5 Tanaman Air Hias yang Cantik untuk Kolam

Advertisement

Tanaman air hias juga banyak dikenal dengan hidrofit, merupakan tumbuhan yang telah beradaptasi untuk dapat hidup di lingkungan yang cenderung basah atau di erairan, baik terbenam sebagian atau seluruh tubuhnya. Ada berbagai macam tanaman hias air, mulai dari tanaman air hias aquarium ataupun tanaman air hias kolam. Kolam ataupun aquarium anda akan nampak semakin indah dipandang jika anda memberinya tanaman air hias yang cantik. Selain membuat kolam atau aquarium anda lebih cantik dan enak dipandang, berbagai macam tanaman hias air itupun dapat berfungsi sebaga ipembersih kolam.

Untuk menghadirkan tanaman air hias pada kolam anda pastinya sudah tidak sangat sulit lagi, karena saat ini sudah banyak penjual tanaman khusus tanaman air. Mulai dari yang berbentuk rumput sampai berbunga indah, misalnya teratai dan lotus. Tanaman-tanaman ini dijual dalam ember plastik yang praktis dibawa dari tempat jauh dan ember ini bisa langsung digunakan sebagai wadah tanaman penghias kolam.

Jika anda ingin memberikan tanaman air hias pada kolam anda, berikut 5 Tanaman Air Hias yang Cantik yang kami rekomendasikan.

Tanaman Air Hias yang Cantik untuk Kolam

  • Bunga Teratai

tanaman-air-hias-teratai

Teratai tumbuh mengapung diatas permukaan air dengan aneka warna yang lembut dan elegan. Ada yang biru, merah, kuning, putih dan merah muda. Daun tanaman yang sering disebut water lily ini berbentuk bulat. melebar dan mengapung menopang bunganya yang tumbuh diatasnya. Bunga yang dihasilkan sangat cantik. berasal dari tangkai kecil nyaris tak nampak dari rizoma pada lumpur di dasar kolam. Baca juga artikel tentang bunga teratai si pemberi warna pada kolam yang telah dibahas sebelumnya.

  • Bunga Seroja atau Lotus
Baca Juga  25 Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

tanaman-air-hias-lotus

Tanaman aquatik bergenus Nelumbo ini sering disamakan dengan bunga teratai. Padahal sangat berbeda (sudah pernah kami bahas di artikel yang satu ini). Dari segi pertumbuhannya. teratai berbunga tepat diatas daunnya yang mengapung sedangkan seroja memiliki tangkai tunggal yang kokoh tumbuh tegak menopang daun dan bunganya di atas permukaan air.

Selain itu. tepi daun bunga seroja terlihat bergerigi sedangkan daun teratai hanya bergelombang. Kelopak bunganya juga berbeda. Teratai memiliki jumlah kelopak bunga yang banyak dan bertumpuk-tumbuk, berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing. seperti kuku. Sementara seroja memiliki kelopak yang tidak terlalu banyak dan melebar bulat dengan ujung yang tidak begitu runcing.

  • Apu-apu

tanaman-air-hias-apu-apu

Apu-apu kadang disebut dengan water cabbage karena bentuknya yang menyerupai sayuran kol yang merekah. Juga dijuluki kapu-kapu atau kayu apung. Jika teratai dan seroja memiliki warna-warni yang berasal dari bunganya, apu-apu hanya didominasi dengan warna hijau tua. Namun hal ini tidak mengurangi keindahannya ketika disebar pada permukaan kolam. Karena daunnya yang berbulu halus seperti sutra. merekah beriapis-lapis seperti bunga yang memiliki banyak kelopak. Sangat ideal ketika dikombinasikan dengan kolam yang memiliki ikan hias berwarna-warni.

  • Eceng Gondok

tanaman-air-hias-eceng-gondok

Tanaman yang awalnya disebut-sebut sebagai tanaman pengganggu tanaman lain ini ternyata bisa dijadikan alternatif penghias kolam Anda. Kolam akan terlihat lebih cantik dengan tampilan eceng gondok yang unik. Daunnya berbentuk seperti kepala ular kobra yang melebar dengan ujung tangkai yang menggembung. Bunganya cantik. berwarna violet, tumbuh subur bertumpuk-tumpuk antara bunga yang satu dengan yang lain.

Advertisement
  • Papirus air (Papyrus, genusnya Cyperus)

tanaman-air-hias-papirus-air

Tanaman hijau ini dapat tumbuh di air juga di darat sehingga disebut tanaman semi aquatik. Papirus air tumbuh tegak mencapai ketinggian batang 2 meter. Di ujung atas batangnya terdapat daunnya yang majemuk. panjang-panjang dan tipis seperti daun palem bambu yang membentuk pola bulat. Jika diperhatikan. seperti memayungi batangnya yang ramping. Ada dwarf papyrus (yang berukuran kecil), atau papyrus yang tumbuh besar.

  • Selada Air
Baca Juga  Tanaman Hias Bunga Lotus, Manfaat dan Cara Merawatnya

tanaman-air-hias-selada-air

Selada air atau watercress, begitu sebutannya dalam Bahasa Inggris. adalah salah satu tanaman hijau. termasuk dalam jenis sayur-sayuran yang biasa dibuat bahan pembuat salad sayur. Baik dikonsumsi karena mengandung sifat anti-kanker. Karena hidup di air tanaman sayur ini juga cocokjika dijadikan salah satu pilihan tanaman yang bisa dikombinasikan dengan air tawar kolam Anda. Bentuknya yang kecil mungil akan menambah kesan minimalis kolam Anda.

  • Tetepok

tanaman-air-hias-tetepok

Tetepok adalah salah satu tanaman hias air kolam yang sangat cantik. Tanaman ini Wajib untuk anda jadikan penghias kolam Anda apalagi jika kolam yang anda miliki berukuran agak besar. Daunnya tanaman ini lebar menyerupai bentuk love yang berbentuk hati. Tak heran jika tanaman air hias untuk kolam ini di luar negeri dijuluki floating Heart karena diibaratkan sebagai hati yang mengapung. Bunganya berwarna putih. bertekstur sangat lembut seperti serbuk salju yang berjejer diatas permukaan air. Sehingga dijuluki juga Water Snowflake.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Tanaman Air Hias cantik untuk kolam anda, terimakasih telah berkunjung.

Referensi Tulisan: http://bibitbunga.com/blog/jenis-tanaman-air-penghias-kolam/

Gallery for 5 Tanaman Air Hias yang Cantik untuk Kolam