Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anggrek Bulan

Advertisement

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anggrek Bulan – Anggrek bulan merupakan salah satu tanaman hias bunga nasional milik Indonesia. Bunga hias yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi keelokan dan kecantikan bunganya. Kecantikan yag dimiliki tanaman hias anggrek bulan ini terlihat dari kelopaknya serta varian warna yang dimilikinya yang benar-benar memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

Karena kecantkan bunganya tersebut, sangat wajar jika para pecinta bunga akan merasa ingin memiliki tanaman hias bunga anggrek bulan ini untuk menghiasi rumah. Tanaman hias bunga ini populer dengan nama Butterfly Orchid, kelopak anggrek bulan ini memang seperti sayap kupu-kupu yang melebar dengan paduan corak warna yang sangat cantik. Hal ini membuatnya menjadi jenis anggrek yang paling banyak dicari keberadaannya.

Untuk menanam tanaman hias bunga satu ini memang gampang-gampang sulit, diperlukan beberapa teknik atau kiat khusus agar tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk menaman atau membudidayakan tanaman hias anggrek bulan dapat anda lakukan dengan 2 cara. Yaitu dengan cara menanam menggunakan media pot atau menempelkannya ke pohon. Kedua opsi cara budidaya tanaman hias bulan anggrek bulan tersebut dapat anda jadikan pilihan untuk budidaya tanaman hias anggrek secara mandiri di rumah.

budidaya-tanaman-hias-bunga-anggrek-bulan

1. Menanam di dalam pot

  • Pertama-tama pilih pot yang sesuai dengan tanaman anggrek. Biasanya di tanam pada pot kecil yang transparan. pottanah. pot kayu atau pot plastik. Sebagai saran. sebaiknya menggunakan pot transparan agar bisa mengontrol pertumbuhan akarnya.
  • Untuk media tanahnya. bisa menggunakan sabut kelapa, pecahan genteng. batu-bara. arang. kayu atau potongan pakis.
  • Siapkan kawat atau bambu.
  • Siapkan bibit anggrek, bibit angrek bisa anda dapatkan di toko-toko pertanian. Biasanya terdapat bibit anggrek botolan yang daunnya sudah berukuran 1 cm dan akarnya sudah muncul 2 sampai 3 helai.
  • Selain bibit botolan. Anda juga bisa membeli bibit anggrek muda. Bibit ini ditanam pada tray (wadah bibit anggrek. banyak di toko pertanian). Penanaman bibit muda pada pada tray bertujuan agar dapat memindahkan bibit anggrek dengan mudah ke tempat-tempat yang disinari cahaya matahari di pagi hari. Penanaman ini dilakukan selama 3 bulan.
  • Setelah semua media tanam yang dibutuhkan telah tersedia, maka penanam bisa anda mulai lakukan. Untuk penanaman bibit anggrek botolan, bisa dilakukan dengan cara memindahkannya langsung pada pot dan usahakan jangan merusak helaian akarnya. Jika anda ingin mengeluarkan bibit dari botol, anda bisa menggunakan kawat yang sudah dilengkungkan terlebih dahulu. Dan untuk penanaman bibit dari tray yang sudah berusia 3 bulan. juga bisa dipindahkan ke dalam pot berdiameter 15 cm dengan 3 sampai 5 tanaman.
  • Kemudian. pada 3 bulan berikutnya, lakukan tahapan repotting. Tahap repotting yang dimaksudkan adalah dengan memindahkan tanaman-tanaman anggrek tadi ke ukuran pot yang lebih besar. Satu pot berisi satu tanaman anggrek.
Baca Juga  Macam-Macam Media Tanam Bunga Anggrek

2. Menanam dengan cara ditempel

Advertisement

Tanaman anggrek merupakan jenis tanaman hias rambat dan termasuk tanaman epifit, yakni tanaman yang dapat hidup dengan cara menempelkan diri pada tanaman lain. Oleh karena itu, tanaman hias bunga anggrek dapat tumbuh dengan menggunakan media tanam pohon. Cara agar tanaman hias bunga anggrek ini dapat tumbuh di pohon, yakni dengan mengikat anggrek tersebut pada pohon dengan menggunakan tali plastik atau tali ijuk atau tali rapia. Kemudian dengan sendirinya. anggrek akan beradaptasi dengan menjalarkan helaian-helaian akarnya ke permukaan pohon yang ditempelinya. Cara ini terbilang lebih mudah dari cara penanamannya di dalam pot.

Setelah proses penanam anggrek sudah anda lakukan, hal yang harus diperhatikan adalah cara merawat tanaman hias anggrek bulan ini dengan benar, agar tanaman ini tetap dapat tumbuh dengan baik sehingga bunga yang dihasilkan cantik dan elok. Proses perawatan tanaman hias anggrek bulan bisa anda lihat sebagai berikut.

Pemupukan

Pada saat pemberian nutrisi berupa pupuk anda sebaiknya melakukan pemberian pupuk pada daun. Karena faktanya. kutikula atau pembuluh daun bisa menerima 90% asupan nutrisi sementara akar hanya mampu menerima 10% saja. Bagi para pecinta bunga anggrek. pupuk yang biasa di andalkan adalah dekastar. Dekastar mampu mempercepat pertumbuhan tunas, merangsang pertumbungan cabag-cabangnya. dan menyuburkan tanaman. Selain itu juga bisa menggunakan pupuk NPK.

Caranya yaitu dengan langsung menyemprotkan cairan pupuk pada daun. Lakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore.

Perlu diperhatikan. ketika tunas anggrek sudah terlihat memenuhi pot. semut mulai mengkerubungi tanaman dan terselimuti oleh lumut. maka itu artinya media tanamnya sudah harus diganti dengan yang baru.

Baca Juga  6 Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias

Penyiraman

Tanaman hias anggrek pada dasarnya tidak menyukai suplai air yang berlebihan. Karena, bunga ini akan mudah rusak akarnya dan membuat media tanamanya menjadi basah atau becek. Jika terjadi seperti demikian, maka tunas tanaman anggrek bulan ini akan rontok dam membusuk, sehingga tanaman akan mati atau pertumbuhannya terhambat.

Jadi, pada saat melakukan penyiraman anda sebaiknya menyemprotkan air dengan menggunakan sprayer.Teknik menyemprotkan air pada tanaman anggrek akan membuat tanamannya tetap lembab tanpa merusak media tanamnya. Air yang digunakan adalah air dengan pH netral. Penyiramannya dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore. Kalau musim kemarau. bisa ditingkatkan menjadi 3 kali sehari, termasuk pada malam hari penyiraman.

Intensitas cahaya

Tanaman anggrek adalah jenis tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak paparan sinar matahari langsung. Hanya sekitar 20% – 30% rata-rata kapasitas cahaya yang dibutuhkan. dan itupun dari cahaya matahari pagi. Jadi sebaiknya berikan naungan berupa paranet atau jaring peneduh. Bisa juga dengan strategi menempelkannya pada pohon besar yang lumayan rindang. jadi. tanaman anggrek tetap teduh. Usahakan menempelkannya ke arah timur dimana matahari langsung memancarkan sinar paginya.

Sama halnya dengan penanam bunga anggrek bulan di dalam pot, sebaiknya tanaman anggrek yang ditanam di media pohon juga disimpan di tempat teduh, tapi tetap memberikan asupan sinar matahari pagi. Karena di tanam pada pot. jadi posisi peletakannya gampang dipindah-pindahkan. Jika ditanam di dalam ruangan. maka pastikan menggunakan lampu khusus tanaman agar bunga anggrek tidak mati dan tetap sehat dan subur.

Demikianlah ulasan mengenai cara budidaya tanaman hias anggrek bulan dengan baik, memang membutuhkan ketekunan dan kelihaian dalam merawat tanaman hias bunga yang satu ini. Jadi, silahkan mencobanya dan semoga mendapat tampilan anggrek bulan yang maksimal.