5 Tanaman Hias Daun Palem Indoor

Advertisement

Tanaman Hias Daun Palem Indoor – Setidaknya ada 5 tanaman hias daun palem indoor yang banyak dicari untuk dijadikan tanaman hias daun dalam ruangan, yakni palem phoenix, palem kuning, palem kol, palem sadeng, palem chamaedorea.

Tanaman hias daun palem banyak dijadikan sebagai penghias Ruang-ruang di perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel-hotel di kota besar. Penampilannya yang anggun, ramping, cantik, dan sekaligus gagah, memberi warna tersendiri pada ruangan yang dihiasi tanaman ini. Apalagi ia toleran dalam ruang dan perawatannya relatif mudah.

5 Tanaman Hias Daun Palem Indoor

 

1. Jenis palem phoenix

tanaman-hias-daun-palem-phoenix

Advertisement

Jenis palem yang pertama yang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor adalah jenis palem phoenix yang berjenis Phoenix roebelenii dan Phoenix canariensis. Jenis palem ini sangat anggun dengan daun berwarna hijau gelap menjuntai menjadi daya tarik utama. Anak-anak daunnya berukuran kecil dengan susunan rapat dan kompak dengan batang soliter dan ramping. Palem ini aslinya berasal dari China.

2. Palm Rhapis Excelsa

tanaman-hias-palem-rhapis-excelsa

Dikalangan pecinta tanaman hias palem jenis ini merupakan salah satu jenis tanaman hias daun palem yang populer. Tanaman hias Palm Rhapis Excelsa atau waregu memiliki penampilan artistik dengan bentuk daun mirip kipas. Daunnya berwarna hijau gelap, mempunyai 5 – 10 torehan yang dalam. Sama halnya dengan tanaman hias palem phoenix, tanaman palem ini juga berasal dari China, tepatnya China bagian selatan. Tanaman hias satu ini juga memiliki batang beruas-ruas sebagai tempat duduk daun. Pada batang bagian luar tampak bulu-bulu halus mengelilinginya. Tinggi palem waregu sekitar 1 – 3 m.

Karena sifatnya yang relatif lambat tumbuh, palem yang sering disebut lady palm ini banyak dimanfaatkan, hingga tak heran ada yang menyebutnya tanaman “spesial penghias pojok ruangan.”

munkin ada dari anda yang berminat untuk membeli tanaman hias palem, bisa kunjungi link berikut -> Tanaman Palem

3. Chrysalidocarpus lutescens

Baca Juga  Langka, Inilah Penampakan Bunga Mawar Hitam di Turki!

tanaman-hias-daun-palem-chrysalidocarpus-lutescens

Loading...

Chrysalidocarpus lutescens atau palem kuning sangat banyak digunakan untuk menghias ruangan. Kelebihannya terletak pada penampilan daun-daunnya yang bersirip memanjang dengan lengkungan indah, berwarna hijau kekuningan serta bagian pangkal yang kuning keemasan. Banyak orang menyenangi palem kuning karena bentuknya indah dan menjuntai ini. Palem asal Madagaskar – Afrika ini jika ditanam dalam pot hanya mencapai tinggi 2 m. Batangnya tumbuh merumpun dan berwarna kuning.

Palem ini sangat mudah perawatannya dan tidak membutuhkan perhatian sangat ketat, serta memiliki toleransi tinggi bila dipelihara dalam ruangan. Palem kuning umumnya diletakkan di ruang yang luas atau sudut-sudut ruangan.

4. Palem Chamaedorea

tanaman-hias-daun-palem-chamaedorea

Bila ruangan dalam kantor tidak cukup luas atau sempit, sebaiknya digunakan palem chamaedorea. “Chamaedorea palm ini disenangi karena sosoknya kecil, sehingga tidak ‘menghabiskan’ tempat. Bentuknya pun sederhana, memberi kesan agung. Ada beberapa jenis chamaedorea yang kini populer sebagai tanaman indoor, yaitu C. elegans, C. Metallica dan C. Erumpens. Chamaedorea elegans atau palem salon bersosok ramping, dan agak tegak. Daunnya mirip pita lebar yang menjuntai indah serta kompak, sehingga membentuk naungan dengan warna hijau tua. Keindahannya akan semakin lengkap bila muncul tandan buah dari pelepah daun.

Pertumbuhannya relatif lambat, bahkan ia cenderung menjadi kerdil. Tanamannya ini bersifat awet, senang teduh, jadi kuat dalam ruangan. Dengan bentuk yang mungil palem ini cocok ditempatkan pada bagian sisi atau pinggir ruangan. C. Metallica atau palem ekor ikan kerdil mempunyai daun berwarna khas, yaitu hijau metalik, sehingga tampak berkilau. Warna metaliknya akan semakin tajam bila ia diletakkan di tempat sejuk. Palem asal Meksiko ini tergolong pula palem kerdil, karena pertumbuhannya yang lambat. Bagian pangkal penyangga mahkota daun membentuk roset yang melebar. Sedangkan C. Erumpens atau biasa disebut palem bambu memiliki daun dan batang mirip bambu, yaitu merumpun dan anak daun yang memanjang serta runcing pada ujungnya. Palem yang berasal dari Amerika Selatan ini sangat cocok dipajang di sudut ruangan.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Daun Aglaonema

5. Palem sadeng

tanaman-hias-daun-palem-sadeng

Palem sadeng atau yang dalam nama latinnya disebut Livistona rotundifolia , adalah tanaman hias daun palem yang merupakan palem asli Indonesia yang berdaun indah. Helaian daunnya bundar seperti kipas membulat dengan bagian ujung bercelah-celah. Pada tangkai daunnya terdapat duri-duri kecil menutupi permukaan tangkai. Seluruh tajuk membulat, tampak kontras dengan batang yang lurus ramping. Batangnya tumbuh tunggal, berwarna kecokelatan, dan memiliki tinggi sekitar 40 cm. Bunga berupa tandan panjang seperti malai. Buahnya bulat berwarna jingga kemerahan.

Ia termasuk tanaman yang “awet muda” dan tetap mungil, karena sifat pertumbuhannya yang lambat. Palem ini cocok diletakkan di sudut ruangan atau bila ukuran palem kecil dapat juga dipajang di atas meja.

Demikianlah informasi mengenai  5 Tanaman Hias Daun Palem Indoor, semoga bermanfaat.

error: