25 Jenis Tanaman Aquascape Bagus Untuk Akuarium

Advertisement

Tanaman aquascape adalah ragam jenis tumbuhan yang banyak diletakkan di dalam akuarium sebagai hiasan. Tanaman aquascape yang berada di akuarium bukan hanya menjadi pemercantik akuarium, tetapi juga menjadi tempat bersembunyi ikan. Dengan adanya tanaman aquascape di dalam akuarium, sehingga keberadaannya bisa memperkaya keindahan akuarium.

Tanaman aquascape ada banyak macamnya. Kebanyakan tanaman tersebut bisa tumbuh dengan dukungan karbondioksida, pencahayaan, suhu, dan pH tertentu untuk mendukung proses fotosintesis. bila kamu mau menanam aquascape, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis tanaman aquascape yang simpel tumbuh dan sepadan untuk pemula dengan melihat daftar yang sudah tanamanhiasan.com kumpulkan berikut ini.

Dwarf Baby Tears (Hemianthus Callitrichoides)

jenis-tanaman-aquascape-dwarf-baby-tears

Hemianthus Callitrichoides mulai dikenalkan pada tahun 2000-an. Perkembangan nama tanaman aquascape yang berasal dari Kuba ini semakin meluas kurang dari sepuluh tahun. Kini, sudah banyak orang yang memanfaatkan Dwarf Baby Tears sebagai penghias bagian depan akuarium.

Dwarf Baby Tears memiliki daun yang kecil dan padat. Tumbuhan aquascape ini memiliki tingkat pertumbuhan sedang dengan ketinggian yang rendah. Hemianthus Callitrichoides perlu mendapatkan cahaya yang tinggi, namun tetap mampu beradaptasi pada kondisi cahaya menengah. Dengan cahaya yang banyak, karbondioksida terlarut, dan substrat kaya nutrisi bisa memberikan hasil pertumbuhan terbaik.

Hygrophila Polysperma

hygrophila-polysperma

Hygrophila Polysperma sudah banyak ditanam oleh para aquascaper selama bertahun-tahun untuk memberi hiasan dalam dalam akuarium. Tanaman ini sepertinya bukan telalu peduli terhadap intensitas cahaya, yang terpenting cahaya tetap ada meski intensitasnya rendah. Perawatannya simpel sehingga tanaman aquascape ini sepadan untuk pemula.

Untuk keperluan CO2, nampaknya Hygrophila Polysperma juga bukan terlalu menganggapnya kebutuhan yang penting. Jadi bukan heran bila banyak orang yang lebih menyukai untuk meletakkan Hygrophila Polysperma karena tanaman ini selain sangat dianjurkan untuk pemula, tetapi juga bukan menutut perlakuan khusus. Satu lagi, Hygrophila Polysperma juga tergolong tanaman yang bisa hidup sebagian di atas permukaan air, dan sebagian terendam di dalam air (emersed).

Windelov

windelov

Windelov adalah jenis tanaman aquascape yang mendapatkan nama ilmiah Microsorum pteropus. Penamaan Windelov berasal dari founder Tropica Aquascape ialah Holge Windelov. Windelov memiliki ujung yang bercabang dan bentuk yang unik sehingga banyak yang menjadikannya sebagai salah satu tanaman aquascape paling cantik di dunia.

Tanaman hias air Windelov bisa tumbuh tinggi mencapai 20 cm dengan lebar yang serupa. Windelov adalah salah satu tanaman aquascape untuk pemula ataupun para aquascaper yang sudah ahli karena simpel dalam segi perawatannya. Tanaman penghias akuarium yang satu ini juga memiliki ketahanan diri yang kuat, terlebih bila diikat pada akar, kayu ranting, atau ditempel pada batu.

Java Moss

java-moss

Java Moss adalah tanaman yang terkelompok famili Hypnaceae, berasal dari kawasan Asia Tenggara dengan nama ilmiah Taxiphyllum barbieri. Jenis tanaman aquascape java moss tergolong simpel dalam hal perawatannya sebab bukan memerlukan banyak karbondioksida dan intensitas cahaya yang tinggi. Java Moss bisa tumbuh emersed. Tingkat pertumbuhannya lambat.

