Cara Budidaya Pisang kepok Lengkap untuk Pemula

Advertisement

Cara Budidaya Pisang Kepok – Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang banyak kita jumpai baik di daerah pedesaan maupun daerah perkotaan. Pisang kepok memiliki bentuk yang berbeda dengan pisang pada biasanya. Pisang kepok memiliki bentuk yang lonjong dan pipih tidak seperti pisang biasanya yang benbentuk bulat dan panjang. Jenis pisang satu ini adalah salah satu yang peling banyak diminati dan laris di pasaran. Pisang satu ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu menjadi berbagai macam makanan.

Karena kebutuhan pasar cukup banyak untuk pisang kepok ini membuat banyak orang yang memulai usaha membudidayakannya. Untuk cara budidaya pisang kepok ini cukup mudah dilakukan. Selain itu, keuntungan yang bisa anda dapat dari budidaya pisang kepok ini cukup banyak dengan modal awal yang terbilang kecil. Bagi anda yang tertarik untuk bididaya pisang kepok, beriku ini kami punya langkah-langkahnya untuk anda.

Cara Budidaya Pisang kepok

Cara Budidaya Pisang Kepok untuk Pemula

Untuk memulai budidaya pisang kepok, ada langkah-langkah penting yang harus anda lakukan, agar hasil yang bisa didapat lebih menguntungkan. Berikut langkah-langkahnya :

Pembibitan Pisang Kepok

Untuk pembibitan pisang kepok adalah dengan cara vegetatif yaitu menggunakan anakan tunas pisang yang masih muda dan baru tumbuh. Anakan pisang yang baik yaitu sudah memiliki ketinggian sekitar 1-1.5 meter, serta daunnya masih menggulung. Bibit pisang ini sebaiknya diambil dari indukan pisang yang sehat, produktif dan buahnya banyak.

Baca Juga  Nama-Nama Tanaman Hias Beserta Nama Latinnya

Pengolahan media tanam

Selanjutnya yaitu mengolah tanah untuk media tanam pisang kepok. Hal pertama yang harus anda lakukan dalam pengolahan media tanam ini yaitu membasmi hama, pembersihan gulma dan rumput liar, penggemburan tanah serta membuat selokan untuk tempat mengalirnya air. Lakukan beberapa langkah tadi dengan baik dan benar agar hasil yang bisa anda dapat nanti lebih menguntungkan.

Advertisement

Cara Budidaya Pisang kepok

Menanam pisang kepok

Setelah lahan disiapkan dan tanah sudah bersih dari hama, gulma dan rumput liar, langkah selanjutnya yaitu melakukan penanaman bibit pisang kepok. Buatlah lubang dengan ukuran 50x0x50 cm dan dengan jarak antar lubang 3×3 meter. Tanamnlah bibit pisang kepok dan tutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos sebelumnya hingga bibit tertanam sempurna. Untuk pemberian pupuk, anda bisa memberinya sebanyak 20kg pupuk disetiap lubangnya. Untuk proses penanaman bibit pisang kepok ini biasanya dilakukan di musim penghujan atau yang terjadi antara bulan september-oktober.

Perawatan tanaman pisang kepok

Agar tanaman pisang bisa tumbuh sehat dan memberikan hasil yang berkualitas bagus nantinya, anda harus selalu rutin merawatnya. Untuk perawatannya, anda harus selalu rutin membersihkan gulma dan rumout liar yang tumbuh disekitar tanaman. Selain itu, untuk penyiangan ini sebaiknya anda melakukannya dengan menggemburkan tanah agar nantinya akar dan tunas semakin banyak.

Selain itu, penjarangan juga perlu anda lakukan agar tanaman bisa tumbuh lebih baik. Dalam satu rumpun biasanya terdiri dari 3-4 pohon pisang saja. Jika lebih dari jumlah ini, maka sebaiknya anda menguranginya hingga menjadi 3-4 pohon dietiap rumpun.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Hias Bonsai yang Baik

Membersihkan dedaunan yang kering juga harus anda lakukan agar tanaman lebih berkualitas. Tak hanya itu, pemupukan juga penting untuk dilakukan setiap tahunnya, karena tanaman pisang membutuhkan banyak sekali kalium untuk kelangsungan hidupnya. Untuk satu hektarnya, membutuhkan 207 kg pupuk urea, 138 kg super fosfat, 608 kg KCL dan 200 kg batu kapur. Pemupukan pertama pada tanaman pisang kepok bisa anda lakukan di 6 bulan pertama setelah penanaman.

Tak lupa juga pengairan yang penting untuk anda lakukan agar tanaman tumbuh subur. Untuk pisang yang sudah berbuah, sebaiknya jantung pisang dipotong yang telah berjarak 25 cm. Dan setelah sisir pisang telah terisi sempurna, maka anda bisa langsung membungkusnya dengan plasting yang sudah diberi lubang sebesar 0,5 mm dengan jarak 7,5 cm per lubangnya.

Pemanenan Pisang Kepok

Pada umunya, pisang sudah bisa dipanen ketika sudah berumur satu tahun atau anda bisa melihatnya dari bentuk buah yang sudah sempurna. Ciri-ciri lainnya yaitu daun pisang sudah mulai mengering yang tandanya sudah siap dipanen.

Demikian tadi cara budidaya pisang kepok yang bisa anda praktekkan sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga Artikel ini:
Loading...
Tags:
    budidaya pisang kepok, teknik budidaya pisang kepok, budidaya pisang, budidaya pisang kepok melalui, cara menanam pisang kepok, https://tanamanhiasan com/cara-budidaya-pisang-kepok/, menanam pisang kepok, Penggunaan pupuk pada budidaya pisang kepok, 
Posting pada Tanaman Hias OutdoorDitag , ,