Cara Budidaya Durian Montong Biar Cepat Berbuah

Budidaya Durian Montong

Budidaya Durian Montong – Anda yang merupakan pecinta buah durian, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis durian satu ini. Durian montong menjadi salah satu jenis buah durian yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Alasannya adalah karena rasa yang diberikan oleh jenis durian satu ini sangat legit dan dagingnya juga cukup tebal. Durian montong bisa kita temukan diberbagai daerah di indonesia, karena pembudidayanya sudah semakin banyak.

Anda yang juga ingin melakukan budidaya durian montong, ada beberapa langkah yang harus perlu Anda lakukan agar tanaman bisa lebih cepat berkembang dan berbuah lebat. Berikut ini kami ulaskan cara budidaya durian montong biar cepat berbuah bisa Anda terapkan.

Budidaya Durian Montong

Cara Budidaya Durian Montong Biar Cepat Berbuah

Menyiapkan bibit durian

Langkah budidaya durian montong pertama yang Anda lakukan adalah menyiapkan bibit durian. Pemilihan bibit yang berkualitas baik akan menghasilkan buah yang baik pula nantinya. Bibit durian bisa Anda dapatkan dengan cara menyemai bijianya atau bisa juga dengan langsung membeli bibit yang sudah jadi. Ini adalah alternatif bagi Anda yang tidak suka menunggu lama. Namun demikian, Anda perlu memperhatikan kualitas dari bibit tanaman.

Baca Juga  Cara Menanam Buah Kurma Agar Berbuah

Menyiapkan media tanam

Langkah berikutnya dalam cara budidaya durian montong adalah dengan mempersiapkan media tanamnya. Lahan yang akan dibuat untuk budidaya durian montong haruslah subur dan terkena sinar matahari langsung. Selain itu, pH asam dan basa tanah juga perlu diperhatikan agar tanaman durian nantinya bisa tumbuh lebih sehat dan cepat berbuah.

Bersihkan lahan dari batu atau rumput liar dan gulma yang sekiranya bisa mengganggu pertumbuhan tanaman durian. Setelah itu, buatlah bedengan dengan kedalaman sekitar 30cm dan dengan luas 2×1 meter. Campurkan tanah galian tadi dengan 5kg pupuk kompos dan 5kg pasir. Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 1 minggu. Semprot juga dengan basamid untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.

Jangan lupa juga memperhatikan jarak antar bedengan yakni sekitar 10-12 meter. Jarak tersebut dirasa sudah cukup pas saat tanaman durian montong sudah besar nantinya.

Menanam bibit durian montong ke lahan

Bibit yang siap ditanamkan pada lahan jika sudah memiliki tinggi sekitar 75 – 150 cm. Silahkan Anda ambil bibit durian dan pisahkan dari polybagnya, tetapi jangan sampai tanahnya hancur. Tanamkan pada lubang yang sudah dibuat tadi dan tutupi dengan campuran tanah, kompos dan pasir hingga leher bibit. Selanjutnya tutupi pangkal bibit durian montong dengan jerami atau rumput kering dan beri pelindung atau naungan agar bibit tidak mati kekeringan. Siramlah bibit dengan air secukupnya.

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Pir Agar Cepat Berbuah

Perawatan durian montong

Hal yang wajib dilakukan dalam budidaya durian montong adalah melakukan perawatan secara rutin. Perawatan sendiri meliputi pengairan, penyiangan, pemangkasan dan juga pemupukan susulan.

Penyiangan dilakukan agar nutrisi yang ada didalam tanah tidak direbut oleh rumput liar dan gulma yang ada disekitar tanaman durian montong. Selanjutnya pengairan harus dilakukan secara rutin untuk menjaga agar tanaman tetap ternutrisi dengan baik. Sementara untuk pemangkasan sendiri dilakukan untuk mengontrol tumbuhnya tanaman durian montong. Pangkaslah tangkai yang sekiranya mengganggu pertumbuhannya. Dan terakhir pemupukan susulan yang dilakukan untuk menjaga kadar nutrisi yang ada didalam tanah. Usahakan Anda lebih memilih pupuk organik sebagai langkah pemupukan tanaman durian montong ini.

Demikian tadi cara budidaya durian montong biar cepat berbuah yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Hamba Muizun