Cara Membuat Kompos dari Kotoran Kambing

Cara Membuat Kompos dari Kotoran Kambing

Cara Membuat Kompos dari Kotoran Kambing – Tak banyak yang tahu bahwa kotoran kambing yang kelihatannya tidak bermanfaat sama sekali ternyata sangat bermanfaat untuk tanaman. Kandungan yang ada dalam kotoran kambing bisa menjadikan tumbuhan menjadi lebih subur dan cepat tumbuh besar. Namun, untuk bisa mengoptimalkannya manfaatnya, ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Bagi peternak kambing, biasanya kotoran dari ternaknya tersebut langsung dibuang pada suatu tempat lalu membakarnya. Bagi petani, hal tersebut ibarat emas yang bisa dimanfaatkan untuk tanamannya. Sudah banyak yang membuktikan, bahwa kotoran kambing ini sangat bagus untuk dijadikan pupuk tanaman. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan kotoran kambing untuk dijadikan pupuk bagi tanaman? Berikut ini akan kami bagikan cara membuat kompos dari kotoran kambing yang bisa anda coba terapkan.

Cara Membuat Kompos dari Kotoran Kambing

Cara membuat Kompos dari Kotoran Kambing

Sebelum mulai membuat kompos dari kotoran kambing, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat yang bisa didapat. Berikut daftar manfaatnya :

  • Dapat mengurangi timbunan limbah kotoran ternak
  • Mengurangi bau tak sedap yang ditimbulkan oleh kotoran ternak
  • Dapat menghilangkan kandungan patogen yang terdapat pada kotoran ternak
  • Membubuh tuntas biji-biji gulma
  • Dapat memperbaiki kualitas tanah
  • Dapat membantu melepaskan unsur hara yang langsung dapat dimanfaatkan oleh tanaman
  • Dapat mengurangi sumber polusi
Baca Juga  Serba-Serbi Tanaman Hias Minimalis

Beberapa manfaat diatas tentu tak hanya bisa didapat dari kotoran kambing saja, melainkan juga berlaku untuk kotoran hewan lain, seperti sapi, kerbau, kuda, domba dan lain-lain.

Setelah mengetahui manfaat diatas, saatnya kita bisa memulai membuat kompos dari kotoran kambing ini. Untuk langkah-langkah, simak dibawah ini :

  • Untuk cara membuat kompos dari kotoran kambing yang pertama yakni mencampurkan kotoran kambing dengan bakteri starter em4.
  • Namun sebelumnya, anda harus mengaktifkan bakteri em4-nya dengan cara mencampurkan bakteri tersebut dengan molases dan air. Untuk pencampurannya, anda bisa menerapkan perbandingan antara bakteri em4, molases dan air yaitu 1 : 1 : 100. Misalnya, 1ml em4 + 1ml molases + 100ml air.
  • Setelah tercampur rata, kemudian diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 2 hari. Ini bertujuan agar bakteri dalam em4 dapat teraktifkan secara sempurna.
  • Untuk takaran penggunaan em4 ini sudah tersedia dalam kemasan. Aturannya, liter em4 bisa digunakan untuk 1 ton bahan pupuk atau kotoran kambing. Jika anda hanya memiliki kotoran kambing yang tidak mencapai 1 ton, maka aturan takarannya diperkecil menjadi 1ml em4 untuk 1 kg pupuk kandang atau kotoran kambing.
  • Setelah mencapai 2 hari, baru selanjutnya anda bisa menyiramkan campuran tersebut ke dalam kotoran kambing yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pastikan penyiraman dilakukan hingga merata keseluruh bagian tumpukan kotoran kambing.
  • Selanjutnya ditutup rapat selama kurang lebih 7-14 hari.
Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Jagung yang Biak dan benar

Dalam membuat kompos dari kotoran kambing ini, anda juga perlu memperhatikan kadar air yang ada didalamnya. Usahakan kompos tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering. Ciri-cirinya adalah kompos dari kotoran kambing tersebut jika dikepal lalu kemudian dijatuhkan, maka kepalan tersebut tidak mudah pecah.

Sebagian orang ada yang menyarankan harus dilakukan pembolak-balikan pupuk kompos selama proses pemeraman agar hasil yang didapat lebih bagus dan berkualitas. Namun, menurut kami hal tersebut tidak lah benar. Karena ketika akan membolak-balik kompos, itu artinya kita harus membuka penutup dan hal tersebut akan membuat udara luar masuk kedalam kompos.

Bakteri em4 ini bekerja pada ruang tanpa udara, dan ketika ada udara luar yang masuk maka akan membuat kinerja bakteri tersebut akan terganggu. Ini artinya kompos dari kotoran kambing tersebut kurang maksimal.

Demikian tadi cara membuat kompos dari kotoran kambing yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.