Cara Budidaya Tomat dalam Polybag yang Mudah

Advertisement

Cara Budidaya Tomat dalam Polybag – Tomat merupakan salah satu tanaman yang dikategorikan ke dalam sayuran meski masih punya struktur buah. Tomat ini menjadi salah satu tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan. Bahkan ibu rumah tangga pun juga bisa untuk membudidayakannya. Dengan berbudidaya tomat ini, tentu kita bisa menghemat pengluaran uang belanja. Pasalnya, orang indonesia tak akan luput dari yang namanya tomat untuk masalah masak memasak.

Tomat sangat tumbuh baik didaerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Sehingga, untuk membudidayakannya tidak memerlukan tempat khusus. Bagi anda yang sedang ingin membudidaya tomat, namun kurang mengerti tata caranya, berikut ini kami punya tipsnya untuk anda. Dibawah ini sudah kami rangkum cara menanam tomat di pot yang mudah untuk anda.

Cara Budidaya Tomat dalam Polybag

Cara Budidaya Tomat dalam Polybag yang Mudah

Pemilihan Jenis Tanaman Tomat

Saat akan memuali budidaya tomat, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu pemilihan jenis tanaman tomat. Tomat memang terdiri dari beberapa jenis, ini bisa dibedaka dari bentuk buah tomatnya. Ada yang bulat, lonjong, kecil dan keras, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis tanaman ini sangat penting karena menentukan untuk apa tomat akan anda gunakan. Beberapa jenis tomat antara lain, tomat buah, tomat gondol, tomat sayur, dan tomat cherry.

Baca Juga  Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag Secara Organik dengan Mudah
Advertisement

Penyemaian Benih Tomat

Setelah jenis tomat dipilih, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah penyemaian benih tomat. Dalam berbudidaya tomat, sebaiknya melakukan penyemaian biji terlebih dahulu untuk bibit tanamannya. Ini dikarenakan, Bibit yang baru tumbuh ini memerlukan perlakuan khusus dan tidak sembarangan. Jika tidak, maka benih akan gagal tumbuh sehingga budidaya tidak akan bisa terlakasana.

Pertama siapkan terlebih dahulu tempat persemaian. Usahakan tempat untuk penyemaian ini terlindungi dari hujan atau sinar matahari secara langsung. Untuk medianya, bisa menggunakan tanah subur dan gembur. Tempat penyemaian ini bisa berbentuk rak semai, bedengan maupun polybag. Anda bisa menggunakan yang mana saja sesuai kebutuhan anda. Lakukan penyemain dan siram secukupnya rutin setiap hari.

Pemindahan Bibit Tomat

Setelah bibit tomat mulai tumbuh dan besar, yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu pemindahan bibit. Untuk media tanamnya, anda bisa menyiapkan tanah tanah, kompos, dan arang sekam dan dimasukkan kedalam polybag dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Setelah media tanam disiapkan, langsung cabut bibit tanaman dan tanamkan pada media tanam yang sudah disediakan. Usahakan dalam mencbut bibit, dilakukan secara hati-hati agar akarnya tidak putus. Untuk mengantisipasi putusnya akar saat dicabut, lebih bibit disiram dengan air terlebih dahulu agar tanah menjadi lembut dan pencabutan lebh mudah dilakukan.

Baca Juga  5 Jenis Tanaman Buah yang Dapat Berbuah dalam Pot

Perawatan Tanaman Tomat

Untuk perawatan tanaman tomat dalam polybag memang terbilang lebih mudah untuk dilakukan. Anda tinggal mengontrolnya setiap saat agar tidak dirusak oleh hama atau hewan lainnya. Selain itu, anda harus juga bisa mengontrol tanah agar tidak terlalu kering. Lakukan penyiraman setidaknya 2 hari sekali deng air secukupnya. Jangan terlalu berlebihan dalam menyiram, karena hal teresebut akan membuat akar busuk.

Lakukan juga pemupukan setelah bibit berumur satu minggu dipolybag dengan memberinya kompos sebanyak satu genggam saja. Lakukan penambahan pupuk setidaknya satu bulan sekali jika dirasa tanaman kurang subur. Saat tanaman akan berbuah, berikan juga pupuk buah atau pupuk organik cair agar tanaman bisa menghasilkan buah yang bagus.

Demikian tadi cara budidaya tomat dalam polybag yang bisa anda praktekkan dirumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.