Cara Budidaya Tanaman Jagung Manis Organik

Budidaya Tanaman Jagung

Budidaya Tanaman Jagung – Untuk melakukan budidaya tanaman jagung khususnya untuk jagung manis atau jagung sayur ini memang cukup gampang. Hanya saja Anda sebagai petani harus tahu beberapa langkahnya, meliputi cara pembibitan, cara tanam, perawatan dan cara pemupukan dan lain sebagainya. Bagi Anda yang masih pemula mungkin saja masih bingung untuk memulai membudidaya jagung manis ini. Untuk itu, dibawah ini sudah kami rangkumkan cara budidaya tanaman jagung manis secara organik yang bisa Anda terapkan.

Budidaya Tanaman Jagung

Cara Budidaya Tanaman jagung Manis Organik

Yang namanya budidaya tanaman jagung organik khususnya untuk jagung manis ini, tentu kita tidak diperbolehkan menggunakan bahan-bahan kimia untuk penerapannya. Pupuk yang digunakan pun juga harus alami tanpa mengandung bahan kimia. Dan dalam hal ini kami akan membahas budidaya tanaman jagung hibrida khusus untuk jagung manis. Caranya cukup mudah, mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Syarat tunbuh

Untuk budidaya tanaman jagung khususnya untuk jagung manis ini memang tak ada syarat yang mengkhususkan. Kondisi tanahnya pun bisa cocok dengan semua kondisi, apalagi untuk iklim tropis seperti yang ada di Indonesia ini. Hanya saja lebih optimalnya tanah untuk budidaya jagung manis ini haruslah subur, gembur, dan banyak kandungan humusnya. Ini berbeda dengan budidaya tanaman jagung di lahan kering, dimana harus mengolah tanahnya terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag yang Mudah

Benih jagung

Untuk benihnya sendiri, diperlukan sebanyak 20-50 kg untuk 1 hektarnya dengan daya kecambah sebesar 90%. Namun sebelumnya, benih terlebih dahulu direndam dengan larutan BIO SPF dengan dosis 5 gram yang dilarutkan dengan 5 liter air. Rendam saja benih selama 5 menit.

Pengolahan tanah

Pengolahan tanah bisa dilakukan dengan cara membajaknya terlebih dahulu dan membersihkan semua gulma yang tumbuh liar. Anda juga bisa melakukan budidaya tanaman jagung tanpa olah tanah khususnya jagung manis, jika kondisi tanahnya terbilang gembur dan subur.

Penanaman benih

Penanaman benih jagung manis pada saat musim penghujan dan kemarau berbeda. Jika pada musim penghujan, Anda bisa menentukan jarak antar tanaman lebih longgar. Sementara untuk penanama di musim kemarau, maka jarak tanaman lebih dirapatkan. Ini berguna untuk mengurangi penguapan saat musim kemarau yang cukup tinggi.

Untuk caranya, silahkan Anda buat lubang lalu masukkan 1-2 biji jagung dan ditutup tipis dengan menggunakan pupuk kandang.

Perawatan tanaman jagung manis

Dalam membudidayakan tanaman jagung manis, ada beberapa langkah perawatan yang harus Anda terapkan, seperti pemupukan, penyiangan, pengairan dan pengendalian hama. Untuk pemupukan tanaman Anda bisa menggunakan pupuk organik dan hormon yang bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur 1, 3, dan 5 minggu setelah penanaman. Selain itu, penyemprotan juga harus dilakukan saat pagi hari sebelum jam 9. Dimana untuk 1 tangki seprot berisi 14 liter menggunakan campuran 1 tutup HORTECH dan 5 tutup AGRITECH.

Baca Juga  Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Penyiangan juga harus dilakukan agar tanaman bisa tumbuh subur. Penyiangan sendiri bisa dilakukan saat tanaman jagung sudah berumur 15 hari setelah penanaman. Penyiangan selanjutnya, bisa dilakukan setelah tanaman berumur 30 hari, namun sebelum dilakukan pemupukan kedua.

Dan terakhir melakukan irigasi untuk tanaman. Irigasi diperlukan jika Anda menanam jagung pada saat musim kemarau. Untuk pemberian air atau irigasi ini sendiri bisa dilakukan setelah tanaman jagung berumur 15 hari, 30 hari, 45 hari setelah penanaman.

Pemanenan jagung manis

Untk waktu pemanenan jagung manis ini bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur 60 hari. Jagung yang siap dipanen memiliki ciri rambut jagung yang sudah kecoklatan. Pemanenan sendiri bisa dilakukan secara bertahap dengan memilih jagung yang sudah siap untuk dipanen.

Selain cara budidaya tanaman jagung manis secara organik pada lahan luas diatas, Anda juga bisa melakukan budidaya tanaman jagung dalam pot yang juga sama mudahnya. Ini biasanya sering diterapkan oleh sebagian orang yang memiliki sedikit lahan di pekarangan rumahnya.

You May Also Like

About the Author: Hamba Muizun