Cara Budidaya Kangkung Cabut untuk Pemula

Advertisement

Cara Budidaya Kangkung Cabut – Kangkung cabut merupakan salah satu tanaman sayuran yang banyak sekali dibudidayakan oleh banyak orang khusunnya para petani sayur. Pasalnya, menanam sayur cabut cukup mudah dilalukan. Selain itu, cara penanaman dan perawatannya cukup simple dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dulu, kangkung cabut memang belum terlalu populer dikarenakan hanya sedikit orang yang membudidayakannya. Namun, untuk saat ini sudah banyak sekali orang berbudidaya kangkung cabut ini. Selain itu, benihnya pun juga bisa kita temukan dengan mudah dibeberapa toko benih sayuran.

Tak hanya cara budidayanya yang mudah, keuntungan yang bisa diperoleh dari budidaya kangkung cabut ini sukup besar. Ini tentunya bisa menjadi alternatif bagi anda yang sedang bingung mau membangun bisnis apa. Bagi anda yang tertarik untuk budidaya kangkung cabut, dibawah ini kami punya tipsnya untuk anda. Berikut ini kami sajikan cara budidaya kangkung cabut untuk pemula yang bisa anda praktekkan.

Cara Budidaya Kangkung Cabut

Cara Budidaya Kangkung Cabut untuk Pemula

Pemilihan bibit

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya kangkung cabut yaitu melakukan pemilihan bibit. Pemilihan bibit sangat penting untuk dilakukan agar hasilnya bisa lebih memuaskan nanti. Untuk pemilihannya bibi ini ada 2 cara yaitu menggunakan biji dan dengan stek. Namun, alangkah lebik baiknya anda memilih menggunakan biji tabur atau benih kangkung cabut.

Persiapan lahan

Selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan untuk media tanam bibit kangkung cabutnya nanti. Cangkullah terlebih dahulu lahan dan buat bedengan untuk tempat benih kangkungnya nanti. Usahakan lahan untuk media tanam ini memiliki tekstur tanah yang gembur dan subur.

Baca Juga  Tanaman Hias Bunga Lotus, Manfaat dan Cara Merawatnya

Pemberian pupuk

Sebelum bibit kangkung cabut siap untuk ditabur, sebaiknya anda berikan dulu pupuk pada bedenga yang sudah dibuat tadi. Ini fungsinya untuk memperkaya nutrisi pada tanah yang akan ditanami kangkung cabut ini. Untuk pupuknya, anda bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah jadi dan diproses terlebih dahulu. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3-5 hari agar pupuk bisa tercampur secara sempurna.

Advertisement

Cara Budidaya Kangkung Cabut

Penanaman benih

Setelah 3-5 hari, baru selanjutnya anda bisa menanamkan benih kangkung cabutnya. Untuk cara penanamannya, anda bisa buat sebuah lubang dengan 5cm bergaris memanjang dan brurutan agar tanaman kangkung nantinya bisa tumbuh teratur. Satu bedengan dengan lebar 1 meter, bisa anda buat 5-6 baris memanjang tempat penanaman bibit. Sedangkan untuk satu lubang, bisa anda isi 3-5 bibit kangkung. Tutup lubang yang sudah diisi bibit dengan tanah halus yang sudah dicampur dengan pupuk NPK atau pupuk kandang. Namun, untuk penutupan ini jangan terlalu tebal menimbunnya agar bibit lebih cepat tumbuh. Setelah itu, tutup bedengan dengan alang-alng atau jerami diatasnya agar terlindung dari hewan perusak seperti ayam, burung atau yang lainnya.

Penyulaman

Jika, ada beberapa bibit kangkung yang tidak dapat tumbuh sempurna atau mati, anda bisa menyulamnya dengan bibit baru. Penyulaman ini bisa anda lakukan ketika kangkung sudah tumbuh kurang lebih 5-6cm.

Baca Juga  Cara Memupuk Tanaman Hias dalam Pot dengan Benar

Perawatan Tanaman

Agar budidaya kangkung cabut bisa berhasil, langkah yang harus anda lakukan yaitu merawat tanaman kangkung cabut. Anda bisa membersihkannya dari hama dan gulma yang tumbuh disekitar tanaman. Selain itu, melakukan penyiraman secara teratur juga bisa mempengaruhi tanamn agar tumbuh subur. Tak lupa juga melakukan pemberian pupuk susulan agar tanaman kangkung cabut bisa tumbuh lebih subur.

Pemanenan Kangkung Cabut

Dan inilah tahap terakhir dalam budidaya kangkung cabut yaitu pemanenan sayuran. Kangkung cabut yang sudah bisa dipanen ketika sudah berusia 30 hari sejak bibit tanaman ditanam. Sesuai dengan namanya, cara pemanenan kangkung jenis ini yaitu dengan mencabut dengan akar-akarnya. Setelah itu anda bisa langsung mengikat dan menjualnya.

Demikian tadi cara budidaya kangkung cabut untuk pemula yang bisa anda praktekkan sendiri. Semoga informasi yang sudah kami sajikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Gallery for Cara Budidaya Kangkung Cabut untuk Pemula