Cara Budidaya Tanaman Coklat untuk Pemula

Advertisement

Cara Budidaya Tanaman Coklat – Tanaman coklat atau yang sering kita kenal dengan nama KAKAO ini tentu bisa kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Ini karena, tanaman coklat atau KAKAO memang tumbuh baik didaerah tropis seperti Indonesia ini. Namun, KAKAO atau coklat ini juga tidak selalu cocok dan bisa tumbuh baik dibeberapa daerah di Indonesia ini. Hal ini dikarenakan banyak sekali faktor dan syarat tumbuh tanaman coklat. Salah satunya yaitu berdasarkan iklim dan ketinggian dataran. Tanaman coklat akan tumbuh baik didaerah dengan ketinggian 1-600 mdpl, serta dengan ketinggian maksimal 1.200 mdpl.

Budidaya tanaman coklat ini ternyata mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan hanya membutuhkan modal yang kecil. Ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang bisa anda jalankan. Untuk berbudidaya tanaman coklat atau KAKAO sebenarnya cukup mudah dilakukan. Cukup mengikuti cara budidaya tanaman coklat dibawah ini, anda pasti bisa mendatangkan penghasilan yang melimpah dari tanaman coklat. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Budidaya Tanaman Coklat

Advertisement

Cara Budidaya Tanaman Coklat untuk Pemula

Pemilihan bibit tanaman coklat

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai budidaya tanaman coklat yaitu melakukan pemilihan bibit. Pemilihan bibit unggul sangat penting dilakukan agar hasil yang akan didapat nanti bisa baik dan melimpah. Bibit yang baik yaitu bibit masih sehat, tidak penyakitan, segar, dan tidak cacat. Sedangkan untuk pembibitan dari biji, pilih biji yang utuh dan tidak dimakan tungau.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Bulan

Untuk bibit ini sendiri, bisa anda dapatkan dengan cara penyemaia biji, atau dengan melalui pengembangbiakan secara vegetatif seperti, cangkok, stek batang, atau proses penyilangan.

Pengolahan media tanam

Untuk media tanamnya, usahakan lehan memiliki tanah yang gembur, subur, dan banyak unsur haranya. Hal ini diperlukan agar tanaman KAKAO atau coklat bisa tumbuh subur dan sehat, sehingga akan menghasilkan buah yang melimpah.

Penanaman bibit tanaman coklat

Selanutnya yaitu melakukan penanaman bibit tanaman coklat atau KAKAO. Sebelum melakukan penanaman, buatlah lubang terlebih dahulu pada lahan dengan ketentuan ukuran panjang dan kebar 50×50 cm. Serta memiliki kedalaman lubang sekitar 25-30 cm. Didasar lubang, berilah campuran pupuk kompois atau kandang dan tanah dengan perbandingan 1:1. Selain itu, bisa ditambah juga dengan pupuk TSP dengan ketentuan 1-3 gram per lubang.

Setelah lubang disiapkan, langkah selanjutnya yaitu menanamkan bibit kedalam lubang. Masukkan bibit ke dalam lubang, lalu timbun dengan campuran tanah, pupuk kandang dan TSP tadi hingga bibit tertanam sempurna. Untuk menghindari bibit dimakan hewan herbivora, sebaikanya anda membuatkan ajir untuk melindunginya. Ajir sendiri bisa dibuat dari bambu atau yang lain sebagainya.

Baca Juga  Serba-Serbi Tanaman Hias Minimalis

Perawatan tanaman coklat

Untuk perawatannya tanaman coklat ini terdiri dari beberapa macam. Yang pertama penyiraman tanaman. Penyiraman ini bisa anda lakukan 2 kali sehari di pagi dan sing hari secara rutin. Selain itu, pemupukan juga juga penting untuk dilakukan agar nutrisi untuk tanaman bisa terjaga. Untuk pemupukan ini bisa anda lakukan 1 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang dan TSP atau Urea secara bergantian.

Selanjutnya proses penyiangan. Anda bisa membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Hal ini dilakukan agar nutrisi untuk tanaman coklat bisa lebih terpenuhi dan terjaga.

Dan terakhir yaiut melakukan pemangkasan. Pemangkasan ini penting dilakukan agar tanaman bisa menghasilkan buah yang lebih banyak dan lebat. Pemangkasan bisa dilakukan pada bagian ranting dan sebagian batangnya.

Demikian tadi cara budidaya tanaman coklat untuk pemula yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.