Monte Carlo

monte-carlo

Berikutnya ada Monte Carlo yang tergolong jenis tanaman aquascape yang bisa dipakai sebagai tanaman karpet di substrat akuarium dengan laju pertumbuhan yang relatif cepat. Monte Carlo tergolong tanaman aquascape yang unik. bila terkena cahaya yang kuat, sehingga kecepatan tumbuhnya semakin tinggi dan menghasilkan karpet pada batas tertentu.

Bucephalandra Black Phantom

bucephalandra-black-phantom

Diperkirakan tanaman aquascape Bucephalandra Black Phantom berasal dari Kalimantan, Indonesia. Tanaman dari genus Bucephalandra yang satu ini juga biasa diketahui dengan nama Bucephalandra Brownie Phantom. Area penanamannya lebih tepat di depan akuarium. Untuk pertumbuhannya, Bucephalandra Black Phantom bukan memerlukan cahaya dan karbondioksida tinggi sehingga sangat sepadan bagi kamu yang masih pemula.

Anubias Coffeefolia

anubias-coffeefolia

Anubias Coffeefolia ditemukan pertama kali di daerah Afrika Barat. Tanaman air ini biasa ditempatkan pada daerah tengah akuarium yang mendapatkan cahaya bukan terlalu banyak, begitupun dengan CO2-nya. Anubias Coffeefolia memiliki warna daun merah atau kecoklatan. Pertumbuhan tanaman hias akuarium Anubias Coffeefolia begitu kompak dan serempak.

Baca Juga  6 Manfaat Tanaman Hias Bunga Cempaka serta Jenisnya

Cryptocoryne Pontederiifolia

cryptocoryne-pontederiifolia

Dikabarkan kalau Cryptocoryne Pontederiifolia berasal dari kawasan Sumatera Barat dan Singapura. bukan ada nama umum dari tanaman yang berasal dari famili Araceae, genus Cryptocoryne ini. Pemeliharaannya simpel karena bisa beradaptasi pada bermacam keadaan tempat hidupnya. Cryptocoryne Pontederiifolia acuh bukan acuh terhadap kondisi pH air, pertumbuhannya tetap optimal pada air yang sedikit asam ataupun basa.

Cabomba Caroliniana

cabomba-caroliniana

Berasal dari Amerika Selatan, Cabomba Caroliniana tergolong tumbuhan aquascape yang bisa menempati area midground dan background akuarium. Tingkat pertumbuhan tanaman bergenus Cabomba ini sedikit cepat pada suhu 15 – 26 derajat Celcius. Cabomba Caroliniana tergolong tanaman aquascape yang simpel perawatannya, kebutuhan cahayanya sedang – tinggi, serta bukan perlu diinjeksi CO2 karena kebutuhannya sedikit.

Crinum Calamistratum

crinum-calamistratum

Nama umum dari jenis tanaman aquascape yang satu ini adalah African Onion Plant atau Cameroon Crium, ditemukan pertama kali di Afrika Barat, kini sudah tersebar hingga ke Indonesia. Crinum Calamistratum adalah tanaman hias air yang indah, daunnya berwarna hijau tua.

Tanaman ini memerlukan tingkat pencahayaan tinggi, haus hendak CO2, serta nutrisi yang sedikit. Crinum Calamistratum bukanlah tanaman emersed. Meski demikian, pertumbuhannya yang sudah melewati permukaan air hendak menghasilkan bunga cantik.

Echinodorus Tenellus

echinodorus-tenellus

Tanaman aquascape Echinodorus Tenellus dipakai untuk menghasilkan permadani hijau di dalam akuarium kamu. Tanaman dari kelompok Amazon Word ini hendak tumbuh merambat dan menyebar hingga menyerupai rumput. Daun tanaman berukuran besar. Pertumbuhannya sedang, tapi bisa dipercepat dengan menginjeksi karbondioksida dan intensitas cahaya yang tinggi. Echinodorus Tenellus bisa hidup secara mandiri tanpa dinaungi oleh tanaman lain di dalam akuarium.

