Budidaya Buah Tin

Cara Budidaya Buah Tin yang Mudah untuk Pemula

Budidaya Buah Tin – Buah tin adalah salah satu buah kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Sudah sejak jaman dahulu, buah tin ini sudah dimanfaatkan untuk media dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Buah satu ini berasal dari Arab, lalu menyebar luas dan akhirnya tersebarlah juga di Indoensia khususnya. Untuk saat ini kiat sudah bisa dengan mudanya menemukan buah tin, pasalnya sudah ada beberapa orang yang membuidayakan tanaman ini.

Meskipun demikian masih terbilang jarang orang yang melakukan budidaya buah tin ini. Jarangnya pembudidaya buah tin tentunya dilatarbelakangi oleh beberapa alasan, salah satunya minimnya ilmu dalam cara membudidayakan buah tin ini. Nah, bagi Anda yang tertarik melakukan budidaya buah tin, berikut ini kami punya cara dan langkah-langkah mudahnya yang bisa Anda terapkan.

Budidaya Buah Tin

Cara Budidaya Buah Tin

Dalam melakukan budidaya buah tin, ada beberapa tahapan yang bisa Anda terapkan. Selain itu, juga ada 2 jalan budidaya buah tin yang bisa Anda pilih, yakni dengan cara mencangkok dan juga dengan cara stek batang. Namun, pada pembahasan kali ini kami hanya akan memberitahukan Anda dalam cara budidaya buah tin dengan mencangkok. Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga  Cara Menanam Semangka di Polybag yang Benar

Mencangkok pohon tin

  • Langkah pertama pilihlah batang pohon tin yang masih muda dan berkulit batang hijau. Ini dipilih karena diklaim akan mudah tumbuh serta hasil buahnya nanti cenderung banyak.
  • Jangan lupa siapkan plastik transparant dan cocopeat untuk bahan pencangkokannya.
  • Balutkan batang pohon tin tadi dengan cocopeat yang sudah dibungkus plastik transparan terlebih dahulu. Batang yang dibalut jangan terlalu panjang, hanya sekitar 10-15 cm saja.
  • Jangan lupa berikan pengikat dibagian ujung dan pangkal bungkusan tadi dengan tali.
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari melalui lubang atau yang dipersiapkan sebelumnya.

Peranakan akan mulai tumbuh pada saat usia cangkokan sekitar 30-45 hari. Inilah waktu yang tepat untuk memindahkan cangkokan ke media tanam.

Menyiapkan media tanam pohon tin

Setelah cangkokan siap untuk dipindahkan, Anda siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Anda bisa memilih menanam dalam pot atau bisa langsung pada tanah. Untuk media pot, silahkan siapkan pot-nya lalu isi dengan media tanam dari campuran tanah subur dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Biarkan media tanam selama kurang lebih 2 minggu sebelum ditanami.

Atau jika memang Anda ingin menanamnya langsung di tanah, usahakan lahan terpapar sinar matahari sepanjang hari. Buatlah lubang terlebih dahulu dengan ukuran 50×50 cm dan kedalaman 60 cm. Setelah itu, isi lubang dengan campuran pupuk kandang dan sekam. Kemudian biarkan selama 1-2 minggu sebelum ditanami.

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Nangka yang Baik Agar Berbuah Cepat

Menanam pohon tin

Setelah media tanamnya sudah siap, langkah selanjutnya adalah penanaman pohon tin. Buka secara perlahan pembungkus cangkokan, usahakan media cangkokan jangan sampai hancur. Masukkan pada pot atau lubang yang sudah disiapka tadi lalu tutup dan padatkan. Siram pohon tin yang sudah ditanam tadi.

Perawatan pohon tin

Langkah selanjutnya dalam budidaya buah tin adalah melakukan perwatan. Perwatan sendiri meliputi, pengairan, pemupukan, dan pengendalian hama. Lakukan penyiraman secara rutin di pagi dan sore hari. Selain itu, pemupukan juga perlu dilakukan saat pohon tin sudah berumur 4 bulan. Sementara untuk pengendalian hama sendiri, perlu dilakukannya suntik vaksin agar hama tidak menyerang. Jangan lupa juga melakukan penyiangan agar tanaman lebih sehat.

Masa panen buah tin

Inilah waktu yang paling di tunggu-tunggu dalam hal budidaya buah tin. Buah tin sendiri umumnya bisa di panen setelah pohon tin berusia 4-5 bulan setelah penanaman. Apalagi saat memasuki musim panas, umumnya buah tin lebih cepat untuk dipanen.

Demikian tadi informasi cara budidaya buah tin untuk pemula yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.