6 Jenis Tanaman Hias Bunga untuk Mempercantik Taman

Advertisement

Setiap orang pastinya selalu menjaga dan menginginkan rumah huniannya terlihat indah dan nyaman untuk di huni. Oleh karenanya, berbagai macam hal akan dilakukan untuk membuat rumah huniannya agar terlihat indah sehingga nyaman untuk ditinggali. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah indah dan nyaman. Mulai dari melakukan pengecatan atau pewarnaan ulang pada tembok atau dinding rumah yang mulai terlihat kusam, melakukan renovasi agar ruangan menjadi lebih besar, dan menghias taman atau kebun di rumah dengan berbagai macam tanaman hias agar rumah menjadi terlihat hijau dan asri.

Nah, untuk anda yang mungkin sangat suka untuk menghiasi rumah dengan tanaman hias agar rumah tampak lebih hijau, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang cantik dan cocok untuk anda tanam di kebun atau taman rumah anda. Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam jenis tanaman hias, mulai dari tanaman hias daun, tanaman hias bunga, dan tanaman hias lainnya.

Baca Juga  Langka, Inilah Penampakan Bunga Mawar Hitam di Turki!

Ada tanaman hias bunga yang mudah untuk dirawat dan sebaliknya ada pula jenis tanaman hias bunga yang membutuhkan perawatan khusus. Jenis-jenis bunga berikut ini tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra untuk menanam, memelihara, dan merawatnya. Meskipun tanpa melakukan tindakan perawatan yang khusus, tanaman hias yang menghasilkan bunga yang cantik ini akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Yang dimaksud tanaman hias bunga yakni tanaman-tanaman hias yang menghasilkan bunga. Untuk itu pada kesempatan kali ini tanamanhiasan.com, akan memberikan rekomendasi 6 jenis tanaman hias bunga yang cantik dengan proses perawatan yang mudah.

1. Adenium

Tanaman Hias Adenium
Advertisement

Adenium

Adenium atau yang lebih dikenal dengan sebutan bunga kamboja jepang adalah tanaman hias yang berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Meskipun namanya kamboja jepang, sebenarnya bunga ini tidak berasal dari jepang melainkan berasal dari Asia Barat dan Afrika. Karena Adenium berasal dari daerah yang memiliki intensitas air yang kurang atau berasal dari daerah yang kering, tanaman ini akan tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering. Bentuk tanaman hias yang satu ini cukup unik dengan akar atau bonggol yang khas ditambah dengan corak bunga yang menarik. Selain keunikan tersebut, tanaman ini juga bisa di silangkan dengan adenium sejenis dengan warna bunga yang berbeda sehingga dapat menghasilkan berbagai macam warna bunga yang cantik dan indah.

2. Anggrek

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Anggrek

Anggrek atau yang dalam nama latinnya disebut Orchidaceae merupakan tanaman hias bunga yang memiliki anggota jenis yang terbanyak. Anggrek tersebar luas di daerah tropika basah. Anggrek dikenal sebagai tanaman hias yang sangat populer dikarenakan bunga yang dihasilkan tanaman anggrek sangat indah dan memiliki variasi warna dan bentuk yang tak terbatas. Indonesia sendirii memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek juga digunakan sebagai simbol dari perasaan cinta, kemewahan, dan keindahan.

3. Asoka

Tanaman Hias Bunga Asoka

Asoka

Loading...

Bunga asoka adalah tanaman hias yang aslinya tidak berasal dari Indonesia. Bunga ini pastinya tidak asing bagi sebagian besar orang, seringkali bunga ini dicicipi cairan manis yang ada didalamnya. Tanaman hias asoka yang memiliki nama latin Saraca indica, termasuk salah satu jenis bunga yang mudah untuk dirawat. Warna bunga yang dihasilkan biasanya berwarna merah dan sebagian juga ada yang berwarna kuning dan jingga dengan bentuk seperti bintang.

4. Bougenville

Tanaman Hias Bunga Bougenville

Bougenville

Bougenville adalah tanaman hias yang mempunyai kelopak yang menyerupai kertas, karena kelopaknya menyerupai kertas, bunga ini juga lebih dikenal oleh kebanyak orang dengan sebutan bunga kertas. Tanaman hias Bougenville berasal dari Amerika Selatan. Tanaman hias ini banyak kita jumpaidi Indonesia, dikarenakan bunga ini akan mudah tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis.

Selain manfaatnya sebagai tanaman hias yang mempercantik taman atau kebun rumah anda, Bougenville memliki manfaat yang sangat penting yakni sebagai tanaman yang memiliki tingkat penyerapan karbon dan timbal yang paling efektif, juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yang dapat meredakan perasaan mulas.

5. Alamanda

Tanaman Hias Bunga Alamanda

Bunga Alamanda

Alamanda adalah jenis tanaman hias selanjutnya yang tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus sehingga sangat mudah untuk memeliharanya. Tanaman hias ini tumbuh dengan cepat dan secara bergerombol. Jenis tanaman hias alamanda yang paling banyak tumubuh dan berkembang di Indonesia adalah dari  Allamanda cathartica. Bunga ini dikenal juga sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning atau golden trumpet.

Bunga alamanda aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Meskipun tidak memiliki bau harum, bunga ini mempunyai warna kuning yang sangat indah. Selain itu, ada juga beberapa jenis yang warna berbeda.

6. Amarilis

Tanaman Hias Bunga Amarilis

Amarilis

Tanaman hias yang terkahir adalah Amarilis yang merupakan jenis tanaman yang paling mudah untuk berbunga dan mempunyai varian bunga yang bermacam-macam. Tanaman ini sendiri baiknya ditanam pada daerah yang tidak terkena matahari secara langsung agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kebanyakan pecinta bunga ini menanamnya di sebuah pot. Penanaman dalam pot tersebut bukan tanpa alasan ya, amarilis dipercaya dapat mengusir nyamuk atau serangga lain. Sehingga, ketika ditanam dalam sebuah pot, maka akan mudah untuk dipindahkan ke daerah lain.

Selain dari rrekomendasi 6 tanaman hias bunga diatas, sebenarnya masih ada berbagai macam jenis varian tanaman hias bunga yang cantik yang sangat cocok untuk anda tanam di kebun atau taman untuk mempercantik rumah anda. Mungkin pada kesempatan lain akan dibahas tanamn hias bunga yang lain. Semoga informasi diatas memberi informasi dan manfaat untuk anda mempercantik rumah hunian anda.

error: