Cara Menanam Jahe Merah

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag Atau Karung Bekas

Diposting pada

Cara Menanam Jahe Merah – Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang memiliki nilai jual cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Jahe Merah sendiri juga memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Terbukti banyak sekali produk kesehatan ternama yang menyertakan jahe merah ini sebagai kompisisinya. Inilah yang menjadikan jumlah permintaan pasar untuk jahe merah ini selalu tinggi. Melihat peluang tersebut sudah banyak orang yang memilih untuk membudidayakan jahe merah sebagai sarana bisnis sampingan.

Bagi Anda yang juga tertarik untuk budidaya jahe merah, Anda sekarang sudah bisa memulainya. Namun nyatanya, banyak orang yang memiliki kendala lahan saat akan membudidayakan jahe merah ini, mungkin juga termasuk Anda sendiri. Untuk itulah, pemanfaatan polybag atau karung bekas bisa lakukan untuk hal menanam jahe merah ini. Namun untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi cara menanam jahe merah dalam polybag atau karung bekas berikut ini.

Cara Menanam Jahe Merah

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Polybag atau Karung Bekas

Pemilihan polybag dalam cara menanam jahe merah ini memang memiliki banyak keuntungan, seperti lebih mudah, tidak membutuhkan lahan luas, dan juga lebih efisien. Untuk memulai cara menanam jahe merah dalam polybag atau karung bekas, ada beberapa tahapan yang harus Anda terapkan. Berikut langkah-langkahnya :

Menyiapkan media tanam jahe merah

Cara menanam jahe merah yang pertama harus Anda lakukan adalah menyiapkan media tanamnya. Siapkan saja poybag atau bisa juga memanfaatkan karung bekas yang pastinya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah. Setelah itu, isi dengan media tanamnya yang merupakan campuran dari tanah, pasir dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1. Untuk pupuk organik sendiri, Anda bisa memanfaatkan pupuk kandang yang sudah difermentasi. Jika memang pH tanah terlalu asam, Anda bisa menambahkan kapur pertanian untuk menetralkannya.

Baca Juga  Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Menyiapkan bibit jahe merah

Langkah selanjutnya dalam cara menanam jahe merah dalam polybag atau karung bekas adalah memilih bibit jahe merahnya. Perlu diingat, dalam memilih bibit jahe merah haruslah yang memiliki kualitas dan mutu tinggi. Karena kualitas bibit akan menentukan hasil panen jahe merahnya nanti. Untuk ciri-ciri bibit jahe merah berkualitas baik antara lain, sudah tua, terbebas dari segala macam penyakit, warnanya cerah dan juga tidak terdapat luka.

Setelah bibit dipilih, selanjutnya adalah merendam bibit jahe merah dengan larutan fungisida. Perendaman ini bertujuan untuk menghindarkan jamur dan bakteri menempel pada bibit jahe. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah penyemaian. Siapkan jerami dan taruhlah bibit jahe merah diatasnya, lalu kemudian tutup kembali dengan jerami. Penyemaian ini dilakukan diruang yang tertutup yang tidak terkena sinar matahari. Pengontrolan harus dilakukan selama proses penyemaian. Dan jika dirasa media penyemaian terlalu kering, Anda bisa menyiramnya sedikit-demi sedikit hingga menjadi lembab. Biasa proses bibit akan tumbuh tunas ini sekitar 2 minggu.

Menanam jahe merah pada media tanam

Dan langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit jahe merah pada media tanam, dalam hal ini adalah polybag atau karung bekas. Dalam hal menanam jahe merah ini adalah hal paling krusial. Karena jika salah dalam menerapkan tekniknya, maka kegagalan dalam budidaya bisa Anda alami.

Baca Juga  Ragam Khasiat Buah Belimbing yang Harus Anda Tahu

Untuk caranya adalah dengan menancapkan bibit jahe merah dengan dengan mata tunas berada diatas, dinama bibit dalam keadaan berdiri. Beri tumpukan tanah sedikit saja, lalu tutup dengan jerami kering. Siramlah dengan air secukupnya dan letakkan bibit pada ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung hingga daunnya tumbuh.

Perawatan jahe merah

Perawatan perlu Anda lakukan untuk menjaga bibti jahe merah agar bisa tumbuh lebih cepat dan sehat. Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin di sore hari. Selain itu, lakukan juga penyiangan agar tanaman jahe merah terhindar dari gangguan gulma dan rumput liar. Tak lupa juga melakukan pemupukan susulan menggunakan pupuk organik setidaknya 2 bulan setelah penanaman.

Masa panen jahe merah

Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu dalam hal cara menanam jahe merah ini. Jahe merah bisa dipanen saat sudah berumur 10-12 bulan setelah penanaman. Namun biasanya orang akan lebih memilih menunggu hingga genap berumur satu tahun, karena dirasa pada umur tersebut jahe merah sudah dalam keadaan siap panen dan dalam kondisi terbaik.

Demikian tadi informasi cara menanam jahe merah dalam polybag atau karung bekas yang bisa kami bagikan. Semoga informasinya bermanfaat.