anda tak perlu khawatir. Karena pada artikel kali ini kami sudah merangkumkannya untuk anda. Berikut cara menanam melon dalam polybag yang bisa anda contoh dan terapkan.

Cara Menanam Melon dalam Polybag

Cara Menanam Melon dalam polybag

Sebelum kita memulai cara menanam melon dalam polybag, ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang perlu anda persiapkan antara lain :

  • Polybag berukuran 40 x 50 cm
  • Lahan pekarangan. Sebaiknya anda bersihkan lahan terlebih dahulu dari rumput liar.
  • Ajir dari bambu berukuran panjang 1,5 – 2 meter.
  • Pupuk kandang
Baca Juga  Cara budidaya Tanaman Kopi yang Mudah

Setelah bahan diatas sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah memulai cara menanam melon dalam polybag ini. Berikut langkah-langkahnya :

Advertisement

Persiapan bibit dan media tanam

Langkah pertama pada cara menanam melon dalam polybag ini yaitu mempersiapkan bibit dan media tanamnya. Silahkan anda beli benih di toko tanaman, lalu rendam dalam air yang sudah dicampurkan cairan fungisida selama kurang lebih 1 malam. Setelah itu, tiriskan benih dan letakkan pada ruang gelap. Biarkan benih di ruang tersebut hingga berkecambah atau ketika berdaun 4 sebelum nantinya dipindahkan pada polybag semai. Sebelumnya, siapkan media semainya yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Pindahkan benih yang sudah berkecambah ke dalam media semai. Siram benih setidaknya 2 hari sekali agar benih bisa cepat tumbuh.

Selain itu, siapkan juga media tanamnya untuk tanaman melonnya. Silahkan siapkan polybag lalu isi dengan campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 2 : 3. Tambahkan juga campuran 5 gram Furadan, 20 gram NPK, dan 1 liter humic acid yang sudah diaduk rata.

Baca Juga  Tanaman Hias Bunga Lotus, Manfaat dan Cara Merawatnya

Penanaman bibit

Bibit yang siapk ditanam pada media tanam adalah ketika sudah berumur 2-3 sejak dilakukan penyemaian atau sudah mencapai ukuran 10 cm. Sebelum bibit dipindahkan, sebaiknya siram terlebih dahulu media tanam agar lebih mudah saat menanam bibitnya. Waktu terbaik untuk penanaman bibit ini yaitu pada saat matahari mulai terang. Bisa pagi atau sore hari.

Pemasangan ajir

Pemasangan ajir bisa anda lakukan ketika tanaman sudah mulai menjalar atau ketika sudah mencapai usia 5-8 hari setelah penanaman.

Perawatan tanaman

Selanjutnya adalah melakukan perawatan pada tanaman. Perawatan tanaman sendiri meliputi, pemangkasan, pemupukan susulan, pengendalian hama dan penyakit, dan juga pengairan. Beberapa perawatan ini sangat penting untuk dilakukan, agar tanaman nantinya bisa menghasilkan buah yang banyak serta berkualitas baik.

Pemanenan

Buah melon yang sudah bisa dipanen, biasanya memiliki ciri-ciri khusus, seperti warna kulit buah yang mulai memutih atau kulit buah berwarna kekuningan, terdapat cincin atau lingakaran retak-retak pada tangkai buah dan tercium aroma harum dari melon itu sendiri.

Demikian tadi cara menanam melon dalam polybag yang bisa anda coba praktekkan di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat.