Cara Memupuk Tanaman Hias dalam Pot dengan Benar

Advertisement

Cara Memupuk Tanaman Hias Dalam Pot – Kebutuhan tanaman hias akan pupuk, seperti halnya dengan kebutuhan manusia dengan makanan. Boleh dibilang pupuk merupakan kebutuhan pokok yang harus diberikan kepada tanaman hias, agar asupan unsur hara yang diperlukan tanaman hias untuk tumbuh tetap terjaga. Unsur hara yang terkandung dalam pupuk ada 2 macam, yakni unsur mikro dan unsur makro. Unsur makro seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), serta Kalium (K) dalam jumlah yang cukup supaya tumbuh sehat. Hadirnya unsur Besi (Fe), Boron (Bo), Magnesium (Mg), Chlorida (Cl), serta Mangan (Mn) sebagai unsur mikro juga dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh dengan baik.

Jika tanaman hias yang anda tanam tidak mendapatkan pemberian pupuk yang rutin maka tanaman hias biasanya mengalami pertumbuhan yang lambat. Kekurangan unsur N bisa mengakibatkan daun kuning serta layu. Kekurangan unsur fosfor mengakibatkan daun jadi kering. Sebaliknya, kelebihan pupuk juga mengakibatkan kerusakan pada tanaman hias, dan buruknya dapat mengakibatkan kematian. Akan tetapi pemberian pupuk ini juga harus diperhatikan, karena jika pemberiannya terlalu berlebihan akan berpengaruh juga pada pertumbuhan tanaman hias. Jadi, mengenai masalah pemberian pupuk pada tanaman hias tidak boleh sembarangan. Untuk itu tanamanhias.com akan memberikan ulasan mengenai cara memupuk tanaman hias dalam pot yang baik dan benar

Baca Juga  Cara Membuat Kompos dari Daun
Advertisement

Cara Memupuk Tanaman Hias dalam Pot

Saat ini sendiri sudah banyak sekali pupuk majemuk yang telah jadi. Bermacam merk pupuk di jual di toko yang menjual alat-alat pertanian, kios tanaman hias, atau nurseri. Pupuk tanaman hias memiliki berbagai macam bentuk, ada yang cair, serbuk atau bubuk, serta butiran atau tablet. Bahannya ada yang organik maupun anorganik. Namun penggunannya hanya dibatasi untuk pemupukan daun serta pupuk akar.

cara-memupuk-tanaman-hias-dalam-pot

Cara penggunaan pupuk harus sesuai dengan jenis tanaman hias yang dipelihara. Tanaman hias indoor seperti aglonema, philodendron, keladi hias, serta anthurium perlu jenis pupuk yang tidak sama dengan tanaman hias outdoor seperti adenium atau euphorbia. Belum lagi fase tanaman hias yang berlainan menuntut jenis serta jumlah nutrisi tidak sama juga. Agar praktis, bisa menaburkan pupuk butiran lantaran berbentuk “slow release” dimana daya larutnya lambat hingga bisa diperlukan sesuai sama kepentingan tanaman hias. Tak hanya pupuk, ada hal yang butuh dimengerti supaya tanaman hias tumbuh subur serta sehat, yakni media tanam. Dan sebaiknya pumupukan dilakukan pada hari pada pagi hari sekitar jam 09.00-10.00 saat matahari belum terlampau panas, agar pupuk bisa optimal terserap oleh tanaman.

Baca Juga  6 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan

Mungkin demikian info singkat mengenai Cara Memupuk Tanaman Hias dalam Pot, semoga sedikit banyak memberikan informasi anda…utamanya yang sedang memelihara tanaman hias dalam pot di rumah huniannya.