Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag yang Mudah

Advertisement

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag – Budidaya sayuran dalam polybag memang cukup mudah untuk dilakukan, bahkan ibu rumah tangga yang kurang mengerti ilmu pertanian pun juga cukup mudah melakukannya. Salah satu tanaman yang sering dibudidaya sendiri pekarangan rumah yaitu sayuran. Pasalnya, budidaya sayuran ini cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Dalam budidaya sayuran, hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu media tanamnya. Media tanam ini sangat mempengaruhi bagus tidaknya perkembangan tanaman. Jika media tanamnya cocok dan bagus, akan sangat dimungkinkan tanaman tumbuh subur. Untuk tanaman jenis sayuran, terlebih sayuran daun biasanya membutuhkan media tanam yang gembur dan gampang ditembus akar.

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag

Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk berbudidaya sayuran dikarenakan tidak adanya lahan untuk bercocok tanam. Khususnya yang berada di kota-kota besar yang umumnya tidak memiliki pekarangan rumah untuk ditanamai sayuran. Bagi anda yang mengalami kesulitan yang sama, solusi yang tepa yaitu berbudidaya dalam polybag. Polybag dipilih karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan juga bisa dipindah-pindah.

Awalnya, menanam sayuran dalam polybag merupakan pekerjaan yang dilakukan hanya untuk mengisi waktu senggang. Namun, lambat laun berbudidaya sayuran dalam polybag berkembang menjadi bisnis rumahan yang dilakukan dalam skala besar. Jangan salah, budidaya sayuran dalam polybag ini dapat mendatangkan untung yang cukup banyak bahkan hingga jutaan rupiah perpanennya.

Bagi anda yang tertarik untuk budidaya sayuran dalam polybag, dibawah ini kami punya tipsnya untuk anda. Berikut kami sajikan cara budidaya sayuran dalam polybag yang mudah untuk anda praktekkan sendiri dirumah.

Baca Juga  Aneka Macam Jenis Tanaman Keladi Hias

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag Secara Organik

Menyiapkan media tanam

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan berbudidaya sayuran dalam polybag yaitu menyiapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam ini menjadi salah satu faktor dalam pertumbuhan tanaman dan mempengaruhi hasil produksinya juga. Fungsi dari media tanam itu sendiri yaitu untuk menopang tanaman, sebagai tempat akar tanaman berkembanga dan tumbuh, serta menyediakan nutrisi untuk tanaman.

Advertisement

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag

Berbudidaya sayuran dalam polybag, tentu membutuhkan media tanam yang baik sebagai pengganti tanah. Media tanam yang baik dalam budidaya sayuran di polybag yaitu memiliki sifat fisika, biologi dan kimia yang sesuai sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan cepat berkembang. Untuk menyiapkan media tanam dalam budidaya sayuran di polybag, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan :

  • Pertama siapkan terlebih dahulu tanah yang gembur dan subur, lalu ayak lah tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Untuk tanah yang diambil usahakan yang sudah kering agar lebih mudah dalam pencampurannya nanti sehingga dapat merata.
  • Siapkan juga pupuk kompos yang sudah diproses sebelumnya, lalu ayak juga hingga menjadi butiran-butiran halus.
  • Siapkan arang sekam untuk campurannya juga.
  • Setelah siap semua, campurkan tanah halus, pupuk kompos halus, dan arang sekam hingga tercampur merata dengan ketentuan perbandingan 2:1:1.
  • Selanjutnya siapkan polybag, lalu masukkan media tanam yang sudah dicampurkan tadi. Kini media tanam sudah siap untuk digunakan budidaya sayuran.
Baca Juga  Tanaman Hias Bunga Lotus, Manfaat dan Cara Merawatnya

Menyiapkan bibit sayuran

Setelah media tanam selesai dipesiapkan, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan bibit sayura untuk ditanam pada media tanamnya nanti. Untuk bibit sayuran usahakan memilih yang memiliki kualitas bagus sehingga hasilnya nanti akan bagus juga.

Menanam bibit sayura

Selanjutnya yaitu menanam bibit sayuran ke dalam polybag. Untuk penanamannya, anda bisa membuat lubang di tengah polybag sedalam kurang lebih 5cm, lalu tanamkan bibit sayurannya. Selanjutnya tutup bagian pinggir bibit hingga bibit tertanam sempurna.

Perawatan sayuran

Langkah terakhir yang harus anda lakukan yaitu perawatan sayuran. Salah satu perawatan yang harus anda lakukan yaitu membersihkan gulma yang tumbuh disekitar sayuran. Selain itu, pengusiran hama juga penting dilakukan agar sayuran tumbuh lebih subur. Tak lupa juga selalu rutin menyiramnya disore hari untuk kebutuhan nutrisinya.

Demikian tadi cara budidaya sayuran dalam polybag yang bisa anda praktekan sendiri dirumah. Semoga informasi yang sudah kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Gallery for Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag yang Mudah