Cara Membuat Hidroponik dengan Paralon Supaya Sukses

Pembahasan mengenai Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon, Seperti yang kita ketahui bersama menanam dengan cara hidroponik saat ini sedang menjadi salah satu cara menanam yang banyak diminati. Ada berbagai macam alasan mengapa cara menanam hidroponik ini banyak disukai. Alasan utama diantaranya adalah, karena lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas sehingga membuat pengguna cara ini semakin kreatif, karena bisa berinovaso menemukan cara menanam hidroponik dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar kita. Ya, walaupun ada teknik dasar menggunakan teknik ini, namun beberapa orang melakukan improvisasi pada peralatan menanam hidroponik.

Cara yang paling banyak digunakan diantaranya adalah dengan menggunakan paralon, ini dikarenakan pipa paralon mudah ditemui dan penggunaan satu paralon bisa menanam beberapa tumbuhan sekaligus. Karena hal tersebut pulalah, semakin banyak orang yang mencari tahu cara membuat hidroponik dengan paralon.

Nah, untuk anda yang baru saja memulai dan sedang mencari referensi untuk membuat alat hidroponik, berikut adalah cara membuat hidroponik dengan paralon yang bisa langsung anda coba.

1. Cara membuat hidroponik dengan paralon yang pertama

Bahan serta alat yang harus anda sediakan lebih dahulu pastinya adalah paralon dengan ukuran 2,5 atau 3 inci, mesi bor, penyambung paralon berupa T dan L, netpot, sumbu dan rockwol.

Baca Juga  Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Puring

Cara membuatnya adalah :

  • Tentukan lebih dahulu ukuran serta dimensi yang ingin anda buat pada peralatan hidroponik anda. Misalnya jika anda ingin membuat 20 lubang untuk menanam dengan 4 potong pipa paralon, maka anda bisa melakukan pengukuran terlebih dahulu dan memberikan jarak yang pas agar tumbuhan yang anda tanam mendapatkan area tumbuh yang cukup.
  • Buatlah lubang dengan mesin bor pada ukuran yang telah anda siapkan sebelumnya.
  • Lalu anda bisa memasang sumbu dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk menanam tanaman dengan cara hidroponik
  • Lalu anda tinggal menggabungkannya dengan paralon T dan L yang sudah anda siapkan.

2. Cara membuat hidroponik dengan paralon yang kedua

Alat dan bahan yag anda perlukan untuk cara yang kedua ii adalah paralon dengan ukuran 3 inchi sebanyak 5 buah, penyambung paralon L 7 buah, tangki untuk menampung  air dengan kapasitas 40 L, gelas plastik bekas minuman sebanyak-banyaknya, irisan batang pohon pakis, satu set pompa yang biasa untuk aquarium, dan pupuk untuk dijadikan air nutrisi.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Suplir yang Baik

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Buatlah lubang yang sesuai dengan ukuran gelas plastik yang sudah anda siapkan sebelumnya dan beri jarak 10 cm pada setiap lubangnya.
  • Pasangkan pompa listrik anda dan pasang juga paralon anda hingga membentuk urutan dan susunan seperti bentuk ular.
  • Isi gelas anda dengan batang pakis sebagai media tanam anda hingga sepertiga bagian gelas plastik,dan masukan bibit tanaman yang ingin anda tanam dan berikan lagi batang pakis sedikit diatasnya.
  • Masukan gelas plastik di lubang, berikan larutan air nutrisi yang sudah dipersiapkan, masukan pada wadah penampung dan nyalakan pompa airnya.

Perhatikan agar air nutrisi yang ada pada tangki penampung selalu ada pada di atas pompa anda, agar pompa anda selalu terkena air dan menjadi lebih awet, jadi anda tidak perlu sering-sering membeli pompa. Perhatikan juga air nutrisi yang anda berikan agar selalu seimbang, tidak kekurangan atau berlebihan karena nutrisi yang bisa diterima tumbuhan dari air nutrisi tersebut.

Itulah beberapa cara membuat hidroponik dengan paralon yang tidak terlalu sulit, dan membutuhkan banyak biaya untuk anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil.