Cara Budidaya Tanaman Rambutan yang Baik

Cara Budidaya Tanaman Rambutan – Budidaya tanaman rambutan memang baik dan menguntungkan karena buahnya yang banyak serta daunnya yang rimbun. Rambutan juga bisa ditanam dan dibudidayakan dengan mudah, karena jenis tanaman ini bisa tumbuh di lingkungan tanah yang tidak harus spesifik. Tanaman ini juga bahkan dapat ditanam di dalam pot.

Tanaman rambutan dapat tumbuh pada berbagai macam media tanam apapun, termasuk pada lokasi minimalis. Tapi harus diingat untuk jarak tanam antara satu tanaman dengan yang lainnya jangan terlalu berdekatan agar tanaman rambutan mendapatkan ruang untuk tumbuh.

Pohon rambutan akan mulai berbuah pada masa 2 tahun setelah masa tanam. Perawatannya juga tidak begitu sulit, cukup dengan memberinya pupuk organik maka tanaman rambutan akan tumbuh dengan baik dan rindang. Di Indonesia terdapat sekitar 22 varietas rambutan, dimana rata-rata masa panen rambutan berlangsung pada periode desember sampai maret. Sebelum melakukan budidaya tanaman rambutan, ada baiknya jika anda mengetahui syarat menanam rambutan agar anda dapat mempersiapkan dengan baik proses penanaman supaya hasil budidaya rambutannya maksimal.

Cara Budidaya Tanaman Rambutan

Sumber: seputarpertanian.com

Syarat Menanam Rambutan

Sebelum mengetahui cara budidaya tanaman rambutan, berikut beberapa syarat menanam rambutan yang harus anda perhatikan.

  • Bibit

Pemilihan bibit sangat penting dilakukan karena hal ini akan mempengaruhi secara langsung kualitas dan ketahanan tanaman rambutan. Sebaiknya pilihlah bibit dari hasil cangkok. Alasannya bibit cangkok mempunyai ketahanan hidup yang lebih baik daripada bibit asli.

  • Tanah

Tanaman rambutan tidak membutuhkan media tanam yang rumit. Namun, untuk tanah yang cukup keras…tanah tersebut harus diolah terlebih dahulu sebelum dilakukan penanaman. Dalam pengolahan tanah, campuran pupuk organik sangat dianjurkan.

  • Iklim

Rambutan mempunyai pertumbuhan yang baik jika ditanam pada daerah beriklim tropis. Pohon ini memerlukan cuaca yang relatif hangat dengan suhu sekitar 25 derajat celcius.

  • Ketinggian Tempat

Tanaman ini baiknya di tanam pada daerah dengan ketinggian 300-500 mdpl.

Cara Budaiaya Tanaman Rambutan

  • Pembibitan

Bibit tanaman rambutan asalnya dari biji buahnya. Untuk memperoleh tanaman rambutan yang dapat tumbuh dengan baik dan hasil buahnya maksimal, maka anda sebaiknya menggunakan bibit yang berasal dari hasil cangkok, karena terbukti memiliki masa hidup yang lebih lama ketimbang bibit baru. Sebelum bibit ditanam ada baiknya jika bibit tersebut di rendam selama 15 menit.

  • Lahan

Jenis tanah yang baik digunakan untuk budidaya tanaman rambutan adalah tanah yang gembur. Untuk mengolah tanah menjadi gembur, anda bisa melakukannya denganc ara mencangkul sedalam 50cm kemudian anda campur dengan pupuk kandang. Tingkat keasaman yang bagus 6-7, untuk tanah yang kurang bagus berikan dulu pengapuran.

  • Teknik Penanaman

Setelah lahan atau media tanam siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam sedalam setengah meter, kemudian biarkan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, tutup lubang tersebut dan berikan pupuk selama 2 minggu lagi. Setelah itu barulah lahan siap untuk ditanami.

  • Sistem penanaman

Penanaman bibit pohon rambutan hendaknya dilakukan ketika musim basah. Pada awal penanaman tambahkan pupuk, dan jangan lupa untuk memberikan penutup atas agar sinar matahari tidak langsung mengenai bibit.

  • Pemeliharaan

Pada tanaman yang belum berumur dua minggu, penyiraman dilakukan dua kali sehari.

Untuk tanaman yang lebih dari enam minggu, penyiraman cukup sehari sekali. Selain itu, buatlah drainase yang baik, karena tanaman rambutan beresiko gagal ketika tergenang air.

  • Pemanenan

Cara panen yang baik dengan memetik bersama tangkainya. Waktu panen berkisar antara bulan November sampai Februari. Jika proses perawatan berjalan baik, maka diperkirakan tiap satu pohon akan menghasilkan hingga dua ton buah.

Nah demikianlah informasi mengenai cara budidaya tanaman rambutan yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

Tags:
    budidaya rambutan, jarak tanam pohon rambutan, https://tanamanhiasan com/cara-budidaya-tanaman-rambutan/, cara merawat pohon rambutan, budidaya tanaman rambutan, jarak tanam rambutan, 
error: