Cara Budidaya Lada Perdu yang Benar

Advertisement

Budidaya Lada Perdu – Lada atau sering disebut dengan merica atau sahang adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki peranan cukup penting untuk kelezatan sebuah masakan. Tanpa adanya lada tersebut, pasti rasa dari masakan yang telah dibuat tak akan nikmat dan terasa ada yang kurang. Lada perdu memang cukup banyak dibutuhkan di Indonesia, bahkan harga jual dan kebutuhan pasarnya pun cukup tinggi. Tak heran jika banyak orang yang mulai tertarik untuk budidaya lada perdu ini.

Namun, bagi anda yang masih pemula tentunya cukup kesulita untuk membudidayakan lada perdu ini. Disamping cara penanamannya yang terbilang sulit dan butuh biaya banyak, perawatannya pun juga harus lebih ekstra. Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, dibawah ini kami rangkumkan cara budidaya lada perdu yang bisa anda coba terapkan sendiri.

Budidaya Lada Perdu

Advertisement

Cara Budidaya Lada Perdu yang Benar

Persiapan lahan budidaya lada perdu

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memulai budidaya lada perdu ini adalah menyiapkan lahan untuk tempat penanamannya. Sebenarnya lada perdu bisa tumbuh diberbagai jenis dan kriteria tanah. Namun, akan lebih maksimalnya lagi jika ditanam di tanah yang memiliki humus sedalam 1 – 1,5 meter dan di ketinggian 300 – 1.100 mdpl.

Cangkul tanah yang akan dibuat tempat menanam lada perdu, kemudian taburi pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya. Setelah itu diamkan saja hingga 2-3 minggu. Selanjutnya buatlah gundukan dengan tinggi sekitar 0,5 meter memanjang dengan jarak antar gundukan sekitar 1,5 – 2 meter untuk pengairan.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Tapak Dara
Loading...

Pemilihan bibit dan penanaman lada perdu

Selain menyiapkan lahan, bibit untuk lada perdunya sendiri juga harus anda persiapkan. Pilihlah bibit lada perdu yang memiliki kualitas ungul, agar hasil tanamannya nanti bisa bagus dan bisa menghasilkan banyak biji lada. Beberapa kriteria atau ciri – ciri bibit lada perdu yang baik adalah bibit berasal dari induk yang berkualitas baik yang sudah berumur 10 bulan – 3 tahun, bibit murni dan bukan dari hasil persilangan, serta bibit masih utuh dan tidak terdapat cacat.

Sementara untuk penanamannya, anda bisa langsung membuat lubang pada gundukan tanah yang sudah dipersiapkan tadi dengan kedalaman 50 cm dan dengan diameter 40 cm. Selanjutnya berikan pupuk kandang atau pupuk kompos pada lubang tadi dan biarkan sampai 2 minggu. Setelah 2 minggu, berikan juga tanah halus dan campurkan dengan pupuk yang ada didalam lubang tadi, lalu kemudian tanam bibit lada perdu dan tutup dengan tanah. Lakukan penyiraman agar bibit tidak layu dan akarnya pun bisa lebih cepat berkembang.

Perawatan tanaman lada perdu

Melakukan perawatan pada tanaman lada perdu memang cukup penting untuk dilakukan agar tanaman bisa tumbuh lebih sehat dan bagus. Lakukan penyiangan secara berkala setidaknya 2 – 3 bulan sekali. Jangan lupa juga memberi nutrisi untuk tanaman berupa pupuk organik agar pertumbuhannya lebih cepat. Jika memang tanah sangat kering, lakukan saja pengairan agar nutrisi tanah tetap terjaga. Jika diperlukan juga, lakukan pemangkasan tangkai yang dirasa tidak diperlukan.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Keladi Hias Red Star

Tak hanya itu saja, pencegahan terhadap serangan hama juga harus anda perhatikan. Lakukan pencegahan hama sebaik mungkin agar budidaya lada perdu yang anda jalankan bisa sukses dan menghasilkan banyak biji lada.

Pemanenan lada perdu

Inilah hal yang paling ditunggu – tunggu oleh para petani lada perdu. Pemanenan lada perdu bisa dilakukan setelah tanaman 9 bulan setelah bunga mekar. Agar hasilnya lebih bagus, di tahun pertama penanaman matikan bunga yang mekar atau artinya tanaman tidak dibuahkan di tahun pertama. Dan di tahun kedua bunga akan muncul kembali dan akan menjadi buah setelah berumur 9 bulan seperti yang sudah kami singgung tadi. Ini artinya anda bisa memanen buah lada perdu di tahun ke 3 setelah penanaman.

Demikian tadi cara budidaya lada perdu yang bisa kami bagikan kepada anda semua. Lakukan cara diatas dengan benar agar hasilnya bisa lebih baik dan untungnya pun bisa sangat melimpah.

error: