Cara Membuat Bonsai Pohon Asem Sederhana dan Mudah

Advertisement

Cara Membuat Bonsai Pohon Asem – Sebagai pecinta tanaman hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman pohon asem yang dijadikan bonsai. Ya, pohon asem memang banyak dijadikan bonsai karena beberapa kelebihan yang tidak dimiliki jenis pohon lainnya. Beberapa kelebihan tersebut antara lain, batang pohon asem yang ulet dan kuat, mudah dibentuk karena tidak mudah patah, serta memiliki struktur batang dan daun unik. Tak hanya itu saja, proses membuat pohon asem dijadikan bonsai juga tak cukup sulit. Bahkan anda yang masih pemula pun bisa dengan mudah melakukannya.

Untuk bonsai pohon asem sendiri bisa didapat dari penyemaian biji, mencangkok dari pohon indukan, atau mengambil bakalan pohon asam jawa. Dan bagi anda yang sudah penasaran, serta tak sabar ingin tahu bagaimana cara membuat bonsai pohon asem ini, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Bonsai Pohon Asem

Advertisement

Cara Membuat Bonsai Pohon Asem

Seperti yang sudah kami bahas diatas, bonsai pohon asam jawa ini bisa anda dapatkan dari biji yang disemaikan atau bisa juga dengan cara mencangkok. Namun, yang perlu anda tahu bahwa pohon asam jawa ini tidak bisa anda dapatkan dengan cara stek. Jadi, kalau ada yang bilang menanam tanaman asem dengan cara stek, maka hal tersebut tak benar. Dan selain itu, pada dasarnya pohon asem ini tumbuh sangat baik di tanah yang berkapur atau berpasir. Dengan tanah tersebut pohon asam jawa akan lebih cepat tumbuh dan memunculkan tunas – tunasnya.

Baca Juga  Manfaat Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat dan Pembersih Udara

Namun, dari beberapa metode penanaman pohon asem diatas, yang akan kami bahas disini adalah yang melalui penanaman biji. Untuk langkah – langkahnya simak dibawah ini.

Loading...

Cara menanam biji pohon asem

  • Langkah pertama anda harus menyiapkan biji asam jawanya. Pilih yang benar – benar sudah tua atau dari buah asam yang sudah masak.
  • Selanjutnya siapkan wadah kecil yang berisi air, kemudian rendam biji asam jawa selama kurang lebih 1 minggu. Ini bertujuan untuk membuat cangkang biji asem terkelupas.
  • Setelh itu, angkat dan rendam kembali di tempat yang berbeda dengan cairan pupuk khusus untuk pertumbuhan.
  • Sembari menunggu biji direndam, silahkan anda siapkan polybag beserta media tanamnya. Media tanam sendiri bisa dibuat dari campuran tanah, pupuk kandang, pupuk kompos dan pasir.
  • Tanamlah biji pada media tanam yang sudah dipersiapkan tadi, namun jangan menguburnya terlalu dalam.

Membentuk Bonsai pohon asem jawa

  • Setelah tanaman asam jawa yang anda tanam sudah besar, langkah selanjutnya adalah membentuknya. Pilihlah bentuk yang sesuai dengan keinginan anda. Banyak sekali bentuk bonsai yang bisa anda pilih, seperti bonsai tegak berkelok-kelok, bonsai sarung angin, bonsai miring ke kiri atau ke kanan, bonsa akar terjalin, atau yang lain sebagainya.
  • Selanjutnya atur diameter batang tanaman, usakan bagian bawah tanaman lebih besar dari pada bagian atasnya. Jangan lupa juga seimbangkan bagian kiri dan kanannya.
  • Disini anda bisa memilih dahan yang berada diatas lengkungan pohon. Dan dahan yang berada dibawahnya bisa anda potong saja.
  • Tariklah garis lurus mulai dari bawah batang pohon hingga ke puncaknya.
  • Lakukan pemangkasan pada ranting atau dahan yang terlalu rimbun. Ini bertujuan agar ranting tidak saling menutupi satu sama lain.
  • Jangan lupa juga melakukan penyiraman dengan rutin agar tanaman asem bisa tumbuh baik. Berikan juga pupuk secara berkala berupa pupuk organik, seperti pupuk kandang, pupuk kompos, dan lain sebagainya.
  • Dan terakhir adalah pembentukan bonsai. Untuk pembentukannya sendiri anda bisa memanfaatkan kawat. Bentuklah model bonsai sesuai dengan keinginan anda. Disini anda bisa berkreasi sendiri.
Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Kertas

Demikian tadi cara merawat bonsai pohon asem sederhana dan mudah yang bisa anda terapkan sendiri. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

error: