Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag Secara Organik dengan Mudah

Advertisement

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag – Budidaya sayuran di dalam polybag memang menjadi salah satu cara dalam menghemat biaya pengeluaran belanja. Selain itu, manfaat lain dari berbudidaya sayurna ini yaitu bisa membuat halaman depan atau samping rumah menjadi lebih cantik dan asri. Tak hanya itu saja, dengan tanaman sayuran ini juga bisa membuat udara sekitar rumah menjadi bersih dan sehat.

Cara berbudidaya sayuran dalam polybag sebenarnya cukup mudah dilakukan, asal tau tekniknya. Hal ini dikarenakan, sayuran tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus agar bsia tumbuh sehat. Cukup memberinya pupuk organik dan rutin menyiraminya. Bagi anda yang memiliki sedikit lahan didepan atau disamping rumha, alangkah lebih baik memanfaatkannya untuk sarana tempat budidaya sayuran di polybag ini. Untuk langkah-langkahnya, berikut ini kami sajikan untuk anda cara budidaya sayuran dalam polybag secara organik yang bisa anda coba praktekkan.

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag
Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag Secara Organik

Cara Menanam Sayuran dalam Polybag

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika akan menanam sayuran dalam polybag yaitu menyiapkan media tanamnya. Media tanaman ini haruslah yang baik agar supaya tanaman bisa tumbuh sehat dan subur. Media tanam sendiri memiliki fungsi untuk menopang tanaman, tempat menyebarnya akar, dan sebagai pemberi nutrisi untuk tanaman. Karena dalam hal ini kita akan berbudidaya sayuran dalam polybag, tentunya membutuhkan media tanam pengganti selain tanah agar supaya sayuran bisa tumbuh subur. Untuk persiapan media tanamnya, silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini.

Baca Juga  Aneka Macam Jenis Tanaman Keladi Hias
Advertisement
  • Siapkan tanah yang gembur dan subur serta bersifat kering agar mudah diproses saat pecampuran. Ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran halus.
  • Selanjutnya siapkan juga pupuk kompos yang jadi lalu ayak hingga menjadi butiran halus juga.
  • Sipakan juga arang sekam untuk bahan campuran lainnya.
  • Campurkan tanah halus, pupuk kompos dan arang sekam tadi dengan ketentuan perbandingan 2:1:1. Aduklah hingga campuran merata.
  • Setelah tercampur, masukkan kedalam polybag yang sudah disiapkan. Media tanam siap untuk ditanami sayuran.

2. Setelah media tanam selesai, selanjutnya siapkan juga bibit sayuran yang akan ditanam.
3. Tanamkan bibit sayuran kedalam media taman yang sudah dibuat tadi.
4. Usahakan saat menanamkan bibit, tidak terlalu dalam dan tidak juga terlalu keatas. Bisa dikira-kira sendir ya!

Cara Perawatan Sayuran dalam Polybag

Untuk perawatannya sebenarnya tidak terlalu susah, hanya saja anda harus lebih bisa menjaganya dari berbagai gangguan seperti hama, serangga atau hewan lainnya. Saat masih bibit, memang membutuhkan penjagaan yang lebih extra. Pasalnya, bibit sayuran ini sering menjadi incaran empuk hewan pemakan segala seperti ayam atau burung.

Baca Juga  Cara Budidaya Tomat dalam Polybag yang Mudah

Selain itu, perwatan lain yang harus anda lakukan yaitu pada segi penyiraman sayuran. Hal ini dikarenakan, asupan nutrisi utama dari tanaman yaitu air. Jika, tanaman kekurangan air, maka yang akan terjadi adalah sayuran sulit sekali berkembang dan tumbuh, bahkan akan mati. Untuk itu, lakukan penyiraman tanaman rutin 1-2 kali sehari. Tapi ingat, jangan terlalu banyak juga dalam melalukan penyiraman karena akan membuat tanaman menjadi busuk. Untuk mencegah membusuknya sayuran karena terlalu banyaknya asupan air, anda bisa memberi beberapa lubang kecil di polybag sebagai tempat keluarnya air.

Demikian tadi cara budidaya sayuran dalam polybag secara organik yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga informasi yang sudah kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.