Cara Membuat Kompos dari Daun

Cara Membuat Kompos dari Daun

Cara Membuat Kompos dari Daun – Pupuk merupakan tambahan asupan nutrisi dalam tanah agar menjadi lebih subur. Tana yang subur, tentu akan menghasilkan tanaman yang sehat serta mampu tumbuh dengan sempurna. Tak lepas juga hasil, baik buah atau lainnya bisa didapat dengan lebih berlimpah. Pupuk sendiri terdiri dari dua kategori, yakni pupuk organik dan juga pupuk kimia. Namun, pupuk yang baik untuk tanaman adalah pupuk organik.

Salah satu pupuk organik yang paling banyak digunakan dan ampuh menyuburkan tanah yaitu pupuk kompos. Tahukah anda, pupuk kompos ini ternyata cukup mudah loh untuk dibuat? Ya, pupuk kompos sangat mudah pengolahannya, bahkan ibu rumah tangga pun bisa melakukaknnya.

Kita hanya membutuhkan beberapa bahan untuk pembuatan pupuk kompos, lalu mencampurnya dengan menggunakan tekhnik yang sudah ditentukan. Untuk menghasilkan pupuk kompos yang baik, ada cara tersendiri yang tidak sembarangan bisa dilakukan. Butuh proses untuk pengolahannya. Berikut ini kami bagikan untuk anda, beberapa cara membuat kompos dari daun yang mudah dan bisa anda praktekkan sendiri dirumah. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Kompos dari Daun

Cara Membuat Kompos dari Daun

Semakin mahalnya harga pupuk kimia, membuat beberapa petani kebingungan untuk memberikan asupan tambahan nutrisi untuk tanamannya. Untuk mengatasi hal ini, pupuk organik menjadi pilihan terbaiknya. Selain cara mendapatkannya tidak memerlukan biaya yang besar, nutrisi yang diberikan untuk kesuburan tanah cukuplah baik. Salah satu pupuk organik yang baik tersebut yaitu pupuk kompos. Pupuk kompos sendiri, cukup mudah kita buat dengan tidak memerlukan modal banyak. Namun, tak banyak orang yang mengerti serta bisa dalam mengolah pupuk kompos ini. Untuk itulah saya bagikan artikel panduan cara membuat pupuk kompos dari daun ini.

Bahan untuk membuat pupuk kompos

Untuk membuat pupuk kompos, tentu ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan terlebih dahulu. Tenang saja, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan pupuk kompos ini tidak terlalu sulit untuk anda dapatkan. Bahkan, disekitar anda sudah bisa menemukannya. Bahan-bahan yang perlu disiapakan antara lain, dedauan, sampah kering, kotoran ternak yang sudah kering, abu dapur, dedak kasa, air sumur, air kencing ternak (kuda, sapi, kelinci, dan kerbau), dan juga kapur mati. Tak lupa juga siapkan juga isi rumen sapi yang nantinya digunakan sebagai bahan pengompos.

Baca Juga  10 Jenis Tanaman Hias Pembersih Udara

Sedangkan untuk alat-alat yang dibutuhkan untuk pembuatan pupuk kompos antara lain, plastik, sekop dan ember. Setelah semua bahan dan alat sudah dipersiapkan, sekarang waktunya memulai pembuatan pupuk komposnya.

Teknik pembuatan pupuk kompos

Untuk langkah pembuatannya, silahkan anda campurkan dedaunan, kotoran ternak kering, dan sampah hingga membentuk gundukan setinggi kira-kira 20 cm. Setelah itu, taburkan juga dedak kasar, kapur serta air sumur kegundukan tadi. Tak lupa juga siramkan air kencing ternak dan bakteri pengompos dari isi rumen sapi. Lakukan langkah ini secra teratur hingga bahan yang disiapkan habis.

Selanjutnya, aduk hingga gundukan tadi tercampur rata seperti mengaduk semen. Setelah tercampur rata, tutuplah gundukan tadi dengan plastik hingga tidak terkena paparan sinar matahari. Diamkan gundukan selama kurang lebih 1 minguu. Setelah satu minggu, baliklah gundukan dengan bagian atas ditaruh dibagian bawah. Tambahkan juga kembali kencing ternak untuk menjaga kelembapan pupuk. Setelah itu, diamkan kembali gundukan sekitar 1 minggu. Dan pupuk kompos siap untuk digunakan.

Demikian tadi cara membuat kompos dari daun yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *