Cara Membuat Kompos dari Sampah Organik yang Benar

Cara Membuat Kompos dari sampah Organik – Jika kita mendengar kata sampah, pasti pikiran kita langsung tertuju pada sesuatu yang kotor yang paling tepat untuk dibuang. Namun pada kenyataannya, sampah tak selalu menjadi hal yang patut untuk dibuang. Ada kalanya sampah bisa dimanfaatkan kembali untuk sebuah kelangsungan hidup, seperti halnya sampah organik yang bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Pupuk kompos sangat berguna untuk petumbuhan tanaman agar tumbuh lebih subur dan sehat.

Namun, untuk bisa menjadikan sampah organik menjad kompos yang baik untuk tanaman, harus melalui proses terlebih dahulu. Proses ini tentu sangat mudah dan bahkan untuk anda yang masih pemula. Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan untuk proses pembuatan kompos tersebut. Untuk sampah organiknya, anda bisa memanfaatkan dedaunan, sisa sayur, rumput, atau juga sisa pertanian. Setelah semua dipersiapkan, barulah anda bisa memulai cara membuat kompos dari sampah organik ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Kompos dari Sampah Organik

Cara Membuat Kompos dari Sampah organik yang Benar

Bahan-bahan untuk pembuatan kompos

Sebelum memulai membuat kompos dari sampah organik ini, terlebih dahulu anda menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk proses pembuatan ini. Untuk bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah sampah organiknya. Untuk sampah organik, anda bisa menggunakan daun gugur, sisa sayuran, sisa pertanian, dan rerumputan. Namun, alangkah lebih baiknya anda menggunakan sampah yang berasal dari dedaunan saja untuk hasil kompos yang lebih baik.

Baca Juga  Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Puring

Selain bahan dari sampah organik, anda juga perlu menyiapkan pupuk kandang, seperti kotoran kambing, kotoran sapi, kotoran kuda, dan lain sebagainya. Pupuk kandang ini diperlukan sebagai campuran komposnya nanti agar hasilnya lebih bagus lagi. Tak lupa juga menyiapkan larutan gula dan bakteri fermentasi yang bisa anda dapatkan dari larutan em4. Larutan tersebut bisa anda temukan dibeberapa toko pertanian.

Langkah-langah pembuatan kompos dari sampah organik

Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memulai pembuatan kompos dari sampah organik ini. Untuk langkah-langkahnya, anda bisa simak uraiannya dibawah ini :

  • Potong-potong sampah organik yang sudah kita persiapkan, seperti dedaunan gugur, sisa sayuran, rerumputan dan sampah lainnya hingga menjadi bentuk kecil-kecil. Semakin kecil ukuran sampah oraganik, maka akan semakin cepat proses pembusukannya nanti. Ini tentu juga dapat memperhemat waktu pembuatan kompos.
  • Setelah itu, campurkan bahan sampah organik yang sudah dipotong-potong tadi dengan pupuk kandang yang telah dipersiapkan. Sebagai saran, anda lebih baik menggunakan kotoran kambing untuk lebih mempermudah dalam pencampurannya nanti. Campurkan sampah organik dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1.
  • Selanjutnya, siapkan larutan gula sebanyak setengah gelas atau 100ml yang bisa anda buat dari gula pasir dan air biasa. Atau juga takaran tersebut bisa disesuaikan dengan banyak bahan yang akan dibuat.
  • Siapkan juga larutan em4 yang bisa anda sesuaikan takarannya denga yang ada dikemasan. Disana tercantum cara pemakaian takaran larutan em4 untuk bahan pembuatan kompos. Campurkan hingga merata sampai bahan menjadi lembab dan basah.
  • Setelah itu, masukkan bahan kedalam wadah. Anda bisa menggunakan bak penampung, karung atau plastik besar. Kemudian diamkan bahan hingga kurun waktu sekitar 2-3 bulan. Untuk lebih mempercepat proses fermentasi, anda bisa membolak-balik setiap 2 minggu sekali. Kalau perlu anda juga bisa memercikkan air secukupnya untuk menjaga agar tetap basah.
  • Sekarang anda bisa menggunakan kompos yang sudah anda buat sebagai pupuk tanaman anda. Denga begitu, tanaman akan tumbuh subur dan sehat.
Baca Juga  Aneka Macam Jenis Tanaman Keladi Hias

Demikian tadi cara membuat kompos dari sampah organik yang bisa anda coba praktekkan sendiri di rumah. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Tags:
    proses pembuatan kompos dari limbah organik, bagan pembuatan kompos dari limbah organik tersebut, caera bikin kompos yang benar, campuran membuat kompos yang, cara membuat kompos dari sampah organik, cara membuat kompos dari sampah sayuran, 
error: