Cara Budidaya Pepaya Bangkok untuk Pemula

Advertisement

Cara Budidaya Pepaya Bangkok – Pepaya merupakan salah satu buah kaya vitamin yang tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat kita. Pepaya memang mimiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Selain buah, daunnya juga kaya akan kandungan vitamin yang bisa dibuat sebagai lauk pauk. Pepaya memiliki banyak sekali jenisnya, salah satu yang paling terkenal dan banyak dibudidaya yaitu pepaya bangkok atau thailand. Jenis pepaya satu ini memiliki ukuran buah yang cukup besar dan dengan daging buah manis berwarna kemerahan. Karena itulah, banyak orang yang meminati jenis pepaya satu ini.

Pepaya bangkok juga dijadikan bisnis oleh beberapa masyarakat kita. Hal ini dikarenakan keuntungan yang bisa didapat dari budidaya pepaya Bangkok cukup besar. Selain itu, cara untuk budidayanya juga cukup mudah dilakukan. Bagi anda yang juga berminat untuk budidaya pepaya Bangkok, alangkah baiknya menyimak beberapa langkah dibawah ini. Berikut kami sajikan cara budidaya pepaya Bangkok yang bisa anda praktekkan nanti.

Cara Budidaya Pepaya Bangkok

Cara Budidaya Pepaya Bangkok untuk Pemula

Pemilihan benih pepeya Bangkok

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika akan memulai budidaya buah pepaya Bangkok yaitu menyiapkan benih. Benih pepaya yang baik adalah benih yang didapatkan dari pohon pepaya yang sehat, bebas dari penyakit, tidak cacat dan buahnya memanjang. Diutamakan buah sudah matang langsung dari pohonnya.

Dalam satu buah pepaya, terdiri dari banyak sekali biji bahkan hingga mencapai ratusan. Biji yang sebaiknya anda pilih yaitu biji yang berada diujung hingga tengah buah dan memiliki warna yang hitam pekat. Hal ini dikarenakan, biji di ujung buah memiliki peluang lebih besar menjadi pohon pepaya sempurna dibanding dengan biji yang berada dipangkal.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Kertas
Advertisement

Penyemaian benih

Selanjutnya yaitu melakukan penyemaian benih pepaya yang sudah diseleksi tadi. Sebelum melakukan penyemain sebaiknya biji dikecambahkan terlebih dahulu. Caranya keringkan biji di bawah sinar matahari yang cukup lalu setelah kering, direndam dalam air selama kurang lebih satu malam. Setelah itu, Pilih benih yang tenggelam saja kemudian taruh dan bungkus biji tadi dengan tisu yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Selanjutnya taruh diatas plastik atau anyaman bambu lalu letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Setelah biji mulai berkecambah, letakkan biji tersebut kedalam polybag kecil dengan aturan satu polybag satu benih. Sebelumnya, isi polybag dengan pupuk kompos, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Siram bibit hingga tanah menjadi lebut dan lembab dan sebaiknya bibit ini ditaruh pada ruang yang cukup cahaya. Bibit pepaya siap untuk ditanam dilahan tanam setelah berumur 2-2.5 bulan.

Pengolahan tanah

Untuk media tanam pepaya Bangkok, sebaiknya dibajak terlebih dahulu dengan tinggi 30-35cm. Kemudian buat bedengan dengan lebar 2 meter dan panjang menyesuaikan lahan. Buatlah lubang untuk tempat penanaman bibit dengan ukuran 50x50x40 cm. Biarkan lubang selama kurang lebih 1-2 minggu sebelum penanaman bibit.

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh dengan Baik

Tanam bibit pepaya lalu tutup dengan tanah bagian bawah dan campuran pupuk kompos, pupuk kandang dan tanah hingga bibit tertanam sempurna.

Perawatan pepaya Bangkok

Untuk perawatannya meliputi melakukan penyiangan, penyulaman dan pemupukan susulan. Untuk penyiangan, anda bisa mencabuti rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Sedangkan penyulaman dilakukan jika ada tanaman yang tumbuh tidak sempurna. Misal tanaman jelek, cacat atau yang lainnya sebaiknya dicabut dan diganti dengan bibit baru. Penyulaman dilakukan ketika bibit berumur 1-1.5 bulan.

Selanjutnya melakukan pemupukan susulan. Pemupukan susulan bisa dimulai ketika tanaman berumur 2 minggu.

Pemanenan buah

Buah pepaya yang siap dipanen biasanya ketika berumur 9-14 bulan setelah penanaman. Atau ketika buah sudah berwarna kekuningan atau kemerahan. Buah dipetik bersama dengan tangkainya kemudian masukkan kedalam keranjang buah.

Demikian tadi cara budidaya pepaya Bangkok untuk pemula yang bisa anda praktekkan sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.