Elatine Triandra

elatine-triandra

Advertisement

Tanaman hias akuarium yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada ini adalah carpet plant yang pada alam bebas biasanya ditemukan di area-area perairan yang berlumpur. Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya bukan menanam Elatine Triandra karena tanaman ini tergolong tanaman yang sulit perawatannya, memerlukan pencahayaan tinggi, dan nutrisi berlimpah.

Hydrocotyle Leucocephala

hydrocotyle-leucocephala

Hydrocotyle Leucocephala menjadi tanaman aquascape yang kali pertama ditemukan di kawasan Amerika Selatan. Selain menjadi tanaman aquascape, ia juga banyak tumbuh di kolam dan paludarium. Tanaman yang bisa hidup pada habitat basah dan sedikit berawa ini memiliki daya tahan yang kuat, pertumbuhannya sangat cepat menghasilkan daun hijau berbentuk bulat yang indah. Keberadaannya hendak mengisi ruang kosong pada akuarium sekaligus meningkatkan nilai estetika dalam akuarium kamu.

Marsilea Hirsuta

marsilea-hirsuta

Marsilea Hirsuta adalah tanaman karpet dari Australia. Tanaman yang tumbuh mengarpet ini memiliki bentuk yang indah dengan kemampuan menyebar yang mengelilingi akuarium. Untuk mendapatkan daun yang sempurna, tanaman ini patut diberi pencahayaan tinggi, Daun Marsilea Hirsuta bisa hidup secara emersed dan submersed.

Lilaeopsis Brasiliensis

lilaeopsis-brasilensis

serupa seperti Marsilea Hirsuta, Lilaeopsis Brasiliensis juga tanaman karpet yang bisa meramaikan bidang akuarium kamu. Rumput yang dihasilkan oleh tanaman aquascape ini serupa dengan Hairgrass, Tennelus, dan sebagainya di mana terlihat daun yang memanjang dari akar tanpa memiliki batang. Tanaman karpet aquascape Lilaeopsis Brasiliensis tumbuh menyebar ke samping. Untuk mendapatkan tanaman yang panjang, pencahayaannya bukan perlu banyak.

Didiplis Diandra

didiplis-diandra

Didiplis Diandra biasa dijadikan tanaman aquascape untuk midground. kendatipun tanaman ini menghasilkan bentuk daun yang unik dan menarik perhatian, namun perawatannya tergolong sulit sehingga kurang sepadan bagi pemula. Dirinya tergolong tanaman yang hidup secara emersed. Pada saat tumbuh di atas permukaan air, Didiplis Diandra hendak memproduksi bunga.

Baca Juga  6 Manfaat Tanaman Hias Anthurium untuk Kesehatan

Echinodorus x Subulatus Lucanas

echinodorus-x-subulatus-lucanas

Warna hijau yang dimiliki oleh Echinodorus x Subulatus Lucanas sangat diakui kecantikannya. Sebagian besar aquascaper memilih tanaman ini karena perawatannya yang simpel. Tanaman ini memiliki karakteristik yang bisa hidup pada segala macam kondisi air, bahkan dengan intensitas cahaya yang minim tanpa injeksi CO2. Bentuk daunnya yang lonjong memanjang membuat Echinodorus x Subulatus Lucanas sangatlah sepadan dijadikan sebagai foreground plant (pada akuarium besar) atau midground plant (pada akuarium kecil).

Aponogeton Ulvaceus

aponogeton-ulvaceus

Aponogeton Ulvaceus berasal dari Madagaskar, adalah tanaman air yang masuk ke dalam spesies Aponogeton. Para aquascaper di seluruh dunia menganggap varietas yang satu ini adalah yang paling indah bila dilihat dari bentuk daunnya yang khas. Aponogeton Ulvaceus bisa tumbuh mencapai ketinggian 60 cm sehingga sangat sepadan dijadikan tanaman penghias belakang akuarium. Aponogeton Ulvaceus juga simpel perawatannya, jadi kamu bisa menumbuhkannya tanpa memerlukan keahlian khusus.

