Cara Budidaya Pisang Cavendish Pemula

Advertisement

Cara Budidaya Pisang Cavendish – Pisang cavendish adalah salah satu jenis buah holtikultura yang mirip dengan pisang lokal Indonesia yaitu Pisang ambon. Pisang cavendish ini memiliki rasa yang manis dengan sedikir asam dan daging buahnya berwarna putih kekuningan serta lembut. Selain itu, Pisang jenis ini juga mengandung banyak sekali vitamin, mineral, karbohidrat serat dan tepung, sehingga sangat baik untuk dikonsumi sehari-hari.

Pisang cavendish ini biasanya tumbuh didaerah tropis dan subtropis dengan ketinggan diatas 1600 mdpl. Sedangkan untuk struktur tanahnya, pisang cavendish lebih tumbuh optimal pada tanah kaya humus dan liat berpasir.

Pisang cavendish cukup mudah dibudidaya, sehingga banyak orang yang tertarik mencoba membudidayakannya. Selain itu, budidaya pisang cavendish juga bisa dijadikan bisnis dengan skala yang besar. Keuntungan yang bisa diapat dari jenis pisang ini cukup besar meski hanya dengan modal yang kecil. Bagi anda yang juga ingin mencoba budidaya pisang cavendish, alangkah baiknya menyimak cara budidaya pisang cavendish untuk pemula dibawah ini.

Cara Budidaya Pisang cavendish

Cara Budidaya Pisang Cavendish untuk Pemula

Pemilihan bibit

Hal pertama yg harus anda lakukan ketika akan berbudidaya pisang cavendish yaitu menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Untuk bibit pisang cavendish, usahakan diambil dari induk yang memiliki buah baik dan sehat, serta sudah memiliki tinggi 1-1.5 meter dengan lebar 15-20 cm. Sebelum ditanam, sebaiknya bibit diberi insektisida dengan dosis 0.5-1 % selama 10-15 menit. Setelah itu keringkan hingga luka hasil potongan tunas menjadi kering.

Baca Juga  Manfaat Tanaman Hias Bunga Lavender
Advertisement

Pengolahan media tanam

Selanjutnya yaitu mengolah tanah sebagai media tanamnya. Pengolahan media tanam ini sangat perlu dilakukan agar tanah menjadi subur dan tanaman bisa tumbuh sempurna sehingga dapat menhasikan buah yang bagus. Tanah yang cocok untuk menanam pisang cavendish yaitu yang memiliki tekstur kering dan subur. Pemgolahan tanah bisa menggunakan cangkul atau mesin bajak hingga tanah menjadi gembur.

Buatlah juga petakan untuk saluran air dengan lebar petakan biasa disesuaikan sendiri. Pembuatan petakan ini dilakukan untuk permukaan tanah yang miring. Untuk tanah yang memiliki PH <5.0, dianjurkan diberikan kapur dengan dengan dosis 300 kg per hektarnya.

Penanaman bibit

Selanjutnya yaitu melakukan penanaman bibit pisang cavendish. Penanaman bibit pisang cavendish ini bisa anda lakukan pada awal menjelang musin penghujan dantara bulan september dan oktober.

Baca Juga  Contoh Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Buatlah lubang tanan dengan ukuran 40cm x 40cm 40cm dengan jarak antar bibit 3m x 3m. Setelah lubang dibuat, langkah selanutnya adalah menanamkan bibit pisang kedalam lubang. Tutup lubang hingga tanaman tertanam sempurna.

Pemeliharaan Pisang cavendish

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu pemeliharaan tanaman. Pemeliharaan penting dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang bagus dan berkualitas baik. Pemeliharaan tanaman sendiri meliputi penjarangan atau perempalan, pengairan dan penyiraman, pemupukan susulan, penyiangan atau penumbuhan, dan terakhir perawatan buah.

Hal diatas harus anda lakukan dengan baik dan benar agar hasil yang didapat bisa lebih sempurna.

Pemanenan Pisang cavendish

Dan langkah terakhir yang dalam budidaya pisang cavendish yaitu pemanenan buah. Untuk pemanenan umumnya dilakukan setelah pisang berumur 1 tahun. Sedangkan buah yang siap untuk dipanen kurang lebih memiliki umur 80-100 hari. Untuk ciri-ciri pisang yang siap dipanen yaitu sudah mengeringnya daun bendera.

Demikian tadi cara budidaya pisang cavendish untuk pemula yang bisa anda praktekkan sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.