Cara Budidaya Tanaman Jagung yang Biak dan benar

Advertisement

Cara Budidaya Tanaman Jagung – Berbudidaya jagung dengan baik dan benar pada dasarnya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja anda harus lebih memperhatikan kualitas tanah, bibit dan cara dalam perawatannya. Dengan begitu, akan bisa dipastikan tanaman jagung akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan jagung yang melimpah.

Jagung sendiri merupakan salah satu tanaman yang paling banyak di budidayakan di negara kita ini. Banyak sekali para petani yang memanfaatkan lahannya sebgai tempat menanam jagung ini. Jagung memang menjadi salah satu sumber pangan masyarakat Indonesia yang mengandung banyak sekali karbohidrat. Selain itu, jagung juga digunakan sebagai alternatif campuran dari nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Tak hanya itu saja, jagung juga bisa dijadikan sebagai sarana bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah. Bagi anda yang tertarik untuk berbudidaya tanaman jagung, dibawah ini kami punya tipsnya untuk anda. Berikut cara budidaya tanaman jagung baik dan benar yang bisa anda praktekkan.

cara budidaya tanaman jagung

Cara Budidaya Tanaman Jagung yang Biak dan Benar

Pengolahan tanah

Langkah pertama dalam budidaya tanaman jagung yang harus anda lakukan yaitu melakukan pengolahan tanah. Pengolahan tanah sangat penting dilakukan agar tanah menjadi subur dan tanaman bisa tumbuh dengan baik. Anda bisa membersihkan gulma dan rumput liar yang tumbuh di lahan penanaman. Setelah itu, gemburkan tanah dengan cara di bajak atau bisa juga dengan cara tradisional yaitu mencangkul. Cangkul hingga kedalaman sekitar 20 cm lalu ratakan kembali tanahnya. Selanjutnya taburi lahan dengan pupuk kandang atau bisa juga menambahkan pupuk lain yang sekiranya akan membuat tanah menjadi lebih subur.

Baca Juga  Cara Membuat Kompos dari Sampah Organik yang Benar
Advertisement

Penanaman dan perawatan tanaman

Sebelum melakukan penanaman bibit, yang perlu anda lakukan terlebih dahulu yaitu melakukan pemilihan bibit unggul. Pemilihan bibit ini sangat penting dilakukan agar tanaman yang akan tumbuh nanti bisa berkualitas baik dan menghasilkan jagung yang melimpah. Pilihlah bibit yang utuh dan tidak dimakan tungau. Untuk satu hektarnya, membutuhkan bibit sekitar 20-30 kg bibit jagung.

Setelah itu baru melakukan penanaman bibit. Untuk penanaman bibit sendiri, alangkah baiknya anda lakukan pada musim hujan. Ini diutamakan agar anda tidak perlu malakukan penyiraman nantinya, karena tanah sudah cukup air dan lembab. Buatlah lubang sedalam 3-5 cm lalu masukkan 1-3 butir jagung lalu tutup kembali. Untuk jarak antar tanaman jagung bagus yaitu 25cm x 75cm.

Baca Juga  Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Puring

Selanjutnya lakukan penyiraman agar tanah tetap lembab, jika anda menanamnya dimusim panas. Jika penanaman dimusim hujan, penyiraman ini tidak perlu anda lakukan lagi karena tanah sudah lembab.

Pemanenan jagung

Langkah yang terakhir yaitu melakukan pemanenan jagung. Untuk pemanenan ini sendiri, bisa -dilakukan setelah tanaman jagung berumur sekitar 85-95 hari. Atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika ingin digunakan sebagai sayur, maka pemanenan bisa dilakukan lebih cepat.

Untuk cara penennya sendiri, anda bisa memutar tongkol jagung. Ini bertujuan agar pengambilan jagung lebih mudah dilakukan dan terpisah dari tangkainya.

Budidaya tanaman jagung ini tentu cukup mudah dilakukan dan dapat menghasilkan buah jagung yang melimpah. Namun perlu diperhatikan, agar budidaya ini berhasil, anda harus melakukannya dengan baik dan benar. Serta selalu memperhatikan kualitas tanaman agar tumbuh lebih baik dan berkualitas. Pemupukan juga perlu dilakukan agar nutrisi dalam tanah tetap terjaga.

Demikian tadi cara budidaya tanaman jagung baik dan benar yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.