Blepharostoma Trichophyllum

blepharostoma-trichophyllum

Blepharostoma Trichophyllum adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan simpel pada sebuah media seperti batu atau kayu karena tergolong sebagai moss atau lumut. Tanaman ini sedikit kuat dan bisa tumbuh pada area dengan pencahayaan yang sedikit sehingga bukan merepotkan dalam hal perawatannya. Blepharostome Trichophyllum bisa tumbuh pada suhu di bawah 27 derajat Celcius.

Egeria Densa

egeria-densa

Egeria Densa adalah salah satu tanaman aquascape yang sedikit ternama yang banyak ditanam di dalam akuarium ataupun kolam. Tanaman air yang satu ini berasal dari Argentina, Brasil, dan Uruguay. Egeria Densa bisa hidup secara bergerombol sehingga menghasilkan sebuah hamparan hijau yang luas. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk para pemula di bidang aquascape karena selain simpel dalam segi perawatan, Egeria Densa juga bisa diperoleh dengan harga yang bukan terlalu mahal.

Echinodorus Vesuvius

echinodorus-vesuvius

Echinodorus Vesuvius bisa ditempatkan sebagai tanaman background ataupun midground (lebih sepadan) dikarenakan bentuk daunnya yang spiral dan sempit. Dengan hasil daun seperti itu, Echinodorus Vesuvius juga lebih disarankan untuk para pemula yang mau memulai perawatan aquascape di dalam akuarium karena bukan menuntut kondisi terbaik akuarium kamu.

Ceratophyllum Demersum

ceratophyllum-demersum

Tanaman aquascape yang satu ini bisa ditemukan di mana saja kecuali Antartika. Ceratophyllum Demersum atau yang memiliki panggilan lain CoonTail (karena bentuknya yang mirip seperti ekor Racoon) ini bukan memiliki akar seperti tanaman aquascape pada umumnya. serupa dengan Echinodorus Vesuvius, tanaman ini juga bukan terlalu peduli dengan lingkungan hidupnya sehingga sangat sepadan bagi pemula.

Ceratopteris Cornuta

ceratopteris-cornuta

Ceratopteris Cornuta ditemukan dan diperkenalkan pertama kali di Afrika, Asia, Amerika, dan Australia. Tanaman air yang satu ini tumbuh secara terapung atau floating. kendatipun begitu, ia tetap bisa ditancap ke dalam substrate seperti tanaman stem dengan catatan pertumbuhannya menjadi lebih lambat sehingga memerlukan intensitas cahaya lebih.

Cryptocoryne Beckettii Petchii

cryptocoryne-beckettii-petchii

Bagi yang baru dalam dunia aquascape, mungkin disarankan untuk memelihara Cryptocoryne Beckettii Petchii. Tanaman hias yang sudah lama dipakai dalam akuarium ini mampu beradaptasi pada kondisi air yang tingkat kesadahan yang rendah ataupun tinggi. Kebutuhan cahayanya bukan terlalu dipentingkan oleh tanaman ini meski pertumbuhannya lebih bagus pada pencahayaan yang intensif.

Bacopa sp Colorata

bacopa-sp-colorata

Jenis tanaman aquascape yang terakhir adalah Bacopa sp Colorata yang belum diketahui darimana asalnya. Nama umum dari tanaman ini adalah Bacopa Pink, adalah tanaman yang bisa diletakkan di area tengah akuarium dengan kebutuhan cahaya dan karbondioksida yang sedang. Bacopa sp Colorata memiliki daun berwarna merah sehingga bisa memperkaya warna pada akuarium kamu yang biasanya didominasi dengan tanaman aquascape dengan daun warna hijau.

 

Baca Juga Artikel ini:
Loading...
Tags:
    jenis tanaman aquascape tanpa co2, tanaman aquascape, tumbuhan yg di pakai buat aquarium scape, jenis dan nama tanaman aquascape, jenis jenis tumbuhan aquascape, jenis tanaman hias akar, jenis tanaman yg merambat buat aquascape, jenis tumbuhan aquascape, 
Posting pada Tanaman Hias, Tanaman Hias Air